Tempat Wisata

Air Terjun Gentongan, keindahan percikan air keemasan di Bondowoso

Air Terjun Gentongan di Bondowoso mempunyai keistimewaan yang unik, yaitu percikan airnya yang berwarna emas karena airnya bersifat asam dan mengandung belerang.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kebunjeruk, Kalianyar, Kec. Ijen, Kab.Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Gentongan merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Bondowoso. Nama air terjun ini cukup unik karena memiliki arti tersendiri. Nama ini berasal dari penduduk sekitar yang disebut Gentongan, yang berasal dari bahasa Madura yang berarti gantung. Air terjun unik ini mempunyai sumber yang unik yaitu rembesan air dari kawah Ijen.

Sebab, sifat air terjun ini banyak mengandung unsur belerang. Tak heran jika air terjun ini mengeluarkan bau belerang yang menyengat dan agak busuk. Jika tidak kuat bernapas, Anda bisa menggunakan masker. Namun di sekitar air terjun ini banyak tempat menarik yang bisa dinikmati wisatawan.

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Gentongan tidak disarankan untuk mandi dan bermain air karena percikan airnya menimbulkan efek gatal pada sebagian orang dan membuat mata iritasi jika terkena air. Lalu apa saja daya tarik dari tempat wisata unik ini? Mari kita cari tahu pada pembahasan berikut ini.

Hotel murah di Bondowoso

Daya tarik Air Terjun Gentongan

Objek wisata Air Terjun GentonganFoto: Google Maps/Rambo Ijen

Air terjun eksotik ini memiliki sederet hal menarik yang ditawarkan sehingga menjadikannya objek wisata populer. Beberapa objek wisata ini memiliki ciri khas pesona panoramanya. Berikut beberapa daya tariknya:

✦ Keindahan warna keemasan percikan air

Banyak orang yang berlibur ke tempat wisata keren ini karena ingin melihat pemandangan. Jika ke sana pada siang hari, wisatawan akan disuguhi pemandangan unik yakni pancaran sinar kuning keemasan seiring riak air di sela-sela bebatuan dan diiringi pancaran sinar matahari.

Pemandangan ini tentu unik dibandingkan air terjun lainnya. Meski ketinggian air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun ketika Air Terjun Gentongan jatuh, ia mengalir ke sungai dengan pemandangan seperti salju. Keindahan ini sungguh indah untuk dilihat.

Pasalnya, ketika kadar air turun di bawah angka tersebut, air akan berbusa karena pengaruh tekanan dan kandungan belerang di dalamnya. Hal ini membuat pemandangan menjadi lebih indah.

Cek tiket Trans Studio Mini Jember

✦ Posisi air terjun seperti menggantung

Keunikan lain dari air terjun ini adalah posisinya yang seolah-olah menggantung di atas tebing. Oleh karena itu, tidak heran jika nama air terjun ini adalah “Gentongan” yang artinya “menggantung”. Air terjun ini tingginya hanya sekitar 20 meter dan mengalir seperti di tengah tebing tanpa mencapai puncak. Hal inilah yang menjadikan wisata air ini unik.

✦ Dipercaya oleh penduduk setempat sebagai penyembuh

Penduduk setempat percaya bahwa air terjun ini menyembuhkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal dan penyakit kulit. Menurut warga sekitar, untuk menyembuhkan penyakit ini perlu dilakukan penyiraman pada area yang terkena dampak. Karena kepercayaan tersebut, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk mencobanya dan datang ke tempat ini.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun GentonganFoto: Google Maps/Baim Iroel

Alamat Air Terjun Gentongan berada di Desa Kalianyar, Kecamatan. Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Letaknya di hulu kawah Ijen. Tak heran, lokasinya dekat dengan jalan menuju Kawah Ijen. Namun wisatawan tetap harus melakukan perjalanan tambahan. Sebab, kawasan ini terletak di jurang dengan kedalaman 50 meter.

Jadi Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai ke objek wisata tersebut. Jalur tersebut dapat diakses melalui jalur utama di Bondowoso. Tepatnya di sepanjang Jl. Kawah Ijen. Anda dapat mengetahui lebih detailnya melalui Google Maps. Jika karena alasan tertentu Anda tidak ingin mengambil jalur utama, Anda harus mengambil jalur alternatif.

Cek tiket Pantai Tanjung Papuma Jember

Jika jalurnya lancar, wisatawan bisa mencapai objek wisata tersebut dalam waktu sekitar 2 jam. Namun jika terjadi kemacetan, Anda bisa menggunakan jalur alternatif, meski mungkin memakan waktu lebih lama. Disarankan juga untuk mencari tahu arus lalu lintas di sekitar area air terjun agar Anda bisa menyiapkan makanan dengan baik.

Jam operasionalnya sendiri buka selama 24 jam sehari atau tidak pernah tutup. Air terjun ini tidak dipungut tiket masuk sehingga Anda bisa leluasa menuju ke sana dan merupakan liburan murah yang layak untuk dikunjungi.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun GentonganFoto: Google Maps/Baim Iroel

Air Terjun Gentongan menawarkan beberapa aktivitas menarik diantaranya sebagai berikut.

1. Berburu foto keren

Jangan lewatkan untuk melihat objek wisata terkenal di Bondowoso ini untuk mendapatkan foto Instagrammable dan kekinian. Pasalnya, wisatawan bisa menemukan berbagai spot foto menarik di tempat ini. Terdapat air terjun cantik sebagai latar belakang yang semakin menambah estetika foto. Wisatawan bisa berfoto di atas bebatuan kecil yang ada di tengah air sungai agar terlihat menarik.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama pengunjung lain sebagai latar belakang agar terlihat meriah. Namun pastikan juga foto-fotonya keren dan pantas agar bisa diposting di media sosial untuk memenangkan momen dan pengalaman menyenangkan saat berlibur di Air Terjun Gentongan.

2. Piknik di Air Terjun Gentongan pada akhir pekan

Jika sudah muak dengan kehidupan kota, Anda bisa berlibur ke objek wisata unik ini. Anda bisa mengajak keluarga dan teman ke objek wisata mempesona ini untuk menikmati keindahan air terjun. Jika sekedar melihat-lihat saja belum cukup, wisatawan bisa berpiknik di sekitar air terjun ini. Anda juga bisa bermalam di sana karena buka 24 jam.

Namun, pastikan Anda membawa perlengkapan piknik yang baik, mulai dari peralatan memasak, tenda tidur, kayu bakar hingga makanan. Demi keamanan, jangan lupa membawa kotak P3K dan obat-obatan. Bawalah pakaian hangat atau jaket tebal untuk menghindari kedinginan.

3. Temukan

Jika Anda memiliki jiwa petualang yang kuat, Anda bisa datang ke tempat ini untuk menjelajahi lingkungan sekitar air terjun. Jika beruntung, wisatawan bisa menemukan berbagai pepohonan dengan dedaunan lebat dan beberapa hewan di sana. Sebelum mencapai air terjun, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 1 km.

Ini cocok bagi mereka yang terbiasa trekking dan senang menjelajahi daerah tersebut. Wisatawan dapat menyusuri tempat ini dengan tenaga dan tenaga ekstra karena ada kendala yang harus diatasi. Jalurnya cukup basah dan licin sehingga perlu berhati-hati saat berkendara menuju Air Terjun Gentongan.

Namun jika berhasil pasti akan puas karena mampu mengatasi tantangan jalan yang diberikan alam. Ini akan menyenangkan, meski sedikit melelahkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Air Terjun GentonganFoto: Google Maps/Eko Yanto

Terdapat beberapa fasilitas pendukung di Air Terjun Gentongan. Fasilitas yang tersedia belum banyak dan perlu ditingkatkan. Namun wisatawan di kawasan ini bisa menggunakan toilet umum yang tersedia di sana. Selain itu, tersedia juga tempat parkir yang luas sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membawa kendaraan sendiri.

Terdapat beberapa warung dan restoran di sekitar air terjun yang bisa menjadi tempat Anda mengisi perut selama berlibur. Selain itu, terdapat juga tempat ibadah yang biasa digunakan untuk melakukan kebaktian gereja.

Air Terjun Gentongan merupakan salah satu tempat wisata alam di Bondowoso dengan keunikan sumber airnya yang mengandung belerang karena berasal dari Kawah Ijen. Di tempat ini wisatawan dapat menjelajahi tempat tersebut dengan berfoto, menikmati keindahan alam serta melakukan penjelajahan dan hiking untuk mencapai tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button