Tempat Wisata

Air Terjun Banyunibo, sebuah air terjun cantik yang diapit perbukitan dan persawahan di Gunung Kidul

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Putat, Kec. Patuk, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Air Terjun Banyunibo merupakan keindahan alam Yogyakarta yang masih sangat menarik untuk dijelajahi. Oleh karena itu, tidak heran jika destinasi ini menjadi tujuan para wisatawan. Air terjun cantik ini baru berkembang dan terkenal setelah dibukanya Desa Wisata Bobung di Gunung Kidul.

Akses menuju lokasi kini jauh lebih baik dengan fasilitas yang lebih lengkap. Aliran air di air terjun ini sering mengalami pasang surut sehingga membuat destinasi ini sepi.

Keadaan Air Terjun Banyunibo yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Wisatawan. Berkunjung ke tempat wisata alam saat ini sangat digemari, apalagi setelah pandemi yang cukup lama.

Jika Anda berada di Jogjakarta maka cobalah untuk melihat wisata air terjun yang satu ini. Pesonanya dapat membantu wisatawan bersantai atau rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Daya tarik Air Terjun Banyunibo

Objek Wisata Air Terjun BanyuniboSumber Gambar: Google Maps Waone Rakarwan

Dari sekian banyak destinasi alam, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Penasaran apa saja atraksi lokalnya? Berikut beberapa daya tarik Air Terjun Banyunibo.

1. Dikelilingi oleh hutan

Yang menarik pertama adalah destinasinya yang berada di tengah hutan yang masih sangat asri. Dikelilingi oleh hutan, air terjun ini membuat udara terasa segar dan tidak tercemar.

2. Diapit perbukitan dan persawahan

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Banyunibo, namun juga dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan persawahan. Dalam perjalanan menuju tempat wisata, pesona sawah terasering penduduk setempat yang mempesona tersaji di depan mata. Belum lagi pemandangan hijau perbukitan yang mengelilingi tempat itu menambah pesona air terjun.

3. Hapus Sumber

Mata air yang mengalir di air terjun ini juga jernih dan arus yang dihasilkan tidak terlalu deras dengan pola berliku-liku. Pola ini tercipta karena air harus melewati beberapa permukaan bebatuan. Kemiringan lereng sekitar 70 derajat dengan ketinggian hingga 10 meter.

Aliran air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena membuat Air Terjun Banyunibo terlihat lebih indah. Selain itu, saat musim hujan tiba, debit airnya semakin banyak sehingga membuat air terjun ini semakin mempesona. Karena ketika musim kemarau tiba, limpasan air di air terjun yang mempesona ini akan berkurang secara signifikan.

4. Spot foto yang menarik

Pekerjaan Foto adalah hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan, terutama kaum milenial, ke tempat tersebut. Pengunjung dapat mengambil foto terbaik dengan latar belakang air terjun dan bebatuan serta lanskap hijau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun BanyuniboSumber Gambar: Google Maps Ratno Tegar

Wisata yang menawarkan mata air segar dengan pemandangan indah ini berlokasi di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 18 km atau sekitar 40 menit. Sedangkan dari arah Bantul, Anda hanya membutuhkan waktu 13 menit untuk menempuh jarak 5,6 km menuju wisata ini.

Pada rute selanjutnya, pengunjung harus memarkir kendaraan bermotornya di tempat parkir tujuan. Perlu diketahui bahwa tidak ada angkutan umum yang melewati Air Terjun Banyunibo. Dengan demikian, pengguna bus dapat berhenti di terminal kota Bantul kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Karena lokasinya berada di tengah hutan, setiap pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus melewati jalan setapak dengan medan yang landai sekitar 100 meter. Jangan lupa memakai sepatu anti selip karena medan jalan gunung umumnya naik turun dan licin.

Biaya masuk wisata alam

Destinasi wisata alam yang populer ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam dan petualangan. Biaya masuk ke air terjun cantik ini gratis, atau wisatawan bisa masuk ke Air Terjun Banyunibo secara gratis.

Biaya yang harus dikeluarkan hanya biaya parkir kendaraan bermotor. Untuk itu sangat disarankan untuk berlibur ke destinasi yang satu ini bersama teman dan keluarga.

Selain minim anggaran, pemandangan yang anda dapat dari air terjun banyunibo sangat indah. Anda bisa memasuki kawasan wisata ini mulai pukul 08.00 pagi. Pastikan tubuh dalam kondisi terbaik agar segala aktivitas yang direncanakan selama liburan berjalan dengan lancar.

Aktivitas seru di Air Terjun Banyunibo

Aktivitas seru di Air Terjun BanyuniboSumber Gambar: Google Maps Ratno Tegar

Air terjun yang indah ini menawarkan pesona alam sehingga selalu ramai pengunjung, bahkan di luar hari libur. Tempat ini bisa menawarkan pengalaman menyenangkan dengan berbagai aktivitas menarik.

1. Berenang di kolam alami

Tentunya sebagai destinasi wisata air, berenang menjadi kegiatan menarik yang bisa Anda praktikkan di Air Terjun Banyunibo. Mata air destinasi ini sangat jernih, lengkap dengan kolam alami untuk berenang.

Selain arusnya yang tidak kuat, kedalaman kolam relatif dangkal sehingga aman untuk aktivitas berenang. Anda bisa mandi di bawah air terjun, namun tetap harus berhati-hati karena kondisi relief yang licin. Wisatawan juga umumnya duduk santai di bebatuan besar sambil menikmati suasana tempat yang tenang dan sejuk.

2. Bersantai di gazebo

Air terjun yang mempesona ini menawarkan sejumlah paviliun sebagai fasilitas pengunjung. Liburan tak akan terlupakan tanpa menikmati indahnya panorama alam di depan mata. Nikmati pemandangan alam Air Terjun Banyunibo di gazebo ditemani minuman dan makanan ringan.

Bersantai ditemani semilir angin pegunungan dan pemandangan air terjun serta pepohonan hijau. Aktivitas sederhana, namun akan membuat liburan Anda berkesan.

3. Foto selfie

Kegiatan menarik terakhir adalah melakukan selfie atau selfie di air terjun Banyunibo. Kegiatan yang satu ini tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama saat liburan.

Setelah menjelajahi pemandangan alam yang mempesona, abadikan momen terbaik Anda dengan berfoto. Halaman media sosial pun semakin menarik dengan foto-foto pemandangan hutan yang indah dan Air Terjun Banyunibo.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun BanyuniboKredit Foto: Google Maps Ahmad Najahu Taufik

Meski dibuka untuk wisata, Air Terjun Banyunibo belum dikelola secara profesional. Selain bisa masuk ke lokasi tanpa membeli tiket, fasilitas yang ada masih kurang memadai. Akses jalan menuju destinasi memang belum bagus, tapi sudah dilakukan perbaikan.

Namun, hal ini tidak akan mengurangi keseruan Anda saat menjelajahi air terjun. Fasilitas di tempat meliputi musala, parkir yang luas dan toilet umum.

Pengunjung yang lelah menjelajahi kawasan air terjun juga bisa beristirahat di paviliun yang telah disediakan. Sedangkan untuk kebutuhan makan dan minum juga akan disediakan warung warga setempat. Anda bisa bersantai menikmati keindahan air terjun sambil memesan minuman dingin atau panas.

Air Terjun Banyunibo di Gunung Kidul menawarkan pengalaman liburan yang unik dan menarik untuk dicoba. Kapan lagi bisa menikmati keindahan air terjun di tengah hutan yang masih terjaga keasliannya. Mulailah merencanakan destinasi liburan Anda bersama keluarga sekarang juga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button