Tempat Wisata

Air Terjun Janji Humbang Hasundutan – Objek Wisata, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

Air Terjun Janji Humbang Hasundutan – Objek Wisata, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket
harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tipang, Kec. Bakti Raja, Cab.Humbang Hasundutan, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Air Terjun Janji merupakan wisata di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Destinasi alam yang satu ini masih dikaitkan dengan objek wisata terkenal di Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Getaran air terjun ini mengalir langsung ke danau ajaib ini.

Dilihat dari sejarahnya, nama asli air terjun menakjubkan ini adalah Air Terjun Sampureun Janji yang tidak lepas dari sejarah raja-raja Batak. Ketiga raja Batak yaitu Raja Manullang, Raja Marbun dan Raja Sinambela melakukan ikrar bersama.

Selain keunikan sejarahnya, nama Air Terjun Janji ini juga dipercaya oleh wisatawan dan masyarakat setempat. Banyak yang percaya bahwa siapa pun yang membuat janji di lokasi air terjun yang menyandang nama unik itu, maka janjinya akan terkabul.

Daya tarik Air Terjun Janji

Janji atraksi air terjunFoto: Google Maps/Emma Sri Wahyuni ​​​​Simanullang

1. Jaringan sinyal bagus

Biasanya sulit menerima sinyal di lokasi dataran tinggi. Namun, bukan karena letak air terjun indah ini. Tersedianya akses internet gratis memungkinkan wisatawan dengan mudah berkomunikasi melalui ponsel atau mengunggah foto selfie.

2. Pemandangan alam air terjun

Tempat wisata di pegunungan terasa lebih alami. Salah satunya adalah suasana di Air Terjun Janji. Selain berkesempatan menikmati nuansa alam yang masih asri di sekitar air terjun, Anda juga akan disuguhkan pemandangan menarik lainnya.

Ya, saya melihat air tenang di sebuah danau yang tak lain adalah Danau Toba. Padahal, Danau Toba dan air terjun cantik ini sangat berdekatan satu sama lain. Bahkan air terjunnya mengalir langsung ke danau yang menjadi wisata khas di pulau Sumatera Utara ini.

3. Memiliki sejarah dan filosofi yang unik

Nama Air Terjun Janji ini berkaitan dengan kisah raja-raja Batak yang membuat perjanjian sebelum berangkat ke medan perang. Di tempat inilah Raja Sisingamaraja mengumpulkan raja-raja Batak.

Isi perjanjian para raja adalah tidak terjadinya peperangan antar kelompok di medan perang. Jika janji itu diingkari, air terjun ini akan langsung surut atau mengering.

Selain sejarahnya, air terjun ini memiliki filosofi yang unik. Masyarakat setempat percaya bahwa siapapun yang membuat janji di tempat ini suatu saat akan ditepati.

4. Berdekatan dengan Wisata Danau Toba

Letak Air Terjun Janji yang tak jauh dari danau vulkanik terbesar di dunia membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjunginya.

Anda bisa menikmati pemandangan lokasi air terjun yang memanjakan mata, ditambah dengan pesona Danau Toba. Tentu saja ini merupakan momen langka. Bepergian sekali untuk mendapatkan dua tempat yang masing-masing memiliki pesona yang luar biasa.

Nuansa alaminya sungguh membuat jiwa beristirahat. Udara yang sejuk, segarnya pepohonan dan kicauan burung membuat suasana semakin natural. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan wisatawan berkunjung, karena mendapatkan sensasi berbeda di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun janjiFoto: Google Maps/Miklael Sanjani

Air Terjun Janji terletak di desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari wisata Danau Toba.

Untuk menuju lokasi air terjun, ada beberapa jalur yang bisa Anda jadikan landmark. Misalnya saja anda berada di Kecamatan Humbahas maka anda bisa menuju arah Muara Taput lewat Bakara hingga ke Tipang. Bisa juga langsung menuju Dolok Sanggul lalu dilanjutkan ke Bakara.

Jarak Dolok Sanggul menuju Air Terjun Janji sekitar 19 kilometer. Waktu perjalanan sekitar 45 menit.

Sedangkan jika memulai perjalanan dari Bandara Kualanamu Medan. Kami sarankan Anda mengambil arah tol Medan menuju Pematang Siantar. Kemudian ikuti rambu menuju Jalan Lintas Tengah Sumatra.

Setelah itu masuk ke Jalan Raya Muara lalu lurus saja menuju Jalan Lintas Sumatra hingga Tapian Nulli. Masuk ke Dolok Sanggul dan ambil arah Jalan Bakara.

Biaya masuk wisata alam

Air terjun cantik ini beroperasi mulai pukul 08:00 hingga 17:00 dan menjadi destinasi yang cukup ramai. Jam buka setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menikmati pesona keindahan air terjun yang mempesona. Hal ini disebabkan belum adanya tarif harga yang ditetapkan oleh pihak pengelola. Anda dapat mengikuti tur indah ini secara gratis.

Aktivitas seru di Air Terjun Janji

Biaya masuk ke Air Terjun JanjiFoto: Google Maps/hotlan Sayang sekali

1. Menikmati suasana air terjun

Air terjun setinggi 50 meter ini mempunyai pesona pemandangan yang sangat sejuk. Terdapat pepohonan rindang di kedua sisi air terjun sehingga menciptakan suasana sejuk.

Di dasar air terjun Janji ini terdapat bebatuan besar dan jembatan kecil berwarna putih yang membuat pemandangan semakin eksotis. Anda bisa menikmati suasana air terjun sambil duduk-duduk di atas bebatuan besar atau di sekitar jembatan. Sungguh suasana alam yang sangat menenangkan.

2. Foto

Aktivitas selfie di tempat wisata merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain hasil jepretan kamera yang keren, berfoto juga menjadi salah satu cara untuk mengenang momen-momen tak terlupakan di masa depan.

Spot foto yang paling sering diincar wisatawan adalah pemandangan langsung air terjun yang meluap, dimana limpasan airnya cukup deras. Biasanya para wisatawan memilih duduk atau berdiri di atas batu besar tepat di depan air terjun.

3. Menikmati keindahan Danau Toba

Nikmati panorama lanskap dan hamparan Danau Toba dari ketinggian dalam perjalanan menuju Air Terjun Janji.

Hamparan air danau yang tenang berwarna Hijau Tosca dan dihiasi deretan bukit berbatu serta barisan pegunungan yang semakin mempercantik pemandangan danau. Bahkan Anda bisa menyaksikan keindahan pulau kecil di tengah Danau Toba.

4. Berenang di Kolam Air Terjun Meluap

Tak hanya air terjunnya saja yang indah, ada juga aliran sungai yang sengaja dibuat sebagai tempat pemandian. Terdapat tiga aliran sungai atau pancuran yang bisa digunakan wisatawan untuk permainan air. Misalnya mandi, mencuci muka, mencelupkan kaki.

Ketersediaan tempat ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan sehingga dapat menikmati sensasi sejuknya air yang mengalir turun dari pegunungan.

5. Berjalan melewati taman

Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di taman yang hanya berjarak 30 meter dari Air Terjun Janji. Sesampainya di taman, Anda akan disambut oleh patung ikan berwarna kuning dengan air yang mengalir dari mulutnya. Patung ikan berdiri ini mempunyai tinggi 2 meter.

Berbagai tanaman tertata rapi di sekeliling taman. Dilengkapi dengan jembatan kecil berwarna tosca dan coklat yang membuat taman semakin indah.

Akses jalan menuju taman juga telah dirancang senyaman mungkin. Jalan setapak yang ditumbuhi tanaman indah di kedua sisinya akan menghilangkan rasa lelah Anda.

6. Naiki tangga untuk menuju wisata lainnya

Di sebelah kanan air terjun terdapat tebing kecil yang juga dilalui air. Ada kolam di atasnya. Untuk melihat eksotismenya, Anda bisa menaiki tangga di sebelah kiri tanpa harus bersusah payah menaiki tebing.

7. Rasakan keajaiban keindahan pelangi di air terjun

Percikan air Terjun Janji yang meluap memecah cahaya warna-warni bagai pelangi. Pemandangan ini menjadi pesona unik yang membuat wisatawan terkesima saat melihatnya.

8. Unggah foto yang bagus

Meskipun Anda berada di ketinggian, Anda tidak perlu khawatir dengan penerimaan internet. Terdapat akses internet gratis di kawasan ini sehingga memudahkan Anda mengunggah foto ke media sosial.

Selain untuk melengkapi profil, unggahan foto juga menjadi salah satu promosi menawan Wisata Air Terjun Janji.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun janjiFoto: Google Maps/Phery 88

Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, destinasi alam ini tentunya memiliki berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung seperti:

  • Spot foto yang menarik – Wisata Air Terjun Janji memiliki beberapa spot foto populer untuk diabadikan dengan kamera Anda. Diantaranya ada spot foto menghadap Danau Toba, Batu Besar di sisi air terjun dan titik utamanya yaitu air terjun.
  • Sumber air bersih – Aliran air terjun eksotik ini berasal dari mata air pegunungan dan tebing-tebing di sekitarnya. Masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
  • Stand pinggir jalan – Di stand at sights Anda dapat menikmati berbagai kuliner yang nikmat. Menikmati minuman hangat sambil memandangi air yang mengalir membuat suasana semakin berkesan.
  • zona tenang – Setelah seharian beraktivitas di lokasi, Anda dapat beristirahat di bawah pohon rindang atau di ruangan khusus untuk menghilangkan rasa lelah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan area tersebut. Bahkan di bebatuan pun Anda tidak perlu mencoret-coret.

Itulah beberapa pesona air terjun di Sumut, Air Terjun Janji. Jika Anda sudah cukup lama mengenal Danau Toba, kini saatnya membuka mata menikmati keindahan air terjun yang satu ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button