Tempat Wisata

Air Terjun Efrata Samosir – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

Air Terjun Efrata Samosir – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket
harga tiket: Rp 7.000 Jam operasional: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Sosor Dolok, Kec. Harian, Cab.Samosir, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Kabupaten Samosir mempunyai kekayaan alam yang tak kalah indahnya dengan kabupaten lain di Provinsi Sumatera Utara. Tak hanya keindahan Danau Toba saja yang mempesona, salah satu destinasi rekomendasi di Kabupaten Samosir adalah Air Terjun Efrata yang letaknya tak jauh dari Menara Pandang Tele.

Air terjun cantik ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan sahabat tercinta. Lokasinya berjarak 20 km dari pusat kota Samosir. Air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan lokal namun belum banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Kondisi alamnya masih sangat asri.

Nama Air Terjun Efrata memiliki arti taman terindah dan sakral di suatu kawasan yang asri. Nama ini berasal dari seorang turis asing yang sedang berkunjung saat itu. Jika Anda tertarik mengunjungi air terjun eksotik ini, yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini

Daya tarik Air Terjun Eufrat

Daya tarik Air Terjun EufratFoto: Google Maps/Edward Har

1. Pemandangan Danau Toba yang mempesona

Air Terjun Efrata dekat dengan Menara Pandang Tele dan Danau Toba. Wisatawan yang datang ke air terjun juga bisa mengagumi indahnya pemandangan Danau Toba dari kawasan air terjun.

2. Diapit oleh dua bukit

Air terjun cantik ini terletak di kawasan yang asri dan hijau, semakin indah karena diapit oleh bukit-bukit yang menjulang tinggi. Lokasinya yang terkesan tersembunyi akan membuat pengunjung terpesona. Jarak yang harus ditempuh wisatawan dengan berjalan kaki dari gerbang masuk hanya sekitar 100 meter.

3. Jalur pelacakan menawarkan pemandangan yang menakjubkan

Jalur jalan kaki yang harus Anda lalui sebelum mencapai lokasi Air Terjun Efrata hanya berjarak sekitar 100 meter dari gerbang masuk. Dalam perjalanan wisatawan disuguhi pemandangan tak kalah indah berupa hamparan sawah yang hijau dan luas. Anda bisa mengambil foto sepanjang perjalanan ini.

4. Bersihkan kolam

Keindahan alam air terjun dipadukan dengan kolam yang lebih aman dengan dinding penahan semen dan batu. Di depan air terjun terdapat jembatan yang menghubungkan kedua ujungnya sehingga memungkinkan wisatawan untuk lebih dekat dengan air terjun.

5. Tempat duduk yang stabil

Tempat duduk juga disediakan oleh pengelola. Tempat duduk dibuat di sebelah area aliran air terjun yang terpasang di dinding.

6. Palung yang tidak terlalu dalam namun nyaman

Sebagian besar waduk air terjun tidak terlalu dalam, namun pengunjung harus berhati-hati saat mendekati kolam utama yang terletak di bawah aliran Air Terjun Eufrat. Kondisi bebatuan di dekat cekungan sangat licin, perhatian khusus diberikan pada pijakan kaki.

7. Sekilas bentuknya menyerupai kipas

Air terjun eksotis ini memiliki tinggi 25 meter dan memiliki bentuk unik menyerupai kipas dengan dasar lebar. Debit airnya cukup deras sehingga wisatawan dilarang bermain langsung di bawah air terjun.

8. Suara gemericik air

Aliran air yang keluar cukup deras berbentuk air terjun yang bentuknya seperti kipas, membuat gemericik airnya terdengar jelas dari jauh. Saat Anda mendekatinya, bersiaplah untuk basah karena cipratan air. Ingatlah untuk membawa pakaian ganti saat Anda berkunjung.

9. Air yang tidak pernah kering

Di Air Terjun Efrata, airnya tak pernah surut meski sudah berbulan-bulan kemarau. Pasalnya, sumber air terjun tersebut berasal dari perairan Gunung Bukit Barisan. Keadaan aliran air yang keluar cukup deras sehingga menimbulkan suara riak yang cukup kuat sehingga memikat hati pengunjung dan langsung merasakan kesegaran dan kesejukan air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun EufratFoto: Google Maps/Yu Lie

Air terjun cantik ini terletak di Desa Sosor Dolok yang termasuk dalam Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berjarak sekitar 20km dari pusat kota namun akses sepi menuju lokasi air terjun ini sangat baik.

Air Terjun Efrata dekat dengan tempat wisata terkenal lainnya seperti Danau Toba dan Menara Pandang Tele. Bahkan ada yang menyebutnya Air Terjun Pandang Tele. Jadi jika anda mengunjungi kedua wisata ini, anda semua harus mengunjungi air terjun indah ini.

Rute Menuju Lokasi : Jika wisatawan datang dari Kabupaten Samosir bisa langsung menuju Kabupaten Harian. Setibanya di Kecamatan Harian, Anda akan langsung menemukan rute menuju desa Sosor Dolok. Nikmati terus pemandangan sambil berkendara, karena pesona keindahan alam Kabupaten Samosir sungguh mempesona.

Agar perjalanan semakin nyaman dan tenang, wisatawan dapat menggunakan jasa sewa kendaraan pribadi atau membawa kendaraan pribadi sendiri seperti roda dua atau roda empat, karena transportasi kendaraan pribadi dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya jauh lebih mudah.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk air terjun ini sangat terjangkau, hanya dengan membayar Rp 7.000 per orang, wisatawan sudah bisa melihat keindahan air terjun secara langsung. Sedangkan biaya parkirnya Rp 6.000 untuk satu unit.

Dengan membayar biaya tersebut, berbagai fasilitas tersedia bagi wisatawan, seperti; B. ruang bilas atau ganti, tempat duduk di area air terjun dan tentunya yang membantu menjaga kebersihan air terjun.

Jam operasional Air Terjun Efrata adalah dari jam 6 pagi sampai jam 7 malam. Buka setiap hari, termasuk hari libur dan hari libur bank. Air terjun ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur. Wisatawan tetap diperbolehkan berkunjung di masa pandemi ini, dengan peringatan harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Karena jarak yang cukup jauh dari Pusat Kabupaten, banyak wisatawan yang akhirnya memilih menginap di dekat kawasan air terjun, namun belum tersedia penginapan yang langsung berada di kawasan air terjun. Wisatawan bisa mendapatkan akomodasi dalam radius 9 kilometer.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Efrata

Aktivitas seru di Air Terjun EfrataFoto: Google Maps/Dicki Novandi

1. Mainkan air tawar

Air yang mengalir merupakan air asli yang bersumber dari Pegunungan Bukit Barisan. Airnya sangat jernih dan juga menyegarkan. Wisatawan yang datang pasti merasakan segarnya air di sana.

Aktivitas bermain air yang dapat dilakukan adalah mandi, membasuh anggota tubuh dengan air di kolam, atau merasakan cipratan air yang jatuh ke badan. Tips bermain di Air Terjun Efrata : Selalu bawa baju ganti, karena baju yang dipakai pasti akan basah jika terkena cipratan air yang cukup deras.

2. Koleksi foto yang indah

Bagi Anda yang hobi fotografi atau gemar mengabadikan momen liburan, tentunya mencari foto bagus di air terjun mempesona ini menjadi sebuah kegiatan yang menarik.

Foto pemandangan adalah salah satu foto yang paling sulit untuk diedit karena Anda memerlukan peralatan yang tepat untuk menangkap pemandangan dengan baik. Hal ini tentu menarik karena seorang fotografer perlu mempertimbangkan perlengkapan apa yang tepat untuk memotret objek, terutama air terjun yang mengalir agar terlihat memukau.

3. Pelacakan selama pelatihan

Jalur pendakian menuju Air Terjun Efrata hanya berjarak 100 meter. Jalurnya juga sudah ditata dengan baik sehingga tidak menyulitkan pengunjung. Jalur ini dapat digunakan baik untuk aktivitas fisik maupun berjalan-jalan santai sambil menikmati pedesaan sekitarnya.

4. Bersantai dan nikmati pemandangan

Bagi wisatawan yang sedang berlibur, air terjun Hits ini adalah pilihan yang tepat. Aktivitas bersantai Anda bisa dilakukan di tepian air terjun atau di dekat aliran sungai yang mengalir. Di depan air terjun terdapat bebatuan besar untuk duduk menikmati gumaman air terjun.

5. Berkemah di sekitar Air Terjun Eufrat

Berkemah merupakan kegiatan seru di kawasan air terjun. Udara sejuk dan nuansa alam yang kaya membuat aktivitas outdoor semakin seru. Wisatawan bisa membawa perlengkapan untuk berkemah, terutama logistik yang memadai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun EufratFoto: Google Maps/IT Tan (J. Kencana Lic)

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, tentu Anda ingin mendapatkan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi Anda. Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Efrata cukup banyak diantaranya adalah tempat parkir mobil, tempat bilas dan ganti pakaian, jalan setapak yang mudah, warung makan dan juga tempat duduk di area air terjun.

Tempat parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung banyak kendaraan roda dua dan empat. Biaya parkirnya sudah di tetapkan oleh pihak pengelola, jadi pasti aman dan tidak ada pungutan pungutan liar.

Dari semua fasilitas yang ada, belum ada akomodasi di dekat air terjun, sehingga wisatawan yang ingin bermalam bisa mencari akomodasi lain di dekat Danau Toba. Harga sewa akomodasi cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Demikian ulasan mengenai objek wisata, alamat, itinerary, tarif masuk dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan wisatawan selama menginap di Air Terjun Efrata Samosir. Destinasi ini sangat cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan bersama. Ingatlah untuk berhati-hati jika ingin mendekati palung karena kondisi bebatuannya licin.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button