Tak Berkategori

Air Terjun Batang Kapas Kampar – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Batang Kapas di Kampar memukau dengan keindahan alamnya yang eksotik ditambah dengan tebing bebatuan yang membuat destinasi ini begitu diminati pengunjung.

Harga tiket Air Terjun Batang Kapas: Rp 200.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Map: Periksa lokasinya

Di Provinsi Riau, ada surga tersembunyi bernama Air Terjun Batang Kapas yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan bagi wisatawan.

Pasalnya, di sekitar tempat wisata alam tersebut masih terdapat hutan perawan yang menjadi rumah bagi berbagai macam flora dan fauna.

Keindahan alam ini juga didukung dengan indahnya air terjun yang tingginya sekitar 150 meter. Air terjun menakjubkan ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi sehingga Anda bisa merasakan airnya meski jaraknya cukup jauh dari tempat jatuhnya air terjun yang mempesona ini yaitu di kabupaten Kampar. Objek wisata cantik ini juga memiliki cukup banyak bebatuan besar.

Bebatuan ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk mengambil foto yang unik dan menarik. Namun untuk mencapai air terjun Batang Kapas yang indah ini harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan karena letaknya yang berada di tengah hutan dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Batang Kapas

Objek Wisata: Air Terjun Batang KapasKredit foto: Google Maps Zuki Rama

Air terjun yang mempesona

Jika kita berbicara mengenai daya tarik Air Terjun Batang Kapas, maka yang paling utama adalah air terjun itu sendiri. Pasalnya, air terjun menarik ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, sehingga setiap orang akan terkesima dengan keindahan air yang jatuh dari tempat yang tinggi tersebut.

Air terjun riau ini sangat tinggi sehingga tetesan airnya tetap terasa meski berada cukup jauh dari tempat jatuhnya air tersebut.

Namun karena air terjun mempesona ini sangat tinggi, wisatawan dilarang bermain air di tempat jatuhnya, karena akan sangat berbahaya jika terkena arus air yang sangat deras dari ketinggian.

Tebing batu

Kita lanjutkan ke objek wisata selanjutnya yaitu tebing batu yang mengelilingi air terjun indah ini. Tebing berbatu ini memisahkan hutan menjadi dua bagian, ada yang berada di atas dan ada juga hutan yang berada di bawah. Tebing bebatuannya juga terlihat aduhai dengan warnanya yang putih kekuningan.

Di kaki tebing berbatu ini juga terdapat sejumlah batu berukuran kecil hingga besar. Bebatuan ini juga bisa menjadi spot foto yang sangat bagus untuk Anda.

Hutan

Daya tarik Air Terjun Batang Kapas yang terakhir adalah hutan yang mengelilinginya. Hutannya masih sangat alami sehingga banyak pepohonan yang hidup di dalamnya sehingga banyak membuat udara di sekitar tempat wisata alam ini sangat sejuk dan segar.

Udaranya yang sejuk memberikan perasaan tenang bagi wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat bertualang yang cocok untuk melepas penat mental, kunjungan ke lokasi air terjun di Provinsi Riau ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Tak hanya cocok bagi wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan, objek wisata Air Terjun Batang Kapas juga menjadi rumah bagi sejumlah satwa liar.

Jadi jika Anda ingin mengambil foto binatang liar, Anda bisa pergi ke hutan di sekitar air terjun yang menakjubkan ini untuk mengambil foto binatang yang ada di sana.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Objek wisata di Air Terjun Batang KapasKredit foto: Google Maps Zuki Rama

Lokasi tempat wisata alam yang sering disebut surga tersembunyi ini terletak di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Desa Lubuk Bigau, Kabupaten Kampar, Kenagarian Pangkalan Kapas, Provinsi Riau. Untuk mencapai tempat wisata alam ini, Anda bisa menggunakan Kantor Bupati Kampar sebagai patokan.

Maka dari Kantor Bupati Kampar ambil jalur ke Jl. LKR, lalu belok kiri dan lanjutkan jalan hingga menemukan Jl. Tuanku Tambusai lalu belok kanan. Lanjutkan perjalanan melalui jalur utama hingga melewati Desa Bandjarridan dan Desa Padang dan menemukan pertigaan di Jl. Lipat kainnya.

Silakan belok kanan di pertigaan dan terus lurus hingga mencapai Jl. Lipat kain – Pangkalan Kota Baru dan ambil jalan menuju Stadion Batu Sasak. Tidak jauh dari tempat ini Anda akan mencapai desa Lubuk Bigau dan Anda perlu memarkir kendaraan pribadi Anda di desa tersebut.

Panjang rute diperkirakan sekitar 112 km, dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 3 jam 48 menit.

Setelah memarkir kendaraan pribadi, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 3 jam melewati hutan belantara hingga menemukan lokasi Air Terjun Batang Kapas.

Karena perjalanan akan memakan banyak waktu dan menguras tenaga, maka sangat disarankan untuk menjaga stamina pada tingkat tertentu sebelum melakukan perjalanan. Bawalah juga perlengkapan yang diperlukan, namun jangan berlebihan karena bisa menjadi beban bagi anda nantinya saat melintasi hutan.

Jika perlu, Anda bisa menyewa pemandu yang disediakan oleh penduduk setempat. Pasalnya, hutan yang akan Anda masuki masih benar-benar perawan dan menjadi rumah bagi banyak satwa liar. Oleh karena itu, sebaiknya di kelompok Anda ada orang yang benar-benar mengetahui tentang hutan.

Biaya masuk Air Terjun Batang Kapas

Untuk menikmati panorama alam di Air Terjun Batang Kapas, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 200.000 per orang.

Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan keuntungan berlipat mulai dari tiket masuk, biaya parkir kendaraan, biaya makan, dan pemandu wisata.

Kegiatan seru dan menarik

Aktivitas seru di Air Terjun Batang KapasSumber gambar: Google Maps Zuki Rama

1. Jelajahi hutan

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata alam ini adalah menjelajahi hutan.

Kegiatan ini dilakukan dari desa Lubuk Bigau menuju lokasi air terjun indah ini, dimana anda akan menjumpai banyak flora dan fauna selama kurang lebih tiga jam perjalanan.

Karena kegiatan ini dilakukan oleh setiap wisatawan, maka sangat disarankan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan. Berat maksimum barang bawaan Anda hanya 30% dari berat badan Anda. Jadi jika berat badan Anda 60kg, maka berat bagasi Anda maksimal hanya 20kg.

2. Ambil foto

Selanjutnya saatnya mengambil foto karena tempat wisata alam yang menakjubkan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari air terjun, tebing, bebatuan hingga hutan yang dipenuhi tanaman hijau. Semua keindahan ini bisa Anda jadikan sebagai objek foto ataupun sebagai background foto Anda.

3. Melepaskan beban pikiran

Lanjut ke aktivitas menarik berikutnya yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Batang Kapas yaitu menjernihkan pikiran atau merilekskan pikiran.

Kegiatan ini sangat direkomendasikan karena udara di kawasan ini sangat sejuk dan segar, ditambah dengan suara air terjun yang jatuh dari ketinggian dan suara angin yang bertiup di sela-sela dedaunan.

Semua suara ini menyatu dalam pikiran Anda dan membuat Anda merasa lebih tenang. Jadi jika anda berlibur ke air terjun riau yang indah ini, cobalah untuk memejamkan mata sejenak, lalu lupakan segala urusan duniawi dan dengarkan suara alam disekitar anda, karena dijamin bisa menjadi obat yang mujarab untuk hati dan pikiran anda. .

4. Berkemah di Air Terjun Batang Kapas

Aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah berkemah atau bermalam di alam liar. Kegiatan ini sangat populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi air terjun mempesona dari Desa Lubuk Bigau.

Selain membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai pemukiman penduduk, alam yang masih alami juga menjadi salah satu alasan utama mengapa berkemah di sini sangat cocok. Namun, sebelum bermalam di dekat air terjun menakjubkan ini, pastikan untuk meminta izin kepada penduduk setempat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Batang KapasKredit foto: Google Maps Zuki Rama

Soal fasilitas di Air Terjun Batang Kapas sendiri tidak bisa kita bahas sendiri, karena fasilitas dasar dan umum di sana masih sedikit, karena tempat wisata indah ini lebih mengandalkan alam untuk menarik wisatawan. Di bawah ini adalah beberapa fasilitas umum dan sederhana tersebut.

1. Tempat parkir kendaraan

Pertama, terdapat tempat parkir kendaraan yang dapat digunakan wisatawan untuk memarkir kendaraan pribadinya. Fasilitas ini tidak terlalu besar namun mampu menampung berbagai jenis kendaraan wisata, mulai dari roda dua hingga roda empat.

2. Jalan setapak

Berikutnya adalah jalan setapak yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi hutan mulai dari area parkir kendaraan hingga lokasi air terjun yang menakjubkan ini.

Jalan ini masih sangat mudah. Jadi berhati-hatilah saat bepergian dan sangat disarankan untuk memakai sepatu hiking agar tidak terpeleset.

Itulah sedikit ulasan mengenai surga tersembunyi di Provinsi Riau yang bernama Air Terjun Batang Kapas. Tempat wisata alam yang indah ini masih sangat alami sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button