Tak Berkategori

Air Terjun Lembah Anai, air terjun tersembunyi di kaki Gunung Singgalang Tanah Datar

Jelajahi Air Terjun Lembah Anai, cagar alam menakjubkan di Tanah Datar yang menawarkan beragam flora dan fauna dalam keindahan alam di kaki Gunung Singgalang.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Singgalang, Kec. Ten Koto, Cab.Tanah Datar, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu tempat penyembuhan terpopuler di Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Jika Anda sedang berwisata ke Sumatera Barat dan kebetulan berada di kawasan ini, wajib mampir ke air terjun ini.

Anda dijamin tidak akan melewatkan apa pun, karena alamnya yang masih begitu indah sangat cocok untuk menghilangkan penat dan stres. Apalagi, air terjun di kaki Gunung Singgalang ini punya banyak keistimewaan yang mungkin tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Apa yang unik darinya? Mari lihat.

Daya tarik air terjun Lembah Anai

Objek Wisata Air Terjun Lembah AnaiFoto: Google Maps/Sutan Syahrul Ramadhan

1. Berdekatan dengan rel kereta api lama

Meskipun air terjun biasanya terletak jauh dari jalan utama, kita harus berjalan bermil-mil untuk sampai ke air terjun. Hal ini tidak terjadi di Lembah Anai. Air terjun ini sangat unik karena dekat dengan rel kereta api tua dan jalan raya.

Bahkan ketika pengendara melewati kawasan jalan raya di Singgalang, keindahan air terjun bisa disaksikan. Tak sedikit dari pengendara tersebut kemudian berhenti sejenak untuk melihat air yang mengalir dari tebing tinggi.

Selain itu, terdapat deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang yang semakin menambah keindahan air terjun.

Ibarat perbukitan sebagai temboknya dan air terjun sebagai pintu masuknya, sungguh seperti sebuah lukisan yang terlihat sangat eksotis.

2. Cagar Alam Lembah Anai

Wisata Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Lembah Anai yang dikelola oleh Bagian Konservasi Badan Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II. Cagar alam ini terletak di ketinggian 400 hingga 850 meter di atas permukaan laut dan memiliki kawasan hutan tropis yang luas.

Terdapat berbagai jenis flora dan fauna di dalamnya, beberapa di antaranya bisa Anda jumpai saat pergi ke air terjun. Seperti Madang Babulu, Madang Jasai API, Kera Ekor Panjang, Siamang, Kancil, Tapir dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki tenaga untuk mendaki lebih jauh, Anda bisa melihat enam air terjun lainnya di cagar alam ini. Pendakian ke tujuh air terjun di Cagar Alam Lembah Anai ini bisa memakan waktu sekitar dua jam.

3. Saksi Bisu Agresi Militer Belanda II

Siapa sangka, indahnya air terjun Lembah Tanah Datar Anai yang menjadi destinasi wisata populer ini pernah menjadi saksi bisu peristiwa Agresi Militer Belanda Kedua beberapa tahun lalu.

Dimana para pejuang Republik Indonesia menjadikan daerah ini sebagai basis perlawanan terhadap penjajah. Hal ini dikarenakan Lembah Anai memiliki letak berupa perbukitan yang sempit dan terjal.

Sehingga para pejuang Minang bisa menggunakannya untuk memantau pergerakan Belanda dan bersembunyi.

Para pejuang ini bahkan mampu menghancurkan jembatan penghubung yang menghalangi gerak maju pasukan Belanda menuju Bukittinggi dan Padang Panjang.

Karena Lembah Anai yang berbukit-bukit, Belanda kesulitan menemukan pejuang Minang.

4. Mitos air terjun

Ada mitos unik yang diyakini masyarakat tentang Air Terjun Lembah Anai. Menurut kepercayaan warga sekitar, aliran air terjun ini berasal dari Telaga Dewi, tempat pemandian para dewi, sesuai dengan namanya.

Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa siapa pun yang mencuci muka dengan air terjun akan awet muda seperti para dewi.

Percaya atau tidak, sayang sekali jika datang ke sini tapi tidak merasakan kesegaran airnya.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Lembah AnaiFoto: Google Maps/Muhammad Imam Syuja'i

Kawasan wisata Air Terjun Lembah Anai terletak di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Bersama enam air terjun lainnya, air terjun ini merupakan bagian dari Cagar Alam Lembah Anai.

Jarak dari kota Padang sekitar 60 kilometer dan perjalanan darat memakan waktu sekitar lima jam.

Sambungan jalan bagus dan beraspal meski agak berkelok-kelok. Untuk mengakses air terjun ini tidaklah sulit, apalagi air terjun ini berada di jalan utama.

Bahkan dari jalan utama, pengunjung bisa melihat indahnya air terjun yang mengalir. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti kereta wisata.

Harga tiket masuk Air Terjun Lembah Anai di Tanah Datar adalah Rp. 5.000 Rp per orang, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp. 3.000. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir senilai Rp. 2.000 Rp. 15.000.

Mengenai jam operasional, meja wisata buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Jadi pastikan Anda tiba di antara waktu-waktu tersebut jika ingin datang ke sini.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Air Terjun Lembah AnaiFoto: Google Maps/Daniel Effendi

Bermain di air

Dengan air terjun cantik yang mengalir dari ketinggian sekitar 35 meter, semua orang pasti tergoda untuk bermain air di sini. Apalagi keindahan dan kejernihan air terjun yang terlihat dari kejauhan menambah ketidaksabaran pengunjung untuk sampai ke air terjun.

Air terjun Lembah Anai mengalir cukup deras sehingga sangat cocok untuk relaksasi. Anda bisa bermain di kolam di bawah yang terbentuk secara alami.

Sambil bermain air di tepi kolam, Anda bisa menikmati keindahan dataran tinggi Bukit Barisan yang hijau royo-royonya tampak menyegarkan di depan mata.

Cobalah wahana tubing di Kawasan Air Terjun Lembah Anai

Saat ini wahana kolek sudah tersedia di kawasan air terjun Lembah Tanah Datar Anai. Kolam di bawah air terjun cukup lebar dan dalam, sehingga Anda bisa mendekati aliran air terjun dengan perahu karet.

Wahana kolek ini dilengkapi dengan dayung dan jaket pelampung sehingga lebih aman. Anda juga dapat dengan mudah mengarahkan perahu mengelilingi kolam sesuai keinginan.

Wisata kuliner

Dari tempat parkir hingga air terjun, Anda akan menemukan banyak pedagang di sepanjang jalan. Terdapat toko-toko yang menjual makanan dan minuman serta berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tentunya yang sayang untuk dilewatkan adalah kuliner khas Sumatera Barat, apalagi jika Anda berasal dari luar daerah.

Seperti halnya ketan durian yang unik, rasanya pun nikmat meski mungkin terdengar agak aneh saat pertama kali mendengar menu ini. Harganya murah, mulai dari Rp 10.000 saja.

Trekking ke air terjun lainnya

Air Terjun Lembah Anai bukan satu-satunya yang ada di Cagar Alam Lembah Anai. Masih ada enam air terjun lagi yang tak kalah indahnya. Jika masih punya tenaga, Anda bisa mendaki ke beberapa air terjun ini.

Salah satunya adalah Air Terjun Proklamator yang letaknya berada di atas aliran sungai air terjun ini. Anda akan menemukannya di seberang Restoran Mangguang, sekitar 30 menit berjalan kaki dari air terjun pertama.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas menuju air terjun Lembah AnaiFoto: Google Maps/Benrizal Efendi

Fasilitas wisata yang ada di kawasan wisata Air Terjun Lembah Anai Tanah Datar semakin hari semakin lengkap. Tempat parkir terdiri dari beberapa kantong parkir sehingga terdapat ruang untuk banyak kendaraan. Lalu di kawasan wisata tersebut terdapat banyak toilet dan puluhan lapak wisata.

Tidak hanya menjual aneka makanan dan minuman, namun ada juga yang menjual oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bagi yang beragama Islam, bahkan terdapat masjid di kawasan wisata ini sehingga tidak akan kesulitan dalam menjalankan ibadahnya.

Menarik bukan air terjun Lembah Anai ini? Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, datang ke sini juga sangat menyenangkan. Yuk ajak keluarga dan temanmu berlibur ke sini!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button