Tempat Wisata

Eco Green Park, Taman Wisata Pembelajaran Ekosistem di Batu Malang

Eco Green Park menghadirkan eksotisme ruang alam hijau yang rindang di Batu Malang. Wahana wisata populer sambil belajar tentang ekosistem yang menarik untuk dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan.

harga tiket: Rp50.000, Waktu aktif: 08.30 – 16.30 WIB, Alamat: JL.Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Eco Green Park sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sesuai konsepnya, wisata alam berupa taman hijau menawarkan keanekaragaman flora dan fauna. Tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan Anda dan keluarga, karena Anda tidak hanya bisa bersantai dan menikmati alam, tetapi juga belajar tentang isi alam ini.

Di taman hijau ini Anda dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan, contohnya adalah burung beo. Objek wisata ini merupakan taman ekosistem terbesar dan salah satu wisata terbaik di Indonesia. Udara sejuk kota Malang dan pemandangan pegunungan yang indah di sekitar wisata ini menambah keunikan alamnya.

Meski baru dibuka pada tahun 2012, tempat wisata ini selalu dipadati wisatawan. Wisata alam ini dibangun untuk melengkapi berbagai wahana yang ada di kawasan Jatim Park 2 seperti Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang sudah ada sebelumnya. Ada banyak wahana dalam wisata alam ini yang memiliki nilai edukasi tinggi dan menambah wawasan Anda tentang alam.

Atraksi Eco Green Park

Atraksi Eco Green ParkKredit Foto: Google Maps Catrice Sheyang

Wisata alam ini mengajak Anda untuk lebih dekat dengan alam. Semakin Anda mencintai alam, semakin Anda akan merasa betah di tempat ini. Untuk mengatakan ‘HijauNama objek wisata ini menyiratkan gambaran nyata seperti apa suasana di dalamnya. Anda akan disambut hangat oleh suasana alam dengan keanekaragaman flora dan fauna yang menghiasinya.

1. Beragam flora dan fauna yang menarik

Meskipun namanyaTaman hijauNamun pemandangan yang disajikan tidak hanya terdiri dari pepohonan hijau yang rimbun, namun Anda juga akan menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Anda disarankan untuk datang ke sini dengan mengajak seluruh anggota keluarga agar pengetahuan Anda dan keluarga bertambah.

2. Bisa langsung berinteraksi dengan hewan

Di tempat wisata ini Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan berharga karena Anda akan berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan berbagai hewan yang hidup di sini.

Misalnya, Anda dapat mencoba bermain dengan burung beo dan meletakkannya di bahu atau lengan Anda. Jangan lupa mengabadikannya dengan memotret aktivitas Anda dengan kamera.

3. Tempat wisata alam yang unik

Bentang alam tempat wisata Eco Green Park memang unik. Bagaimana tidak, konsep tempat wisata populer ini adalah perpaduan antara kebun binatang dan taman hijau. Ibarat kata, Anda akan mendapatkan dua tempat wisata di sini sekaligus. Maka tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara maupun mancanegara yang mengunjungi tempat ini saat berlibur di Malang.

Alamat dan rute menuju lokasi Eco Green Park

Alamat Eco Green ParkSumber Gambar: Google Maps Nurul Hidayati

Objek wisata taman hijau ini berada di lokasi yang sangat strategis. Terletak di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini memang sudah sangat populer, sehingga anda tidak perlu kesulitan mencari tempat ini saat berlibur di Kota Malang.

Tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisata favorit Anda karena merupakan tempat rekreasi dan juga tempat pendidikan. Bagi Anda wisatawan dari luar kota maupun wisatawan asing, Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum. Anda bisa naik kereta api ke stasiun kereta Malang sebelumnya.

Kemudian lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum ADL menuju Terminal Landungsari. Setelah itu, transfer ke Terminal Batu dengan angkutan umum. Setibanya di Terminal Batu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi yang diinginkan. Tempat wisata ini masih satu kawasan dengan Jatim Park 2.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps atau menggoyangkan dengan kata kunci “Eco Green Park”. Anda dapat mengikuti petunjuk yang ditampilkan dan memilih rute terdekat.

Harga tiket masuk Eco Green Park Batu Malang

Biaya masuk ke Eco Green ParkKredit foto: Google Maps Jeffri Tjondro

Sebaiknya cari informasi yang detail dan lengkap terlebih dahulu sebelum berlibur ke objek wisata ini. Wisata alam ini dibuka untuk umum setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Biaya masuk objek wisata ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000. Objek wisata ini masih satu kelompok dengan Jatim Park dan bertemakan flora dan fauna yang berbeda. Tiket masuk EGP terbagi menjadi 2 yaitu tiket masuk reguler dan paket channel.

Mulai 18 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021, tiket reguler untuk atraksi ini adalah Rp 50.000 per orang hari dalam seminggu dan akhir pekan. Sedangkan tiket masuk 1st pass (Tiket Masuk Reguler EGP + Selfie Kenangan Manis + Batu Secret Zoo) adalah Rp 120.000 per orang.

Kemudian harga tiket untuk 2nd pass (Tiket Masuk Reguler + Selfie Kenangan Manis + Batu Secret Zoo + Museum Satwa) adalah Rp 150.000 per orang. Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu, terutama saat musim liburan dan Lebaran. Jadi jika anda ingin mendapatkan informasi terbaru tentang objek wisata ini anda bisa menghubungi 0341-1512525.

Aktivitas menarik di Eco Green Park

Kegiatan Eco Green ParkSumber Gambar: Google Maps Moh. Khatibul Umam

1. Berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung cantik

Di tempat wisata ini terdapat lebih dari 1000 jenis spesies burung cantik yang siap memberikan sambutan ramah kepada Anda. Di sini Anda bisa bermain bebas dengan burung-burung.

Disarankan untuk membawa kamera untuk mengambil foto aktivitas seru Anda bersama burung-burung cantik ini. Contoh foto wisata bagus bisa kamu temukan di akun Instagram EGP @ecogreenpark.

2. Naik kereta antar-jemput melalui taman

Bagi Anda yang tidak ingin berjalan-jalan di sekitar taman ini, pengelola sudah menyiapkan fasilitas berupa shuttle train. Kereta shuttle adalah kereta mini yang mengelilingi taman. Anda tidak akan merasa lelah menggunakan fasilitas ini karena hanya dengan bersandar Anda dapat menikmati suasana yang menyenangkan di area taman.

3. Berjalanlah bersamaku melewati taman E sepeda

Ada juga fasilitas E sepeda bagi anda yang ingin berkeliling taman dengan sepeda. E sepeda Disewakan kepada wisatawan untuk jangka waktu 3 jam dengan biaya sewa Rp 150.000 per orang.

Anda yang memiliki fisik yang kuat dan bugar bisa mencoba fasilitas yang satu ini untuk berkeliling taman. Fasilitas ini lebih ramah lingkungan dan bebas digunakanmengeksplorasi.

4. Bermain di petualangan hutan

Anda yang ingin merasakan seperti berada di dalam hutan bisa mencoba wahana yang satu ini. Hutan di Jungle Adventure hanyalah hutan buatan, tetapi sangat mirip dengan hutan asli. Kegiatan di sini sangat seru karena Anda bepergian dengan kereta api dan Anda juga dilengkapi dengan senjata. Senjata yang digunakan hanya senjata mainan, bukan senjata sungguhan.

Berbekal senjata tersebut, kamu harus menembak para pemburu yang kamu temui di tengah jalan. Hasil pemotretan Anda nantinya akan muncul di papan skor di akhir perjalanan petualangan Anda di perjalanan petualangan hutan. Pengalaman berburu ini akan membawa Anda dengan perasaan menyatu permainan dengan latar belakang hutan.

5. Belajar di taman biogas

Di taman ini Anda diajak melihat bagaimana sampah dan limbah yang tidak terpakai diubah menjadi energi dalam bentuk biogas. Biogas merupakan bahan bakar yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Taman ini dilengkapi dengan alat peraga yang bisa Anda gunakan. Selain menyenangkan, mengunjungi Eco Green Park Batu juga akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru.

6. Menambahkan wawasan ke drive simulasi pembangkit listrik

Kendaraan simulasi pembangkit listrik ini akan mengajarkan Anda bagaimana proses pembangkitan listrik dari alam menjadi arus listrik yang biasa Anda gunakan setiap hari.

Di kendaraan ini Anda akan menemukan 2 sistem pembangkit listrik seperti PLTU dan PLTA. Proses pengolahan sumber daya alam menjadi listrik berenergi tinggi juga bisa ditemukan di sini.

7. Bermain dengan burung hantu di rumah burung hantu

Di wahana rumah burung hantu ini, Anda akan menjumpai burung hantu seputih salju yang sangat mirip dengan Hedwig, burung hantu dari Harry Potter. Burung hantu tidak hanya terlihat di film, tempat wisata ini juga memilikinya. Spesies lain dari burung hantu adalah burung hantu elang Eropa, yang berwarna coklat dan sangat mirip dengan elang.

8. Saksikan Parrot Show di Parrot Show

Wahana yang tidak kalah menarik dari wahana burung lainnya adalah wahana World of Parrot dan Parrot Show. Berbagai jenis burung nuri yang cantik dan imut bisa Anda temukan di wahana ini. Anda juga dapat melihat burung beo, yang pandai meniru suara. Ada pertunjukan burung beo atau yang biasa disebut dengan Parrot Show yang biasanya diadakan mulai pukul 11.00 hingga 14.00 WIB.

Fasilitas yang tersedia di Eco Green Park Batu Malang

Fasilitas Eco Green ParkKredit foto: Google Maps Tutut Kiftiyatun M

Tempat wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi kelengkapan fasilitasnya. Fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, restoran, ATM, kursi roda Tempat khusus ibu menyusui, tempat ibadah, toilet bahkan WiFi tersedia di sini untuk pengunjung difabel. Selain itu, fasilitas unik berupa: kereta antar jemput dan E sepeda juga tersedia bagi anda yang ingin berkeliling tempat wisata ini.

Fasilitas lain berupa wahana seru dan menyenangkan juga hadir di tempat wisata ini. Wahana tersebut antara lain: Eco Science Center, Jungle Adventure, Owl House, World of Parrot and Parrot Show, Hanoman 3D Cinema, Upside Down House, Plaza Music, Water Outbound and Water Track, Metal Recycle, Animal Farm, Eco Journey dan sebagainya.

Disarankan untuk mengajak seluruh anggota keluarga terutama anak-anak untuk menikmati liburan di tempat wisata ini karena wahana yang mereka miliki sangat lengkap dan mendidik. Sepulang dari tempat wisata ini, anda akan membawa ilmu dan wawasan baru. Oleh karena itu, Anda bisa langsung membuat budget dan menambahkan tempat wisata ini ke dalam daftar tempat liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button