Tempat Wisata

Air Terjun Coban Glotak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sebagian besar dari kita pasti lebih suka shopping mall atau tempat yang “nyaman” dan ber-AC saat traveling, banyak penjual makanan dan minuman atau toko yang menjajakan berbagai jenis barang. Tapi tentu kita sudah terbiasa, apalagi di kota-kota besar yang banyak mall di sana-sini. Sesekali Anda butuh istirahat di tempat yang berhubungan dengan alam, jauh dari kebisingan kota dan udara yang tercemar. Ada sebuah tempat wisata di Malang yang bisa Anda kunjungi jika berencana berlibur dalam waktu dekat. Dan objek wisata ini adalah Air Terjun Coban Glothak yang pesonanya dapat memikat hati anda.

Air Terjun Coban Glothak merupakan salah satu air terjun yang ada di Provinsi Jawa Timur dan tepatnya terletak di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Coban Glotak merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang sangat terkenal, suasananya masih sangat sejuk karena masih banyak pepohonan dan tumbuhan, selain masih bersih, tidak banyak sampah disana. Berada di lereng Gunung Kawi, air terjun ini memiliki aliran air terjun yang sangat deras, dengan satu air terjun mencapai ketinggian 100 meter yang terlihat sangat menyegarkan. Pemandangan alam sekitar yang tampak semakin hijau membuat wisata ini sangat eksotik.

Sebagai tambahan informasi, asal muasal wisata air terjun ini dinamakan Coban Glotak karena dulunya berasal dari suara batu yang jatuh dengan gemercik airnya, sehingga terdengar suara “Glotak…Glotak…” . Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Coban Glotak. Lingkungan wisata yang masih sangat alami membuat sebagian orang menyebut Coban ini masih perawan. Berbeda dengan wisata di Coban Rais yang kini sangat populer dan berkembang dengan adanya wahana baru seperti Bukit Bulu.

Anda bisa berwisata ke tempat ini dengan mengajak keluarga atau teman anda, dan semakin banyak orang yang anda ajak maka akan semakin seru. Anda bisa menggunakan sungai di bawah air terjun untuk bermain, sekedar mencelupkan kaki setelah menempuh perjalanan jauh atau bahkan mandi di sana. Selain itu, kicauan burung di kawasan tersebut akan membuat Anda semakin betah, apalagi jika Anda memutuskan untuk berkemah dan bermalam di sana. Sambil ngobrol santai di sekitar api unggun yang kamu buat, kamu bisa merasakan suasana syahdu di coban ini.

Fasilitas di Air Terjun Coban Glothak

Sayangnya, Anda tidak bisa menemukan banyak fasilitas pendukung yang bisa Anda gunakan. Namun, Anda tetap dapat memanfaatkan beberapa fasilitas yang tersedia, seperti:

– Area parkir

Anda yang akan ke Air Terjun Coban Glothak dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas dan cukup luas.

– tempat perkemahan

Menghabiskan waktu di alam bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Ada area di mana Anda bisa mendirikan kemah dan membuat api unggun bersama keluarga atau teman.

Semoga kedepannya Pemerintah Kabupaten Malang dapat membangun lebih banyak lagi fasilitas penunjang untuk semakin menambah daya tarik tempat wisata Air Terjun Coban Glothak ini. Karena dengan potensi yang baik, pemandangan alam yang indah dan mempesona, objek wisata ini bisa menjadi sumber pendapatan daerah yang sangat menjanjikan. Namun jangan ragu untuk datang ke Coban untuk menyegarkan diri dari penat yang ada.

Berburu foto di Air Terjun Coban Glothak

Sumber Instagram dari akun @leo.zikrillah

Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, Anda bisa memanfaatkan beberapa tempat menarik yang ada di objek wisata ini, seperti di dekat air terjun. Airnya tidak sulit sehingga Anda bisa dengan mudah menjangkau area di dekat air terjun untuk berfoto bersama teman atau sekedar selfie. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan hutan rindang di sekitar sebagai target jepretan kamera. Kemudian, saat Anda menuju ke Air Terjun Coban Glothak, Anda akan disuguhi pemandangan ketinggian serta bunga dan kebun yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda. Jangan lupa untuk menguploadnya di media sosial Anda, itu akan membantu Anda memperkenalkan tempat wisata ini.

Sumber Instagram dari akun @ari_purwantoro

Baca Juga: Taman Wisata Lembah Dieng, Wisata Sambil Bermain Air

Akses jalan menuju Air Terjun Coban Glothak

Bagi anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Coban Glothak, anda bisa menuju arah barat dari Pabrik Gula Kebun Agung dan ikuti saja jalan utama. Ketika Anda tiba di pertigaan Anda akan melihat papan penunjuk jalan. Belok kiri dan terus ikuti penunjuk arah. Banyak petunjuk arah menuju Coban Glotak. Ikuti terus sampai ke desa Bedalisodo lalu selangkah demi selangkah melewati jalan tanah untuk sampai ke Wisata Coban Glotak. Jarak dari desa Bedalisodo ke Coban Glotak adalah 4 km.

Biaya masuk ke Air Terjun Coban Glothak

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Jika ingin berlibur ke Air Terjun Coban Glothak, Anda hanya perlu menyisihkan Rp 5.000 untuk tiket masuk. Jika kemudian Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir baik sepeda motor maupun mobil. (Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Air Terjun Coban Glothak

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke Air Terjun Coban Glothak

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berharga di Air Terjun Coban Glothak. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Coban Glothak adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Coban Glothak bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Coban Glothak.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Coban Glothak.

Galeri foto Air Terjun Coban Glotak

Selamat datang di Coban Glotak
Cairns di jalan akses

Mandi di bawah air terjun
Pengunjung di air terjun
Potret air terjun dari jauh

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button