Tempat Wisata

Air Terjun Coban Baung, air terjun menakjubkan yang terkenal dengan mistisismenya di Pasuruan

Air Terjun Coban Baung, air terjun menakjubkan yang terkenal dengan mistisismenya di Pasuruan

Air Terjun Coban Baung merupakan sebuah tempat wisata air terjun di Pasuruan, Jawa Timur. Objek wisata ini terkenal dengan keindahan air terjunnya yang seolah terbelah.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Indonesia mempunyai banyak tempat wisata air terjun yang terkenal. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini karena memiliki keindahan alam dan menyegarkan untuk dilihat. Salah satu air terjun di Pasuruan yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Coban Baung. Bersantai di tempat ini dengan udara segar membuat akhir pekan semakin damai.

Jika Anda berada di kawasan Pasuruan, tidak ada salahnya mengunjungi air terjun ini untuk menikmati panorama alam yang menarik. Ada banyak tempat yang bisa dilihat dari sini, jadi sayang sekali jika Anda melewatkannya. Aktivitas liburan di wisata alam tidak akan membuat Anda bosan, karena pesonanya mampu menghipnotis pengunjung manapun.

Di sekitar air terjun terdapat pemandangan alam yang indah dan menenangkan sehingga sangat cocok untuk berbagai aktivitas seperti berpetualang atau sekedar bersantai. Destinasi ini juga cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga atau liburan bersama teman-teman dengan cara yang menyenangkan.

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Coban Baung

Daya Tarik Air Terjun Coban BaungFoto: Google Maps/RF 12

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu objek wisata Air Terjun Coban Baung agar Anda bisa percaya diri berkunjung ke sana dan mengetahui apa saja yang harus dilihat dan dilakukan begitu sampai di objek wisata populer ini. Beberapa objek wisata yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

✦ Pesona alam

Kota Coban Baung merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam (TWA). Artinya tempat ini mempunyai suasana yang masih rapi dan asri. Air Terjun Coban Baung memiliki suasana sejuk dengan pepohonan hijau yang membuatnya tampak menakjubkan.

Udara segar di sekitar air terjun menciptakan suasana menyegarkan dan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang karena kedalamannya terlalu dalam dan berisiko bahaya.

✦ Cerita mistis dari penduduk setempat

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, air terjun ini juga mempunyai sejarah mistis yang terkenal dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Kisah kriminal ini bermula dari Gunung Baung, sebuah gunung di Pasuruan dekat kawasan Coban Baung. Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, ada seorang putri yang bertapa di dalam gua di belakang air terjun.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Jika seorang laki-laki mandi di air terjun ini dan sang putri menyukainya, dia harus menghilang. Oleh karena itu, banyak penduduk setempat yang menyebut mitos ini sebagai penyebab tenggelam dan hilangnya wisatawan saat berenang di air terjun ini. Namun terlepas dari mitos tersebut, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

✦ Jalan untuk menikmati keindahan pepohonan dan monyet

Pada wisata air terjun ini terdapat jalan setapak yang terdiri dari beberapa anak tangga. Jalan kaki sepanjang 500 meter ini memberikan pengalaman menyegarkan bagi pengunjung meski jarak yang ditempuh cukup jauh.

Setiap jalan akan dipagari pepohonan rindang agar Anda tetap sejuk. Selain itu, tidak jarang juga ditemukan monyet liar.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Coban BaungFoto: Google Maps/Patmo Cah Mbangsal

Air Terjun Coban Baung merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer walaupun baru diketahui belakangan ini. Untuk mengunjungi tempat ini, konektivitas jalan relatif mudah. Pengunjung berkesempatan menggunakan kendaraan pribadi. Alamatnya di Kecamatan Sawah/Kebun. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menemukan rute terbaik, Anda dapat mengakses peta melalui Google Maps untuk memudahkan perjalanan Anda. Umumnya tidak memakan waktu lama untuk sampai ke sana karena akses jalan sudah terbuka dan mudah dijangkau.

Jika berangkat dari Malang, Anda bisa berkendara ke Probolinggo dalam waktu sekitar 2 jam. Jika memulai rute dari Surabaya, Anda bisa melintasi Pandaan dalam waktu sekitar 3 jam. Baru setelah sampai Pasuruan dilanjutkan ke Kebun Raya Purwodadi karena air terjun ini dekat dengan kawasan ini.

Cek hotel murah di Pasuruan

Biaya masuk wisata alam

Banyak sekali destinasi wisata Indonesia yang menawarkan keindahan alam karena potensi alamnya yang sangat besar. Salah satunya adalah Air Terjun Coban Baung di Jawa Timur. Tempat rekreasi ini sangat populer. Pasalnya, pemandangan alamnya menarik dan tarif masuknya cukup terjangkau.

Tak heran jika objek wisata bujet ini sering dikunjungi wisatawan dan ramai dikunjungi terutama pada hari libur atau akhir pekan. Ia juga menawarkan fasilitas yang memadai untuk lebih memenuhi kebutuhan pengunjung. Berapa harga tiketnya? Setiap orang hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan tambahan biaya parkir sesuai ketentuan.

Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung keputusan pihak manajemen. Jam buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun Coban BaungFoto: Google Maps/Rizqi Fajriansyah

Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Coban Baung, penting untuk melakukan aktivitas menarik di sana. Beberapa kegiatan menarik yang dapat dinikmati pengunjung antara lain:

1. Arung Jeram

Wisatawan tidak diperbolehkan berenang di air terjun ini. Namun selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya yaitu arung jeram di sekitar aliran sungai air terjun ini. Rafting, aktivitas berlayar dengan perahu karet yang membuat petualangan di Coban Baung semakin seru. Nanti perahu akan dinaiki dan berlayar menyusuri sungai.

Ini adalah aktivitas yang cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin. Ada beberapa rintangan batu yang harus diatasi di sekitar sungai, menambah keseruannya.

2. Berkemah di kawasan Air Terjun Coban Baung

Bagi yang membawa keluarga atau teman, berkemah di Coban Baung bisa menjadi pilihan terbaik karena di sini Anda bisa menikmati pemandangan alam disertai suasana alam yang tenang dan menyenangkan. Sepanjang malam Anda bisa mendengar suara air terjun, memberikan perasaan tenang dan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Foto potret

Aktivitas terakhir yang bisa Anda nikmati saat berkunjung adalah mencari foto estetik di objek wisata populer ini. Cocok bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi karena bisa mengambil foto dari tempat yang indah. Ini juga merupakan tempat yang cocok untuk mengabadikan momen dan berbagi foto di media sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Coban BaungFoto: Google Maps/Joshua F Levante

Meski merupakan objek wisata alam, namun wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang diberikan. Berbagai fasilitas penunjang tersedia di Air Terjun Coban Baung untuk liburan yang menyenangkan. Selain panorama yang ditawarkan, ada juga fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Beberapa di antaranya adalah tempat parkir, stand konsesi, spot foto Instagram, toilet umum, area camping, bahkan tempat duduk untuk menikmati pemandangan di lokasi ini. Dengan banyaknya fasilitas tentunya akan sangat membantu aktivitas pengunjung tempat ini.

Air Terjun Coban Baung merupakan salah satu objek wisata air yang menghibur dan layak untuk dikunjungi di kawasan Pasuruan. Airnya yang terlihat jernih dan pemandangan air terjun yang indah akan menyegarkan mata. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menjelajahi lingkungan sekitar air terjun ini untuk menghabiskan liburannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button