Tempat Wisata

Air Terjun Kedung Tolok, air terjun mempesona dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bantul

Air Terjun Kedung Tolok, air terjun mempesona dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bantul
Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: JJl. Imogiri Siluk, Kajor Kulon, Kecamatan Selopamioro. Imogiri, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Perbincangan mengenai destinasi alam di Indonesia tentu tidak akan pernah ada habisnya. Jika ingin merasakan wisata alam yang berbeda, Anda bisa mencoba datang ke Kedung Tolok. Kawasan wisata alam ini terletak di sekitar Bantul, Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta atau sedang ke sana wajib mengunjunginya.

Nuansa keindahan alam memang tidak bisa dipungkiri, apalagi saat Anda sedang berada di kawasan Kedung. Banyak hal menarik dan istimewa yang bisa ditemukan, seperti hijaunya dedaunan dan air yang sangat jernih. Sayang sekali jika Anda berwisata ke Yogyakarta namun tidak mengunjungi kawasan wisata alam ini.

Paket Tour Jogja 2 Hari 1 Malam (Candi Borobudur, Pemandangan Laut HeHa, Parangtritis dan Lainnya)

Daya Tarik Air Terjun Kedung Tolok

Daya Tarik Air Terjun Kedung TolokFoto oleh Waone Rakarwan di Google Maps

✦ Wisata pedesaan

Perlu diketahui bahwa kawasan wisata ini masih tergolong baru dan belum diketahui banyak orang. Dengan cara ini Anda bisa merasakan kondisi alam yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah orang. Daya tarik dari objek wisata alam ini adalah anda akan menjumpai kawasan wisata alam pedesaan yang sangat indah dan mempesona.

✦ Dikelola langsung oleh masyarakat setempat

Kawasan wisata Air Terjun Kedung Tolok dikelola langsung oleh pemerintah kota setempat. Meski begitu, masyarakat berusaha memberikan rasa nyaman kepada seluruh pengunjung yang datang. Hal ini diwujudkan melalui fasilitas yang disediakan. Untuk menuju objek wisata alam ini, Anda harus berkendara menyusuri jalur tebing.

Dengan cara ini Anda akan merasakan sensasi perjalanan yang cukup menantang. Semua itu akan terbayar begitu Anda sampai di objek wisata alam yang indah ini. Perjalanan ekstrem ini harus ditempuh minimal 10 meter. Disarankan untuk berhati-hati saat mengemudikan kendaraan melalui kawasan yang dikelilingi tebing ini.

✦ Perusahaan yang ramah

Mencapai objek wisata populer ini menjadi lebih mudah dengan rambu-rambu jalan. Jika Anda bingung atau ragu, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar. Masyarakat disini dinilai sangat ramah dan biasanya banyak wisatawan yang menemani untuk mencari kawasan wisata yang ingin dijadikan tujuan wisata.

Jeep Offroad: Pantai Parangtritis dan Taman Gumuk Pasir

✦ Memiliki tinggi kurang lebih 15 meter

Tempat wisata sebenarnya ditandai dengan halaman yang dipenuhi pohon jati. Di kawasan ini juga Anda akan menemukan tempat parkir kendaraan yang luas. Kedung atau air terjun di tempat wisata alam ini tingginya lebih dari 15 meter dan memiliki kemiringan 60 derajat. Terdapat banyak air terjun kecil di bahu Kedung Tolok Jogja.

✦ Asal nama

Penamaan destinasi wisata alam ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya genangan air atau yang biasa disebut warga sekitar dengan Kedung. Kemudian genangan ini diberi nama Tolok oleh masyarakat karena letaknya di dekat air terjun Kedung Tolok. Saat musim kemarau tiba, air terjun ini akan mengering, sedangkan kolamnya tidak akan mengering dan tetap terisi air.

Cek hotel murah di Bantul

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Kedung TolokFoto Novi Mutia Ningrum di Google Maps

Untuk menemukan kawasan wisata ini, Anda perlu mengunjungi Desa Selopamioro di Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kawasan desa ini dapat dengan mudah ditemukan melalui Google Maps. Namun, jika Anda sudah sampai di daerah pedesaan dan masih ragu dengan tempat wisata, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat.

Masuk ke Kawasan Wisata Alam Kedung Tolok Bantul yang baru ini tidak dipungut biaya. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah secara gratis. Ada banyak kesenangan dan aktivitas yang bisa dilakukan di area ini. Meski demikian, Anda tetap perlu menjaga kebersihan dan sopan santun saat bepergian. Usai bermain, siapkan baju ganti dan nikmati kesegaran airnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun Kedung TolokFoto oleh Bayu Ferdiyanto di Google Maps

1. Menikmati pemandangan alam

Anda yang suka mengunjungi destinasi wisata alam akan bisa sangat menikmati pemandangan yang sangat alami di Air Terjun Kedung Tolok. Alam yang sungguh alami mampu memberikan ketenangan dan udara segar. Semua itu akan Anda rasakan jika memutuskan untuk datang dan bersantai di kawasan Kedung.

Suara air terjun yang jatuh dari ketinggian juga menciptakan suasana lebih ramai namun tetap menyenangkan. Kawasan ini bisa Anda jadikan tempat terbaik untuk mencari ketenangan dan melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk biasanya. Hilangkan segala rasa penat dan stres dalam sekejap di destinasi wisata alam ini.

2. Relaksasi di kawasan air terjun Kedung Tolok

Anda bisa bersantai dengan memejamkan mata dan menenangkan hati serta pikiran. Kedamaian dan ketenangan pasti bisa Anda temukan di kawasan wisata ini. Anda bisa memilih untuk datang lebih awal agar aktivitas Anda bisa leluasa karena pengunjungnya tidak banyak. Hal ini akan membuat Anda lebih bahagia saat berlibur.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari relaksasi ini, seperti menghilangkan stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga membantu memperkuat imunitas tubuh. Membantu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Ada banyak efek baik yang bisa dicapai tubuh dengan relaksasi yang tepat.

3. Mengambil foto

Dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, berwisata tentunya tidak akan lengkap jika tidak berfoto dan mengunggahnya ke media sosial. Bisa dikatakan kegiatan ini merupakan agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan. Di kawasan wisata ini banyak terdapat spot foto alam seperti air terjun atau pepohonan tinggi yang hijau.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area parkir yang ditumbuhi pohon jati. Bisa dikatakan setiap sudut tempat wisata ini sangat mengesankan untuk dijadikan latar fotografi. Anda juga bisa mengambil video saat beraktivitas di kawasan wisata alam ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Kedung TolokFoto oleh Wahyu Riyadi Herjito di Google Maps

Meski tergolong baru, kawasan wisata Kedung Tolok memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Semua fasilitas yang ada dikelola secara khusus oleh masyarakat agar dapat berkembang dan dikenal lebih banyak masyarakat. Fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini salah satunya adalah lahan parkir kendaraan yang luas.

Selain itu, untuk menyelenggarakan ibadah keagamaan juga sangat mudah karena disajikan ibadah salat bagi para pengunjung di kawasan wisata ini. Kamar mandi dan toilet yang bersih juga mudah ditemukan. Anda akan merasa nyaman menggunakan setiap fasilitas yang ada karena semuanya terawat dan terawat.

Jika ingin bermain air dengan aman, Anda bisa menyewa ban karet. Jika bosan bermain, Anda bisa beristirahat sejenak dan makan bekal di area yang telah ditentukan atau membelinya langsung di warung makan yang ada di Kedung Tolok. Keseruan wisata alam ini pastinya tidak akan terlupakan dan sulit untuk dilupakan.

Mengunjungi destinasi wisata alam memang tidak pernah membosankan. Panorama yang dihadirkan selalu berbeda. Oleh karena itu, jika Anda berada di dekat Bantul, Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Air Terjun Kedung Tolok. Anda pasti akan merasakan ketegangan unik yang sangat mengesankan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button