Tempat Wisata

Air Terjun Curug Cikaso : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Air Terjun Curug Cikaso : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Kawasannya sejuk karena dekat dengan pegunungan dan rendahnya polusi membuat wisatawan berkunjung ke kawasan ini. Salah satunya adalah air terjun Curug Cikaso. Tempat wisata air terjun ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan keluarga atau relaksasi.

Air Terjun Cikaso terletak di kawasan wisata Ujung Genteng. Air Terjun Curug Cikaso dengan air terjunnya yang megah dan mempesona tak kalah dengan pesona bahari Ujung Genteng. Setelah puas dengan pesona Pantai Ujung Genteng, singgah di Air Terjun Cikaso akan melengkapi liburan Anda. Di Air Terjun Cikaso kita bisa berenang dan menikmati keindahan alam.

Wisata air terjun yang satu ini masih terdengar asing ditelinga wisatawan. Lokasinya yang terpencil berada di sudut kota Sukabumi, Jawa Barat. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan sepinya pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Cikaso. Air terjun ini sebenarnya bernama Curug Luhur. Namun karena airnya berasal dari Sungai Cikaso, masyarakat lebih mengenal Curug Cikaso.

Fasilitas di Air Terjun Curug Cikaso

Fasilitas wisata air terjun ini cukup lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Setelah berenang di kolam renang, tersedia dua kamar mandi untuk Anda bilas. Terdapat beberapa warung makan untuk memuaskan rasa lapar pengunjung. Terdapat pula beberapa kios atau toko oleh-oleh yang menjual oleh-oleh khas Air Terjun Cikaso.

Keindahan Air Terjun Curug Cikaso yang mempesona

Sejuknya semburan embun dari air terjun dan hembusan angin menambah keindahan air terjun ini. Suasananya masih sangat hijau dan menenangkan hati dan pikiran. Lembahnya masih ditumbuhi pepohonan lebat dan kicauan burung membuat betah berlama-lama berada di sini. Air terjun yang debitnya tinggi akan menghasilkan aliran air yang lebih deras sehingga semakin indah dipandang

Ketinggian air terjun Cikaso adalah 80 meter. Air terjun ini terdiri dari tiga titik air terjun yaitu Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki. Tingginya sekitar 80 meter dengan lebar batu 100 meter. Ketiga air terjun yang terhampar luas ini menjadi pemandangan yang sangat menyegarkan mata.

Aliran sungai Curug Asepan dan Curug Meong terlihat jelas, sedangkan Curug Aki tersembunyi di balik tebing. Ketiga aliran air terjun ini mengalir ke kolam di bawahnya sehingga menciptakan warna hijau kebiruan yang sejuk. Kolam bagian bawah dengan kedalaman 22 meter populer di kalangan wisatawan untuk berenang. Latar belakang pepohonan hijau sejuk nan rindang yang mengelilingi air terjun sayang sekali jika tidak diabadikan sebagai objek foto.

Padahal, Sungai Cikaso cukup deras dan cocok untuk arung jeram. Menurut masyarakat setempat, belum banyak pecinta arung jeram di sini yang pernah mencoba arung jeram. Penyebabnya, jalur jalan masih sulit diakses. Padahal Sungai Cikaso menawarkan potensi menarik dan pemandangan yang menghibur untuk arung jeram.

Akses lokasi menuju air terjun Curug Cikaso

Air Terjun Curug Cikaso terletak di Kecamatan Surade Sukabumi Jawa Barat. Air terjun ini terletak di hulu Sungai Cikaso. Jarak tempuh dari Kecamatan Surade sekitar 8 km atau setengah jam. Dari Surade hingga perempatan Jalan Cikaso, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Akses menuju Jalan Cikaso cukup berkelok-kelok namun beraspal. Di akhir perjalanan kita sampai di curug Cikaso. Kondisi jalan mulai berbatu sehingga perlu berhati-hati. Setelah melewati jalan setapak kita bisa naik kano yang tersedia di sekitar Jembatan Cikaso. Waktu perjalanan dengan perahu sekitar 15 menit. Pemandangan hijau air terjun dengan pepohonan tropis yang bisa dinikmati sambil berkano masih sangat asri.

Tiket masuk air terjun Curug Cikaso

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya perjalanan perahu maksimal untuk 10 orang: Rp 65.000

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Curug Cikaso Curug

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore

Tips Menuju Air Terjun Curug Cikaso

  • Jangan lupa membawa kamera untuk mendokumentasikan keindahan Air Terjun Tiga Titik Cikaso.
  • Disarankan untuk melakukan perjalanan pada pagi hari agar matahari terbit dapat terlihat jelas dari air terjun.
  • Jalur menuju Curug Cikaso licin. Yang terbaik adalah memakai sepatu atau sandal jepit.
  • Aliran air terjun juga bisa meningkat secara tiba-tiba, sehingga tidak disarankan untuk berenang saat musim hujan
  • Jika ingin menyewa perahu atau kano, sebaiknya berangkat berkelompok agar negosiasi lebih murah dan harganya tidak terlalu mahal.
  • Pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan yang Anda gunakan sesuai karena banyak jalan berlubang, medan tidak rata, tikungan tajam, serta tanjakan dan turunan terjal.
  • Mintalah jasa pemandu agar tidak tersesat, karena petunjuk lokasi air terjun hanya sedikit.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata Air Terjun Curug Cikaso yang bisa anda kunjungi sebagai tempat berlibur dan menikmati keindahan alam Indonesia yang sangat luas. Jangan hanya berdiam diri di rumah saja, segeralah bermain di luar untuk menghilangkan penat di pikiran.

Galeri Foto Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso
Air Terjun Cikaso
Air Terjun Cikaso
Air Terjun Cikaso
Air Terjun Cikaso


Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button