Tempat Wisata

Air Terjun Alue Putek: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Faktanya, keindahan alam Kabupaten Pidie masih banyak yang belum terjamah. Di balik deretan pegunungan, terlindung tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan di tengah hutan belantara yang lebat, terdapat potensi wisata alam yang masih terjaga. Salah satunya adalah air terjun Alue Putek yang keindahannya sangat menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Alue Putek merupakan air terjun yang berada dibalik Hutan Belantara Beungga. Keindahan air terjun ini tak kalah dengan Air Terjun Pria Laot yang sudah lebih dulu dikenal wisatawan. Suara gemericik air yang jatuh di bebatuan, serta terjaganya keindahan alam sekitar menjadi sebuah fenomena tersendiri.

Air Terjun Alue Putek

Secara geografis Air Terjun Alue Putek terletak di Desa Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Jarak yang harus ditempuh wisatawan untuk mencapai lokasi air terjun ini sekitar 40 kilometer dari Kota Sigli. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menikmati keindahan air terjun.

Perlu upaya tambahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini. Karena medannya cukup berat dan menguras tenaga, wisatawan harus mendaki bukit dan berjuang melewati hutan belantara. Kondisi jalan kurang bagus karena masih berupa tanah bercampur bebatuan.

Wisatawan juga harus menyeberangi sungai di sepanjang perjalanan. Saat musim hujan, wisatawan harus berjalan kaki menuju Air Terjun Alue Putek karena jalanannya licin sehingga berbahaya jika menggunakan sepeda motor. Namun saat cuaca cerah, perjalanan lebih mudah karena pengunjung bisa melihat air terjun menggunakan kendaraan roda dua.

Pesona Air Terjun Alue Putek

Selama perjalanan saja, wisatawan disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan hijau, persawahan luas, serta perbukitan dan pegunungan. Sesampainya di air terjun, pengunjung akan disambut dengan suara gemuruh air yang membanjiri sungai dan air yang jatuh ke bebatuan di bawahnya.

Air terjun Alue Putek memiliki tinggi sekitar 7 meter dan memiliki air yang sangat jernih dan segar. Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun dengan bermain air atau menikmati sensasi terapi alami dengan berdiri di bawah air terjun. Saat Anda langsung berada di bawah air terjun, tubuh Anda akan terasa rileks, seolah rasa lelah yang Anda rasakan setelah menempuh perjalanan jauh akan langsung hilang.

Air Terjun Alue Putek

Pesona lingkungan alam juga menjadi daya tarik air terjun Alue Putek. Wisatawan disuguhi pemandangan pepohonan hijau yang sangat memanjakan mata. Anda bisa menghirup udara segar dengan leluasa dan bebas polutan. Ini benar-benar tempat yang tepat untuk sejenak melupakan aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Tak jarang wisatawan menjumpai berbagai satwa liar seperti monyet di air terjun. Kicauan burung-burung liar yang saling bereaksi seolah menjadi teman setia para wisatawan. Hal ini juga menandakan bahwa lingkungan sekitar Air Terjun Alue Putek masih sangat terjaga.

Jika berkunjung ke Air Terjun Alue Putek saat musim durian, wisatawan bisa membeli buah kerajaan langsung dari petaninya. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 15.000 hingga Rp 20.0000 per buah, wisatawan sudah bisa merasakan betapa nikmatnya buah durian khas pidie ini.

Air terjun Alue Putek memang menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan alternatif di akhir pekan. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta alam maupun wisatawan petualang. Tak hanya keindahan air terjun dan alamnya yang masih terjaga, keramahan penduduk setempat juga menjadi nilai jual yang mampu menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Fasilitas air terjun Alue Putek

Fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan di Air Terjun Alue Putek masih sangat minim. Belum ada fasilitas seperti parkir kendaraan, musala atau masjid dan toilet umum di sekitar tempat wisata. Wisatawan yang membawa kendaraan biasanya memarkirnya di pekarangan rumah warga sekitar.

Pengunjung sebaiknya membawa perbekalan terlebih dahulu sebelum menuju ke air terjun karena tidak ada penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun. Apalagi infrastruktur umum seperti jalan menuju air terjun masih minim. Belum adanya rambu-rambu jalan dan kondisi jalan yang masih kotor menjadi kendala bagi wisatawan.

Baca juga: Lingkok Kuwieng, Lembah Istana Grand Canyon Aceh

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa mendirikan tenda di sekitar air terjun karena belum ada penginapan di dekat Desa Keutapang. Air Terjun Alue Putek merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa menjadi alternatif tempat liburan di akhir pekan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Nikmati keindahan alam

Keindahan air terjun Alue Putek

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Air Terjun Alue Putek merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Saat Anda mengunjungi air terjun ini, Anda bisa mengagumi keindahan air terjun dengan airnya yang jernih dan segar. Anda bisa bermain air atau berenang langsung di bawah air terjun. Bebatuan besar yang menghiasi air terjun pun menambah keindahan tempat wisata ini.

Tak hanya air terjun saja yang bisa Anda nikmati, namun juga pemandangan alam sekitar yang masih alami dan terjaga kelestariannya. Anda bisa menghirup udara segar bebas polusi dengan leluasa dan memanjakan mata dengan deretan pepohonan hijau, persawahan luas, dan pegunungan. Jika Anda penggemar durian, Anda juga bisa mendapatkannya di sekitar air terjun.

berkemah

Wisatawan diperbolehkan bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar air terjun. Bermalam di air terjun indah di tengah alam liar tentu menjadi sesuatu yang menarik dan menciptakan pengalaman yang sangat unik. Saat malam tiba dan hawa dingin mulai terasa, wisatawan bisa membuat api unggun dengan menggunakan ranting-ranting di sekitar air terjun.

Alam sepertinya telah menawarkan segalanya kepada manusia. Bila lapar, pengunjung bisa mencari ikan di sungai lalu memanggangnya untuk santapan lezat. Sambil bernyanyi dan bermain gitar diiringi langit penuh bintang, wisatawan bisa menghabiskan malam ngobrol dan ngobrol bersama teman dan kerabat sambil menikmati secangkir kopi hangat di tangan.

Perburuan Foto

Memotret keindahan Air Terjun Alue Putek juga menjadi suatu keharusan bagi wisatawan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang hobi memotret pemandangan alam. Di air terjun ini Anda bisa memotret berbagai objek indah seperti suara air terjun, aliran sungai yang airnya jernih dan juga pepohonan rindang yang ada di kawasan tersebut.

Anda juga bisa berpose di depan kamera untuk mengabadikan momen saat berada di air terjun. Namun berhati-hatilah karena batu yang licin bisa membuat Anda terpeleset. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan background selfie. Jangan lupa untuk mengunggahnya ke akun media sosial favorit Anda.

Jam buka dan tarif masuk air terjun Alue Putek

Untuk memasuki objek wisata Air Terjun Alue Putek tidak dipungut biaya masuk atau gratis. Untuk menikmati keindahan alam ini, Anda bisa berkunjung pada pagi hingga sore hari.

Baca juga:

Tips Menuju Air Terjun Alue Putek

  • •Persiapkan kondisi fisik sebelum menuju air terjun karena perjalanan akan sangat melelahkan dan menguras tenaga.
  • •Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik untuk melewati medan yang berat.
  • •Pantau cuaca terlebih dahulu karena jika hujan harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun.
  • • Membawa makanan dan minuman sebelum pergi ke air terjun.
  • •Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke air terjun.
  • • Menjaga tempat wisata dan tidak merusak apapun yang ada di dalamnya.
  • •Berdoa sebelum menuju air terjun agar liburan anda berjalan sesuai rencana.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button