Tempat Wisata

Air Terjun Kali Pedati, perpaduan ketinggian yang menakjubkan dan sejarah yang mempesona di Probolinggo

Jelajahi Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo dengan ketinggian air terjun yang menakjubkan dan kaya akan sejarah. Temukan keajaiban alam dan warisan budaya di sini.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kali Pedati, Kalianan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Kali Pedati merupakan salah satu tempat wisata alam di Jawa Timur yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Objek wisata alam ini menawarkan panorama yang tidak ditawarkan air terjun lainnya, seperti ketinggian air terjun. Situs ini terletak di lereng Gunung Argopuro sehingga dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman yang rimbun.

Tak jauh dari Air Terjun Darungan, objek wisata cantik ini terdiri dari tebing batu vertikal di antara pepohonan lebat. Hal ini menimbulkan kesan bagus, sejuk dan segar. Banyak wisatawan yang datang berkunjung karena penasaran dengan segarnya sensasi air tersebut. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi menarik tentang Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Kali Pedati

Daya tarik air terjun Kali PedatiFoto: Google Maps/Ridho Aka Qomarizzaman

Keindahan lingkungan

Ingin kesembuhan dalam suasana tenang dan sejuk? Air Terjun Kali Pedati adalah jawabannya. Tempat wisata di Probolinggo ini menawarkan pesona keindahan yang tiada duanya. Perpaduan panorama air terjun, tumbuhan, pepohonan, tebing, dan langit biru memiliki kesan tersendiri.

Ketinggian air terjun

Perlu diketahui bahwa air terjun ini tingginya mencapai 20 m. Airnya yang jernih mengalir dan jatuh dari atas ke bawah sehingga menimbulkan tetesan air yang lebar-lebar. Saat mendekatinya, Anda akan merasakan kesegaran air terjun yang menggelegak.

Cerita yang menarik

Air Terjun Kali Pedati mempunyai cerita sejarah yang sangat menarik. Kepala Dinas Pariwisata Abu Sofyan pernah mengatakan nama Kali Pedati diambil dari nama sungai tersebut. Sungai tersebut dipercaya sebagai jalur kereta emas milik putri Raja Majapahit Prabu Brawijaya yang bernama Dewi Rengganis.

Saat itu Dewi Rengganis melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Argopuro. Daerah puncaknya antara lain Kabupaten Probolinggo. Namun saat perjalanan menanjak, kereta di air terjun ini mengalami kecelakaan dan rusak parah. Sedangkan Dewi Rengganis berhasil mencapai puncak air terjun.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Kepala Dinas Pariwisata mengatakan, hingga saat ini air terjun Kali Pedati belum banyak dijamah atau dijadikan objek wisata. Pada akhirnya, ia bersama 30 pemuda desa mempunyai ide untuk menjadikannya objek wisata alam. Pertama, mereka membersihkan pangkalan dengan membersihkan semak-semak dan membuat jalan menuju objek wisata.

Selanjutnya tempat wisata ini mereka manfaatkan sebagai tempat bermain atau nongkrong. Pada tanggal 15 Agustus 2019, Air Terjun Kali Pedati Probolinggo akhirnya resmi dibuka untuk umum. Banyak warga sekitar maupun masyarakat luar desa yang tertarik untuk berkunjung.

Mereka biasanya menghabiskan waktu luangnya berlibur di air terjun ini untuk melepas penat. Nantinya, pemerintah desa setempat berencana membangun objek wisata ini dengan menyediakan 4 paviliun di kawasan wisata serta kamar mandi dan toilet.

Hotel murah di Probolinggo

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Kali PedatiFoto: Google Maps/Loro Naim

Apakah Anda ingin mengunjungi air terjun cantik ini? Anda perlu mengetahui alamat lokasinya agar perjalanan Anda lancar dan sampai di tempat tujuan. Air Terjun Kali Pedati terletak di kawasan hutan lindung Properti 1A KPRH Dermi, Kab, Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menuju air terjun, dapat digunakan berbagai moda transportasi, baik roda dua maupun roda empat.

Namun sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi karena akses jalan yang cukup sulit untuk angkutan umum seperti bus besar. Dari kantor KRPH Krucil jarak berkendara kurang lebih 7 km, sehingga perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 15 hingga 30 menit tergantung kondisi jalan.

Setelah memarkir kendaraan di lahan milik warga, perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km. Jalurnya tidak sulit untuk dilalui karena relatif datar. Anda akan menemukan dua anak tangga bambu dan kemudian menyeberangi sungai kecil. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan dukungan GPS Google Maps untuk menuju kawasan wisata.

Sebelum sampai di kawasan wisata, Anda akan disuguhi tebing bebatuan menjulang tinggi yang seolah mengurung dan memikat pengunjung dari dunia luar. Namun keterasingan dan kepenatan tersebut diimbangi dengan terlihatnya berbagai satwa liar seperti burung, lutung, dan tupai di sepanjang jalan.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo, Anda tidak perlu menguras dompet karena biaya masuknya cukup terjangkau. Untuk masuk kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000 saja. Harga tiket parkir kini sudah cukup terjangkau karena berada di lingkungan warga.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Kali PedatiFoto: Google Maps/Jack Luar Ruangan

1. Santai

Wisata alam selalu menjadi tempat relaksasi. Selain itu panorama alam Air Terjun Kali Pedati masih alami dan terasa tenang serta segar. Anda bisa meluangkan waktu sejenak menikmati keindahan sambil bersantai di pendopo yang mengelilingi kawasan wisata.

2. Camping di kawasan Air Terjun Kali Pedati

Jika Anda ingin menikmati suasana wisata sepanjang hari, baik pagi, siang, siang atau malam, berkemah adalah ide yang sangat bagus. Tak perlu kesulitan mencari lahan untuk mendirikan tenda, karena objek wisata alam ini memiliki ruangan yang sangat luas untuk mendirikan tenda. Perlu diperhatikan, udara terasa dingin di malam hari.

3. Makan siang

Sebelum menuju lokasi, sangat disarankan untuk membawa makanan dan minuman karena tidak ada warung. Anda bisa menyiapkan makanan, jajanan, dan minuman di kawasan wisata sambil menikmati keindahan air terjun yang jatuh dan mengalir.

Perlu diingat bahwa lokasi ini merupakan kawasan hutan lindung oleh karena itu anda harus menjaga kebersihan selama berkunjung. Setelah Anda makan dan minum, bawalah sampah itu dan buanglah. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu ekosistem hutan, termasuk hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

4. Bermain air

Tentunya begitu sampai di Air Terjun Kali Pedati, Anda akan tergoda untuk langsung terjun ke dalam airnya karena tampilannya yang jernih dan segar. Beruntungnya, jalur ini memungkinkan pengunjung untuk bermain air dan merasakan sensasi sejuknya air menyentuh kulit. Anda bisa berendam dan bersantai untuk menghilangkan penat dan rasa bosan.

5. Ambil foto sebanyak yang Anda mau

Panorama wisata alamnya tak tertandingi keindahannya. Apalagi Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo memiliki nuansa yang eksotis. Rasanya tidak pantas jika Anda datang berkunjung tanpa mengabadikan momen tersebut. Anda bisa berfoto atau selfie bersama teman, keluarga atau orang tercinta dengan latar belakang air terjun yang indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas menuju air terjun Kali PedatiFoto: Google Maps/Pungki Nugroho

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pihak pengelola wisata dan pemerintah desa hanya menyediakan sedikit fasilitas untuk objek wisata alam ini. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi kenyamanan pengunjung, karena fasilitas yang disediakan seperti toilet, pendopo, dan tempat parkir kendaraan menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Demikian penjelasan hal menarik apa saja yang perlu Anda ketahui tentang Air Terjun Kali Pedati Probolinggo sebelum mengunjunginya. Dapat disimpulkan bahwa objek wisata alam ini masih tergolong alami dan natural karena belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Fasilitas yang diberikan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan Anda selama berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button