Berita Wisata

Air terjun Agal, surga tersembunyi di gurun Sumbawa

Sumbawa

Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Seperti Air Terjun Agal, salah satu air terjun tertinggi di Pulau Sumbawa.

Buat kamu yang suka berpetualang dan menguji adrenalin, air terjun ini wajib masuk dalam bucket list liburanmu! Lokasinya yang berada di tengah hutan menawarkan pengalaman seru yang tak terlupakan.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Air Terjun Agal di Sumbawa? Berikut lokasi, jalur menuju Air Terjun Agal, dan berbagai aturan yang harus dipatuhi traveler. Informasi ini dikumpulkan detikBali situs Dinas Pariwisata NTB dan Direktori Pariwisata.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Agal berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Sumbawa Besar atau 23 kilometer dari pelabuhan Poto Tano. Air terjun yang memiliki sepuluh tingkat dengan tinggi total sekitar 100 meter ini terletak di Dusun Beru, Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa.

Air Terjun Agal terletak di Kawasan Hutan Lindung Gunung Agal, sebuah hutan rimba yang masih alami yang menjadi sumber air bagi penduduk desa setempat. Di balik kehijauan Mont Agal menyembunyikan surga kecil dengan pesona luar biasa.

Jalan menuju Air Terjun Agal

Karena letaknya yang berada di tengah alam, akses ke air terjun Agal hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki. Wisatawan harus berjalan kaki sekitar dua jam mendaki punggungan gunung dan melewati hutan, untuk bisa menikmati keindahan air terjun Agal.

wisatawan akan diajak melewati dan menyeberangi sungai untuk menuju air terjun Agal. Pastikan untuk selalu berhati-hati selama perjalanan, karena jalannya berkerikil dan agak licin.

Namun jangan khawatir, perjalanan panjang tersebut akan terbayar lunas ketika sudah sampai di air terjun. Keindahan dan pemandangan air terjun Agal akan memanjakan mata pengunjung.

Keindahan air terjun 10 tingkat

Lelah berjalan selama dua jam, Anda bisa menyegarkan tubuh dengan mandi di air terjun. Ada kolam renang alami di kaki Air Terjun Agal.

Air dari sungai di atas memecahkan bebatuan dan mengalir. Air terjun sepuluh tingkat ini tingginya 3 hingga 10 meter di setiap tingkat.

Tujuh tingkat pertama adalah air terjun kecil seperti anak tangga. Sedangkan tiga tingkat lainnya lebih tinggi, sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Jika ingin menantang adrenalin, cobalah mendaki lebih tinggi. Namun wisatawan Anda harus menapaki jalur hutan selama kurang lebih 15 menit. Tempat ini menawarkan keindahan air terjun dari ketinggian di atas.

Peraturan

Seperti tempat wisata lainnya, Air Terjun Agal juga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh semua pengunjung. Pertama, wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan.

Kemudian ada larangan tindakan vandalisme. Jika Anda melanggar kedua larangan tersebut, bersiaplah untuk mendapatkan sanksi dari pihak agen sesuai peraturan yang berlaku.

Simak video “Mengenal Dompu, Kabupaten di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat”
[Gambas:Video 20detik]
(irb/nor)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button