Berita Wisata

Lihat keindahan Jembatan Barelang, tempat wisata di kota Batam yang menawarkan pemandangan laut biru

Jembatan Barelang adalah nama deretan enam jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya.

Dengan total panjang sekitar 1,2 kilometer, pembangunan Jembatan Barelang yang diprakarsai oleh BJ Habibie ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Batam.

Banyak penduduk lokal dan turis asing datang ke Jembatan Barelang untuk menikmati pemandangan laut dan keindahan arsitekturnya.

Untuk masuk ke area jembatan tidak perlu menggunakan tiket masuk atau gratis. Anda hanya bisa berhenti sebentar tanpa membayar apapun.

Dari pusat kota Batam atau Batam pusat, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Dari Bandara Hang Nadim, jaraknya sekitar 30 menit.

Moda transportasi yang bisa digunakan adalah kendaraan bermotor, mobil bahkan sepeda karena akses menuju tempat ini sangat mudah dan cukup aman.

Jembatan yang dibangun selama enam tahun sejak tahun 1992 ini memiliki ukuran yang sangat besar dan bentuk yang megah.

Tiang-tiang jembatan yang menjulang tinggi dan berjajar membuat tampilannya sangat indah. Sekilas, jembatan ini sangat mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco.

Keenam jembatan yang berjejer itu masing-masing menyandang nama yang diambil dari nama Kesultanan Riau di masa lalu.

Nama masing-masing jembatan tersebut adalah Tengku Fisabilillah, Nara Singa, Raja Ali Haji, Sultan Zainal Abidin, Tuanku Tambusi dan Raja Kecik.

Setiap jembatan memiliki lebar dan panjang yang berbeda, dengan jembatan terpanjang adalah Tengku Fisabililla, 642 meter dan jembatan terpendek adalah Raja Kecik, 180 meter.

Pulau-pulau yang terhubung adalah Pulau Batam, Pulau Watch, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Masing-masing pulau ini memiliki banyak lokasi wisata seperti lepas pantai yang bisa dikunjungi melalui jalur jembatan ini.

Setiap jembatan memiliki trotoar yang lebar dan tinggi sehingga pengunjung aman dari kendaraan yang lewat.

Pengunjung cukup berfoto atau menikmati pemandangan biru dan hijaunya laut pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ada banyak pedagang yang menjual makanan ringan. Anda bisa menikmati jajanan kerupuk udang, rujak buah lokal, berbagai macam sate makanan lautpermen, dan lainnya.

Di sekitar jembatan juga banyak terdapat restoran tepi pantai yang menawarkan menu seafood dan hidangan lainnya.

Setelah mengetahui tempat wisata ini jangan lupa berkunjung ya.***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button