Tempat Wisata

Air Terjun Grojokan Limo, air terjun kecil dengan lima pancuran air eksotis di Pasuruan

Air Terjun Grojokan Limo merupakan salah satu objek wisata alam di Pasuruan yang populer dan menawarkan pesona yang tiada duanya. Banyak orang juga datang pada hari libur dan hari kerja.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Ngembe, Kec. Beji, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Tempat wisata baru di Pasuruan yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Grojokan Limo. Baik pria maupun wanita datang ke tempat wisata ini karena sedang viral beberapa hari terakhir. Ternyata wisata air terjun ini mempunyai keindahan yang unik dan tersembunyi. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang letaknya berada di dataran tinggi atau pegunungan.

Air terjun ini terletak di dataran rendah. Fenomena tersebut menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka penasaran dengan terciptanya air terjun ini. Meski terkesan unik, namun keberadaannya masih alami dan belum dikelola dan dikembangkan secara optimal. Untuk masuk ke objek wisata alam ini tidak memerlukan tiket, sehingga murah.

Namun kekurangan dari Grojokan Limo adalah fasilitasnya yang kurang maksimal karena masih alami. Untuk menuju ke sana Anda harus menempuh jarak sekitar 700 meter. Namun begitu sampai, wisatawan tidak akan kecewa karena bisa menikmati pemandangan menarik yang memanjakan mata. Jarak tersebut tidak menghalangi wisatawan untuk menuju air terjun.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Grojokan Limo

Objek wisata air terjun Grojokan LimoFoto oleh FerdiantioJS di Google Maps

Air Terjun Grojokan Limo merupakan salah satu wisata hits di Pasuruan dan menarik banyak pengunjung. Banyak orang mengunjungi tempat ini bahkan pada hari libur dan hari kerja. Objek wisata baru ini cocok bagi wisatawan dari Pasuruan sendiri hingga beberapa kota lain di Jawa Timur.

Pasalnya yang berkunjung ke tempat ini berasal dari Malang, Sidoarjo, Probolinggo dan kota lainnya. Lalu apa yang membuat banyak orang mengunjungi tempat wisata ini? Untuk memahaminya, simak informasi berikut ini.

✦ Memiliki pemandangan alam yang indah

Banyak yang penasaran dengan keindahan air terjun ini, karena menurut wisatawan yang pernah mengunjunginya, objek wisata air ini sangat indah. Air terjunnya yang tidak begitu tinggi serta aliran sungai yang jernih dan mempesona membuat tempat ini indah dan layak untuk dijadikan tempat berlibur.

✦ Keberadaan unik

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Air Terjun Grojokan Limo terletak di daerah dataran rendah tepatnya di Kecamatan Beji Pasuruan. Keberadaan yang tidak biasa ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang penasaran ingin berkunjung. Keunikan inilah yang membuat objek wisata populer ini menjadi viral di media sosial.

Hotel murah di Pasuruan

✦ Masih alami

Daya tarik terakhir dari air terjun ini adalah suasana alamnya yang masih alami. Belum ada perkembangan signifikan di tempat ini, sehingga keindahan yang dihadirkan di sini adalah alam murni. Bagi pecinta lingkungan dan menyukai keindahan alam, Air Terjun Grojokan Limo pasti akan menarik.

✦ Air terjun kecil dengan lima pancuran air

Mungkin banyak orang yang penasaran kenapa air terjun ini dinamakan Grojokan Limo. Sesuai dengan namanya, Grojokan Limo artinya memiliki lima aliran sungai sehingga membuatnya unik dibandingkan air terjun lain yang hanya memiliki satu pancuran. Air terjun ini menciptakan pancuran yang biasa digunakan untuk mandi.

Selain itu, jalur air ini bisa digunakan untuk arung jeram di musim hujan dengan arus yang deras. Kesejukan dan keindahan pemandangan alam sangat cocok untuk diabadikan dalam foto Anda.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Grojokan LimoFoto oleh Hury Diamond di Google Maps

Alamat wisata Grojokan Limo terletak di Dusun Krikilan, Desa Ngembe, Kecamatan. Beji, Pasuruan, Jawa Timur. Jika wisatawan berada di pusat kota, mereka bisa sampai ke sana dengan berkendara hanya sejauh 38 km ke arah barat. Kelebihan dari wisata ini adalah tidak adanya tiket masuk sehingga gratis. Hanya ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk wisatawan.

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Dengan keuntungan tersebut, wisatawan bisa berlibur dengan mengajak keluarga dan teman. Bagi yang ingin mengetahui rutenya, akses menuju kawasan ini mudah dicapai. Jika Anda datang dari pusat kota Pasuruan, Anda bisa mengambil arah langsung ke Bangil. Kemudian berkendara ke selatan sepanjang jalan raya Pandaan – Bangil.

Jika anda sudah sampai di lokasi Simpang Empat Baujeng silahkan menuju ke Desa Ngambe. Ada banyak petunjuk arah di sana yang memandu wisatawan menuju tempat ini. Dengan begitu wisatawan tidak tersesat dan dapat dengan mudah mencapai tempat wisata ini. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan Google Maps atau bertanya kepada warga sekitar saat Anda sampai di desa ini.

Perlu diketahui bahwa jalan menuju air terjun ini tidak beraspal mulus. Hampir sampai, harus melintasi persawahan dan jalannya relatif sempit. Setelah melewati tengah persawahan, Anda harus berjalan kaki sekitar 150 meter. Nanti Anda akan melihat gerbang masuk yang terbuat dari bambu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun Grojokan LimoFoto oleh Rizki Rahmadian di Google Maps

Hal menarik apa saja yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini? Untuk menghindari kebosanan, ada banyak kegiatan yang menghibur. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam, aktivitas ini juga akan membuat liburan Anda semakin seru. Jangan lewatkan ini agar Anda dapat memaksimalkan liburan Anda.

1. Terdapat spot selfie

Keindahan alam yang ditawarkan tentu sayang jika wisatawan tidak mengabadikan momen tersebut. Ada beberapa spot foto cantik di Air Terjun Grojokan Limo dan sayang untuk dilewatkan. Misalnya saja ada ayunan di sekitar air terjun. Terdapat juga tempat duduk kayu dan spot tepi sungai dengan air terjun yang semakin menambah kesan eksotis.

Tempat ini masih gratis dan tidak dipungut biaya apa pun, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menjelajahi tempat wisata ini. Apalagi jika Anda datang pada hari-hari aktif, artinya lebih sedikit pengunjung yang datang ke air terjun dibandingkan hari libur. Wisatawan bisa puas jika memilih tempat yang nyaman untuk berfoto.

2. Bersantai di tepi sungai

Hal paling menenangkan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah bersantai di tepian sungai. Banyak orang yang ingin menikmati keindahan hanya dengan duduk dan bersantai di tempat ini. Udara sejuk disertai suara ombak yang alami menciptakan suasana yang menyenangkan.

3. Berenang

Bagi yang hobi berenang bisa menikmati kesegaran air terjun ini. Air terjun ini tidak terlalu deras sehingga sungainya juga cocok untuk berenang. Berenang dan bermain bersama orang-orang terdekat menambah keseruan tempat ini. Namun, Anda perlu berhati-hati jika berkunjung saat musim hujan karena arus sungai bisa deras.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun Limusin GrojokanFoto oleh Khoiri Tamimi di Google Maps

Sedan Grojokan ini masih kokoh kealamiannya sehingga fasilitas yang ditawarkan masih terbatas dan langka. Fasilitas yang tersedia antara lain stand di sekitar air terjun. Warung ini menjual berbagai kebutuhan seperti makanan dan minuman sederhana.

Air Terjun Grojokan Limo merupakan salah satu destinasi wisata baru dan populer di Pasuruan yang patut untuk dicoba. Meski fasilitasnya terbatas, namun pemandangannya begitu indah dan asri sehingga bisa dijadikan alternatif liburan. Tempat tersebut merupakan tempat yang tersembunyi namun diketahui banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button