Tempat Wisata

15 Tempat Wisata Di Wajo Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Wajo – Jika belum punya rencana mau menghabiskan waktu liburan, bisa langsung datang ke Wajo. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai tempat menarik dan unik yang bisa mengusir kebosanan Anda. Tak hanya itu, wisata sejarah hingga wisata kekinian pun bisa dengan mudah ditemui. Tak heran jika banyak orang melirik Kabupaten Wajo untuk sejumlah tempat wisata.

Dijuluki Bumi Lammaddukkeleng, kota ini juga dikenal sebagai Kota Sutra. Bukan tanpa alasan, karena di sini Anda akan menemukan banyak produsen sutra dengan kualitas yang sangat bagus, terutama sutra Bugis.

Dengan luas lebih dari 2.056 km2, kabupaten ini ternyata menjadi rangkaian wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini adalah tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa Anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Wajo

Berikut rekomendasi Wisataseru.com tempat wisata di Wajo yang layak untuk dikunjungi:

1. Danau Tempe

Danau TempeDanau Tempe

Lokasi : Desa Salotengnga, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Tempat wisata pertama di Kabupaten Wajo adalah Danau Tempe. Wisata alam ini ternyata menjadi salah satu wisata andalan Wajo. Disini anda akan disuguhi keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bagi Anda yang ingin melihat keindahan tempat ini, Anda bisa menyewa perahu.

Tidak hanya pemandangan indah yang disuguhkan, namun bagi Anda yang datang dari luar kota, tidak perlu khawatir karena tempat ini juga memiliki penginapan yang bisa Anda sewa. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Desa Salotengnga di Kecamatan Sabbangparu.

2. Bukit Kalola Wajo

Bukit Kalola Wajo via Instagram.com @jabalnarziscoBukit Kalola Wajo via Instagram.com @jabalnarzisco

Lokasi : Desa Sogi, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Ada lagi panorama menarik yang bisa Anda temukan di Wajo yaitu Bukit Kalola Wajo. Walaupun tempat ini tidak sepopuler tempat wisata lainnya, namun tempat ini juga wajib kamu kunjungi. Bukan tanpa alasan, karena pemandangan yang dihadirkan di tempat ini sangat indah. Cocok untuk menunjang aktivitas fotografi Anda.

Jika Anda tertarik berkunjung ke sini, datang saja ke Desa Sogi, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo. Persiapkan liburan seru Anda sekarang juga.

Kunjungi juga: 25 Tempat Wisata di Bulukumba

3. Air Terjun Sumpang Puli

Air Terjun Sumpang Puli via TribunnewsAir Terjun Sumpang Puli via Tribunnews

Lokasi: Bekkae, Awo, Kec. Keera, Kab. Wajo

Jika ingin melihat pesona yang dimiliki Sulawesi Selatan berupa air terjun, maka datanglah ke Air Terjun Sumpang Puli. Ini adalah air terjun yang terletak di Pegunungan Keera yang memiliki pesona alam yang luar biasa.

Tempat ini sendiri sangat cocok bagi Anda yang mencari kedamaian dan ketenangan jauh dari pusat kota. Pemandangan indah di sekitarnya memastikan semua orang merasa betah di sini. Jika kamu tertarik untuk datang kesini, kamu bisa langsung menuju ke desa Awo, tepat di kecamatan Keera

4. Situs Tosora Wajo

Website Tosora Wajo via Mharissyah.blogspotcomWebsite Tosora Wajo via Mharissyah.blogspot.com

Lokasi : Desa Tosora, Kecamatan Majaleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Tempat wisata di kabupaten Wajo ini merupakan wisata yang sarat akan sejarah yaitu situs Tosora Wajo. Ini adalah warisan sejarah serta benda-benda arkeologi. Berbagai hal bisa Anda temukan di tempat ini, mulai dari area pemakaman hingga masjid.

Situs ini konon dibangun sejak tahun 1621 M dan masih berdiri sampai sekarang. Nah, jika Anda datang ke sini, Anda juga harus menghormati aturan di tempat ini. Situs Tosora Wajo terletak di Desa Tosora, tepatnya di Kecamatan Majaleng, Kabupaten Wajo.

5. Rumah Adat Atakkae

Rumah Adat AtakkaeRumah Adat Atakkae

Lokasi : Desa Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Ada tempat wisata lain di Kabupaten Wajo yang akan memberikan pengalaman wisata terbaik untuk Anda, yaitu Rumah Adat Attakkae. Di tempat ini, Anda akan menemukan salah satu rumah adat terbesar yaitu Rumah Adat Saoraja Tenri Bali dengan 101 tiang penyangga. Setiap tiang itu sendiri memiliki berat hingga 2 ton.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat arena balap jalanan yang sangat populer di kalangan anak muda. Anda juga bisa melakukan aktivitas foto dengan latar belakang rumah adat Wajo. Tempat wisata ini sendiri terletak di desa Atakkae, tepatnya di kecamatan Tempe-Wajo.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Pinrang

6. Saoraja Mallangga

Saoraja MallanggaSaoraja Mallangga

Lokasi: Jl. Poros Anabanua – Sengkang No. 55, Lapongkoda, Kec. Tempe, Kab.Wajo

Saoraja Mallangga pada awalnya merupakan rumah kerajaan yang memiliki fungsi lain, yaitu sebagai museum yang menampung sejumlah benda bersejarah. Beberapa koleksi di museum ini berupa relik dan replika.

Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, Anda bisa langsung menuju Jalan Ahmad Yani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo.

7. Desa Sutra Pakanna

Desa Sutra Pakkanna melalui JumardanmDesa Sutra Pakkanna melalui Jumardanm

Lokasi : Pakkana, Kec. Tanah Sitolo, Kab.Wajo

Tak heran jika daerah ini terkenal sebagai tempat produksi sutra. Karena di sini Anda dapat menemukan tempat terbaik untuk membuat sutra. Salah satunya terletak di Desa Sutera Pakanna.

Tempat ini sendiri merupakan tempat paling populer untuk menanam murbei dan ulat sutera. Di sini Anda juga dapat mempelajari cara memintal kepompong menjadi benang. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Sempangnge, Desa Pakkanna.

8. Masjid Darussalam Belava

Masjid Darussalam Belawa via Instagram.com @ahdulaziz23Masjid Darussalam Belawa via Instagram.com @ahdulaziz23

Lokasi: Jl. Masjid Meng Belawa, Lepangeng, Wajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Ternyata di Sulawesi Selatan juga ada masjid yang sangat populer dan cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Ya, inilah masjid yang dibanggakan warga Belawa dan bisa Anda tambahkan dalam program liburan Anda.

Masjid yang dibangun sejak tahun 1947 ini memiliki desain arsitektur yang sangat indah dimana akan ada menara berbentuk unik. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Wajo ini, datanglah ke Jalan Masjid Meng Belawa.

9. Kolam Renang Syariah NBS

Kolam Renang Syariah NBS via TribunnewsKolam Renang Syariah NBS via Tribunnews

Lokasi: Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Kolam Renang Syariah NBS merupakan tempat wisata di Telaga Biru dan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh santri Pesantren Nurmilad dan juga terbuka untuk umum. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin berenang namun tetap ingin membuka aurat.

Tempat wisata ini sendiri berada di area persawahan, sehingga pemandangan yang ditampilkan juga sangat indah. Situs ini terletak di Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo.

10. Kolam Renang Kalola

Kolam Renang Kalola via Wikipedia - hal yang dapat dilakukan di WajoKolam renang Kalola via Wikipedia

Lokasi : Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Selain Kolam Renang Syariah NBS, ada tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi yaitu Kolam Renang Kalola. Bagi anda yang berkunjung ke Wajo bersama anak-anak. Maka tempat ini sangat ramah anak.

Tak hanya itu, pesona yang dimiliki tempat wisata ini begitu indah dan asri sehingga semua orang akan betah berada di sini. Jika tertarik, Anda bisa datang ke Desa Kalola di Kecamatan Maniangpajo-Wajo.

Kunjungi juga: 28 Tempat Wisata di Maroso

11. Allangkanangnge

Allangkanangnge via Passompeugi.blogspotcom - Tempat Wisata di WajoAllangkanangnge via Passompeugi.blogspot.com

Lokasi: Sarepao, Kec. Pammana, Kab. Wajo

Objek wisata ini memiliki nilai yang cukup tinggi dan dikatakan sebagai Istana We Cudai. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai pusat Istana Kerajaan Cina hingga namanya diubah menjadi Pammana.

Tempat ini juga cocok untuk kegiatan foto Anda. Jika berminat bisa datang ke Desa Sarepao, We Cudai, Kecamatan Pammana.

12. Makam Puang Masora

Makam Puang Massora via Wisata Wajo - Tempat Wisata di WajoMakam Puang Massora via Wisata Wajo

Lokasi : Sogi, Kec. Maniangpajo, Kab. Wajo

Rekomendasi wisata religi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Makam Puang Massora yang terletak di Sogi, Kecamatan Maniangpajo.

Tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga mereka yang berasal dari luar Wajo sering mengunjungi Makam Puang Massora untuk berziarah atau belajar tentang sejarah Wajo di masa lalu.

13. Situs Geddonge

Situs Geddonge via Facebook Monginsidi.DJ - Tempat Wisata di WajoWebsite Geddonge melalui Facebook Monginsidi.DJ

Lokasi: Simpursia, Kec. Pammana, Kab. Wajo

Tempat wisata sejarah di Wajo yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya adalah situs Geddonnge yang sudah ada sejak tahun 1818 pada masa pemerintahan Arung Matoa La Salewangeng.

Di situs Geddonge Anda bisa menemukan berbagai benda bersejarah mulai dari senjata perang hingga peninggalan Datu Pammana.

Di situs Geddonge, Anda bisa melihat benda-benda bersejarah yaitu batu Allantikeng yaitu batu inisiasi, di situs ini juga Anda bisa melihat pohon ara Ire atau Aju yang tumbuh akar, sehingga terlihat cukup menakutkan.

Tidak hanya benda-benda bersejarah, Anda juga bisa melihat beberapa makam kerajaan tempo dulu di Situs Geddonge, mulai dari Petta Datu Balla Tinggi hingga Petta Karaeng Andi Mappepole.

14. Masjid Agung Umm Qura

Masjid Agung Ummul Qura via Asadiyahcentral - tempat wisata di WajoMasjid Agung Ummul Qura di atas Asadiyahcentral

Lokasi: Jl. Masjid Agung, Sengkang, Kec. Tempe, Kab.Wajo

Selain itu, Wisataseru.com juga merekomendasikan Masjid Agung Ummul Qura sebagai destinasi wisata religi.

Lokasi masjid ini bersebelahan dengan Lapangan Sengkang Merdeka. Masjid kebanggaan masyarakat Wajo ini memiliki arsitektur yang sangat menawan, sayang untuk dilewatkan.

Masjid Agung Ummul Qura sendiri telah dibangun sejak tahun 1964 dan Presiden Soekarno menjadi peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid ini.

15. Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng

Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng via Fajar - Tempat Wisata di WajoMakam Pahlawan Nasional La Maddukulleng di atas Fajar

lokasi: Siengkang, Kec.Tempe, Cab.Wajo

Tempat wisata religi yang direkomendasikan di Wajo sekaligus penutup kunjungan kami adalah Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng yang terletak di sebelah selatan Lapangan Merdeka, Ibu Kota Sengkang.

Makam Pahlawan Nasional La Maddukulleng tidak hanya wisata religi tetapi juga wisata sejarah yang sangat terkenal di Wajo. Pada artikel ini Anda dapat melihat makam para pahlawan dari masa pemerintahan Wajo.

Menyimpulkan

Demikian ulasan tempat wisata di Kabupaten Wajo yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan anda. Jika anda belum merencanakan kemana anda ingin menghabiskan waktu liburan anda, datanglah ke Kabupaten Wajo ini.

Kunjungi juga: 26 Tempat Wisata di Tana Toraja

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button