Tempat Wisata

Air Terjun Cinulang, nikmati pesona air terjun dari jembatan bambu di Sumedang

Air Terjun Cinulang, nikmati pesona air terjun dari jembatan bambu di Sumedang

Air Terjun Cinulang Di dalam Sumedangair terjun mempesona yang memiliki sederet fasilitas lengkap dan spot foto Instagramable yang bisa dinikmati pengunjung.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB Alamat: J L. Cicalengka Sindang Wangi No.km.07, Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kab.Bandung Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Wisata alam air terjun selalu diminati karena menawarkan wisata alam yang sangat indah, suasana sejuk dan mata airnya yang sungguh menyegarkan. Pernahkah anda mendengar tentang objek wisata alam Air Terjun Cinulang? Tempat wisata alam indah ini terletak di Kota Sumedang sehingga sering disebut dengan “Curug Sumedang” oleh penduduk setempat.

Namun sebenarnya air terjun cantik ini terletak di perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Sumedang, cukup jauh dari pusat kota. Selain jauh dari pusat kota, masyarakat yang berada di dekat objek wisata tersebut juga terkadang bingung jika menyebutnya sebagai objek wisata alam Curug Sumedang atau Curug Bandung.

Destinasi wisata alam di Jawa Barat yang terkenal ini antara lain adalah Kawasan Lindung Gunung Masigit Kareumbi. Wisatawan yang mengunjungi kami akan melihat dua buah air terjun, yang satu berarus deras dan satu lagi tidak terlalu deras. Sama halnya dengan air terjun lainnya, tempat wisata alam di Jawa Barat ini juga menawarkan daya tarik tersendiri.

Promo hotel di Sumedang

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Cinulang

Daya tarik Air Terjun CinulangFoto: Google Maps/Tribune Setiady

Apa saja daya tarik Curug Sumedang yang membuat banyak wisatawan tertarik? Air terjun fenomenal ini tentu mempunyai sejuta pesona. Banyak wisatawan dari luar Provinsi Jawa Barat yang datang ke tempat ini untuk menikmatinya akhir pekan bersama keluarga tercinta. Penasaran apa saja daya tariknya?

✦ Bisa berenang di kolam alami

Jika berlibur ke Air Terjun Cinulang, tak lengkap rasanya jika belum merasakan kesegaran sumber mata air alami di tempat ini. Pengunjung tentu tidak akan bisa menahan diri untuk tidak menceburkan diri ke dalam air. Apalagi setelah berkendara cukup jauh dari tempat parkir kendaraan menuju Air Terjun Cinulang.

Airnya memang sangat jernih dan sejuk, berenang bersama di kolam pasti akan semakin seru. Di dasar kolam terdapat semacam batu alam yang bentuknya tidak beraturan, namun terlihat indah jika dilihat dari atas. Wisatawan bisa leluasa berenang di kolam sambil mengabadikan momen dengan latar belakang air terjun.

✦ Nikmati pesona air terjun dari jembatan bambu

Biasanya wisatawan suka menikmati keindahan air terjun dari dekat, misalnya di jembatan bambu. Pengunjung bisa menghabiskan waktu berfoto bersama, mengobrol sambil melihat pemandangan, dan melakukan aktivitas menarik lainnya. Namun, otoritas pariwisata membatasi jumlah orang di jembatan tersebut.

Jembatan bambu menjadi salah satu akses menuju Curug Cinulang sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Berpose di atas jembatan dengan latar belakang air terjun masih menjadi pilihan pengunjung saat ini karena menghindari cipratan air. Artinya pakaian tersebut tetap kering dan bisa digunakan kembali nanti saat Anda pulang.

Wisata Bandung: Dusun Bambu, Pasar Terapung Lembang dan Rumah Pertanian

✦ Terdapat stand makanan ringan

Keindahan Air Terjun Cinulang Cicalengka memang sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi di sana pengunjung juga bisa bersantai di warung makan. Setelah seharian bersenang-senang di dalam air, pengunjung yang merasa lapar dapat memesan makanan dari stand. Warung makan di sana terkenal murah dan menunya sangat lezat di lidah pengunjung.

Wisatawan nantinya bisa membeli makanan atau minuman untuk melepas dahaga. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya makan dan minum, pengunjung bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah. Setelah sampai di puncak air terjun, selanjutnya carilah tempat yang nyaman untuk beristirahat dan menikmati perbekalan.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun CinulangFoto: Google Maps/Skay Dankel

Air Terjun Cinulang terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Lokasi tepatnya berada di perbatasan Sumedang dan Bandung, namun sering disebut Curug Sumedang. Sebenarnya wisatawan yang ingin berkunjung ke kota tersebut bisa melalui dua jalur yaitu Bandung dan Sumedang.

Namun untuk kemudahan perjalanan, wisatawan lebih memilih jalur Bandung agar lebih cepat sampai. Dari Tol Cileunyi bisa langsung menuju Nagrek lalu menuju Cicalengka. Perjalanan dari pusat kota Bandung menuju Air Terjun Cinulang memakan waktu sekitar 1,5 jam. Pengunjung dari Sumedang juga bisa melewati Jalan Cadas Pangeran.

Setelah itu menuju Simpang Pamulihan menuju kecamatan Cimanggung. Ada dua rute yang bisa Anda ikuti. Sesampainya di Tegalmanggung perlu berhati-hati karena jalannya cukup sempit, menanjak dan banyak tikungan. Selain itu, di kawasan Tegalmanggung sendiri belum ada rambu-rambu jalan dan jarang ditemukan pemukiman warga.

Trip Bandung: Kawah Putih, Ranca Upas, Glamping Lakeside dan tempat lainnya

Biaya masuk wisata alam

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam air terjun harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Air Terjun Cinulang Cicalengka sangat terjangkau hanya Rp 15.000 per orang. Namun pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp 2.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menarik di Air Terjun CinulangFoto: Unsplash/Agung Pratamah

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Cinulang. Mungkin pilihan aktivitas bisa membuat musim liburan semakin menyenangkan. Ada berbagai aktivitas yang masih bisa dilakukan di kawasan air terjun.

1. Menikmati pemandangan yang indah

Selama menginap di Curug Cinulang, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan menyegarkan. Begitu memasuki kawasan wisata, panorama yang sangat menarik menanti pengunjung. Terdapat lembah dan bebatuan dengan ukuran berbeda-beda yang membuat pengalaman liburan semakin berkesan.

2. Istirahat sejenak dan dengarkan suara alam Air Terjun Cinulang

Ada beberapa tempat menarik di Air Terjun Cinulang dimana pengunjung bisa beristirahat sambil mendengarkan suara alam. Umumnya pengunjung suka duduk-duduk di atas batu besar lalu menghirup udara yang sangat sejuk. Kegiatan menyenangkan ini dapat digunakan sebagai sumber daya menyembuhkan atau menenangkan pikiran yang bingung.

3. Menikmati suasana air terjun di sekitar lembah

Wisatawan juga bisa menikmati air terjun di sekitar Lembah Curug Cinulang. Meski harus melintasi bebatuan yang cukup tinggi, namun akses menuju aliran airnya mudah. Jika iklim memungkinkan, pengunjung bisa menghabiskan waktu bersama mandi di kolam air terjun yang disediakan.

4. Berfoto dengan latar belakang air terjun

Liburan apa pun pasti kurang lengkap tanpa sesi foto yang Instagrammable. Saat berkunjung ke air terjun, banyak spot yang bisa digunakan untuk fotografi. Kawasan wisata Curug Sumedang ini cukup luas sehingga sangat mudah untuk melihat latar belakang air terjun yang pastinya sangat menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas air terjun CinulangFoto: Google Maps/Radityo

Wisata Air Terjun Cinulang bisa dikatakan sangat mementingkan kenyamanan pengunjungnya. Dengan tiket masuk sekitar Rp 15.000, pengunjung bisa menggunakan beberapa fasilitas yang masuk akal. Fasilitas yang tersedia antara lain musala, tempat parkir luas, toilet, penginapan, warung makan dan masih banyak lagi.

Saat berkunjung ke objek wisata Air Terjun Cinulang jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Keperluan yang dibawa antara lain pakaian ganti, kamera, perbekalan makanan atau minuman, perlengkapan mandi, perlengkapan sholat, perlengkapan kesehatan, dan keperluan lain yang dianggap mendesak.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button