Tempat Wisata

Air Terjun Dukun Betuah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Air Terjun Dukun Betuah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kabupaten Merangin merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi yang kaya akan tempat wisata alam. Masih banyak objek wisata eksotik yang masih alami dan belum diketahui wisatawan. Keindahannya pun patut dipertimbangkan dan bisa menjadi alternatif destinasi wisata Jambi. Air Terjun Dukun Betuah salah satunya.

Mendengar namanya saja pasti Anda mengira kalau air terjun ini sangat lekat dengan nuansa mistis. Air Terjun Dukun Betuah selama ini diketahui angker oleh warga sekitar. Namun berbagai cerita seram tak menyurutkan semangat wisatawan untuk datang ke sini. Air terjun setinggi 100 meter yang dikelilingi tebing terjal merupakan fenomena yang sungguh memukau.

Air Terjun Dukun Betuah

Secara geografis Air Terjun Dukun Betuah terletak di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 95 kilometer dari kota Bangko. Wisatawan juga harus berkendara sekitar 3 jam yang bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor.

Setibanya di kawasan pemukiman, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Sesampainya di lokasi, pengunjung harus menempuh jalur yang cukup ekstrim dan menantang. Banyak sekali batu yang menjadi penghalang, wisatawan bisa berpegangan pada rotan agar tidak tergelincir.

Pesona Air Terjun Dukun Betuah

Perjuangan mencapai lokasi air terjun nampaknya membuahkan hasil mengingat panorama yang ditawarkan. Suara gemuruh air yang jatuh membantu melawan rasa lelah dan juga memberikan efek yang sangat menenangkan jiwa. Selain itu, air terjun ini masih sangat lestari dan dikelilingi pepohonan hijau yang rindang.

Air Terjun Dukun Betuah mempunyai ketinggian mencapai 100 meter. Terletak di tebing terjal, air terjun ini terlihat sangat eksotis dan indah. Terlihat tebing-tebingnya juga ditumbuhi tanaman hijau yang seolah membuat air terjun semakin indah. Udara sejuk dan suasana asri seakan menghilangkan nuansa seram yang ada di air terjun ini.

Air Terjun Dukun Betuah

Debit air di air terjun ini cukup tinggi, dari jarak 30 meter wisatawan sudah basah kuyup oleh cipratan air. Airnya sangat jernih dan segar, wisatawan bisa berenang sambil menikmati panorama air terjun. Namun tidak disarankan untuk langsung berada di bawah air yang jatuh, karena ketinggian air terjun justru dapat menyebabkan nyeri pada tubuh.

Menurut warga sekitar, cerita aneh kerap terjadi di air terjun ini. Karena banyaknya cerita mistis, maka air terjun ini diberi nama sesuai dengan nama masyarakat sekitar Air Terjun Dukun Betuah. Warga yang memancing di sungai dekat air terjun kerap melihat penampakan makhluk gaib yang tampak samar-samar.

Dulunya, saat air terjun ini belum ramai dikunjungi wisatawan, suasana di dekat air terjun sangat sepi dan mencekam. Ada pula kejadian aneh dimana warga sekitar yang mencari ikan beracun tidak mendapat ikan sama sekali. Sekalipun beberapa kantong racun dibagikan, tidak ada satu pun ikan yang mati dan mengapung di permukaan air.

Penduduk setempat kini juga menggunakan cara tradisional untuk mencari ikan, seperti pukat, pancing, atau lukah. Air terjun ini menjadi rumah bagi beberapa spesies ikan asli sungai, termasuk ikan Semah.

Pengunjung juga diperbolehkan menangkap ikan di air terjun ini asalkan dilakukan dengan cara tradisional dan tidak merusak lingkungan. Ikan semah dikenal tinggi nutrisi dan juga sangat lezat. Pembakaran memungkinkan wisatawan menyantap ikan sambil menikmati gemericik air terjun yang mengalir ke bebatuan di bawahnya.

Fasilitas Air Terjun Dukun Betuah

Tempat wisata Air Terjun Dukun Betuah masih belum terpengaruh dengan pekerjaan pemerintah. Oleh karena itu fasilitas yang tersedia sangat terbatas, tidak ada fasilitas seperti toilet, ruang ganti, atau musala. Namun wisatawan bisa menemukan musala di pemukiman warga yang sangat dekat dengan air terjun.

Di air terjun pun pengunjung tidak akan menemukan satupun pedagang yang menjajakan makanan atau minuman. Wisatawan hanya bisa membeli bahan makanan di kawasan pemukiman. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan perbekalan yang cukup sebelum mengunjungi Air Terjun Dukun Betuah.

Baca juga: Pemandian Air Panas Grao Sakti, pemandian air panas unik yang ada di Kabupaten Merangin

Tidak ada hotel, penginapan atau homestay di Kecamatan Sungai Tenang. Namun wisatawan bisa menemukannya di Kota Bangkok. Ada beberapa hotel dan akomodasi di Kota Bangkok yang bisa Anda pilih sebagai alternatif pilihan akomodasi.

Mengunjungi Air Terjun Dukun Betuah bisa menjadi alternatif menarik bagi Anda yang menyukai keindahan air terjun. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Dukun Betuah menawarkan panorama alam yang indah berupa air terjun eksotis setinggi 100 meter. Anda akan dimanjakan dengan indahnya suasana di air terjun ini dan sensasi petualangan alam liar. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan juga mandi atau bermain air dengan nikmat.

Anda juga bisa memancing di sini karena beberapa spesies ikan hidup di sungai. Sembari menghilangkan penat dan melupakan keseharian, Anda bisa menyantap ikan hasil tangkapan sambil menikmati indahnya alam. Tempat ini juga sangat cocok untuk berkemah atau bersantai menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

berburu foto

Keindahan Air Terjun Dukun Betuah juga sangat cocok dijadikan sasaran tembak. Apalagi bagi Anda yang hobi berburu foto dan khususnya memotret keindahan panorama alam. Banyak objek yang bisa Anda abadikan di sini seperti air terjun, tebing terjal, serta sungai dengan bebatuan dan air mengalir jernih.

Anda juga bisa memotret air terjun ini dari atas. Dengan memotret drone dari udara pasti akan memberikan hasil foto yang lebih menarik dan indah. Tak lengkap rasanya jika tidak berswafoto di tempat seindah air terjun ini. Air Terjun Dukun Betuah bisa Anda jadikan sebagai background foto.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dilihat

Biaya masuk Air Terjun Dukun Betuah

  • Biaya masuk: Rp 10.000 (termasuk biaya parkir)

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Air Terjun Dukun Betuah

Peta lokasi Air Terjun Dukun Betuah

Tips Berwisata ke Air Terjun Dukun Betuah

  • Jika anda ingin mengunjungi air terjun ini sebaiknya hanya menggunakan sepeda motor saja, karena jalan menuju air terjun ini belum bisa diakses dengan mobil.
  • Bawalah perbekalan secukupnya dan pakaian ganti jika ingin mandi atau bermain di air terjun.
  • Berhati-hatilah saat menuju air terjun karena jalannya cukup terjal dan licin serta penuh bebatuan.
  • Air terjun ini dianggap suci dan angker. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan berbicaralah dengan sopan saat mengunjungi air terjun.
  • Jangan mencari ikan dengan menggunakan alat atau cara yang tidak ramah lingkungan.
  • Sebaiknya Anda membawa kantong plastik untuk sisa makanan yang Anda bawa.
  • Jagalah kebersihan air terjun, dan wisatawan harus berkontribusi terhadap kelestarian air terjun tersebut.
  • Sebelum berangkat, berdoalah terlebih dahulu agar rencana liburan Anda berjalan lancar.

Galeri foto Air Terjun Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah
Berburu foto di tepi sungai
Mandi di bawah air terjun
Potret air terjun dari jauh
Keindahan air terjun
Air Terjun Dukun Betuah pada sore hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button