Berita Wisata

Cegah Abrasi, KKNT USU Tanam Mangrove di Paluh Sibaji

Deli Serdang, Lintangnews.com | Sabtu (22/10/2022).

Penanaman Mangrove yang merupakan pengabdian kepada masyarakat Dosen Mandiri Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPPM) USU tahun 2022 ini dihadiri puluhan mahasiswa, Karang Taruna Desa Paluh Sibaji, direktur Pantai Deli Serambi dan narasumber.

Sebanyak 450 batang mangrove ditanam tepat di tepi sungai atau Paluh yang terkena abrasi laut.

Dosen Pembimbing Sri Malem Indirawati mengatakan penanaman mangrove merupakan program mahasiswa USU bertajuk “Meningkatkan Desa Wisata Pesisir”.

Sri mengatakan pihaknya telah melakukan penanaman 450 pohon bakau, dengan tujuan menjaga kelestarian alam pantai Labu, khususnya Desa Paluh Sibaji, dari abrasi laut.

“Kita tahu pesisir Pantai Labu memiliki abrasi yang sangat tinggi. Ini merupakan upaya kita untuk turut serta menjaga wilayah pesisir demi kehidupan anak cucu kita di masa depan,” kata Sri.

Selain meningkatkan potensi wisata pantai, kata Sri pada Konferensi Kerja Nyata (KKN) di Paluh Sibaji, para mahasiswa juga memiliki program untuk memberikan edukasi pariwisata.

Antara lain, edukasi dalam menyambut wisatawan, keramahan, etika dan pengajaran bahasa Inggris kepada pengelola pantai dan warga.

Selain itu, juga ada pemahaman pengelola pantai untuk melakukan sanitasi yang baik.

“Saya berharap kegiatan KKNT ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pesisir dan mahasiswa kita,” tutup Sri. (Idris)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button