Tempat Wisata

Air Terjun Leuwi Lieuk, surga tersembunyi yang menyegarkan di Sentul Bogor

Harga tiket: Rp 25.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Gunungwangun, Desa Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan. Sukamakmur, Kab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Ada banyak tempat wisata seru dan menarik di Kabupaten Bogor, salah satunya Curug Leuwi Lieuk. Destinasi wisata di bogor ini sungguh indah, eksotik dan pasti membuat setiap mata yang melihatnya akan tersadar akan keindahan air terjunnya.

Oleh karena itu, tempat ini dinamakan Leuwi Lieuk yang artinya melihat ke kedalaman air terjun yang paling dalam. Sajiannya yang beragam membuat wisatawan penasaran dan Curug Leuwi Lieuk Sentul tidak pernah sepi apalagi di akhir pekan.

Jika Anda dan keluarga atau teman sedang bingung mencari tempat liburan, wisata alam di Bogor bisa menjadi alternatif destinasi liburan terbaik. Rasa penat, bosan, bosan, gelisah dan gelisah langsung hilang begitu melihat keindahan yang tersaji disana.

Daya tarik air terjun Leuwi Lieuk

Air terjun Leuwi Lieuk Bogor yang indahfoto dari Tur ke Bogor di Twitter

Tempat wisata akan seru dan menarik apabila mempunyai daya tarik yang dapat menarik wisatawan. Karena ini merupakan syarat terpenting bagi pengunjung untuk bisa menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Berbagai atraksi disuguhkan kepada wisatawan di Curug Leuwi Lieuk dengan tujuan agar selalu merasa nyaman dan santai.

Daerah sejuk dan menyegarkan

Akibat pemanasan global, cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia menjadi tidak menentu dan terkadang cuaca panas menyengat hingga membuat badan lemas dan kurang semangat.

Oleh karena itu, liburan ke tempat wisata alam yang sejuk dan menyegarkan sangatlah penting. Inilah salah satu daya tarik Curug Leuwi Lieuk Bogor. Saat Anda berada di tempat ini, keindahan pesona alamnya akan membuat Anda sejenak melupakan berbagai permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pesona alam mulai dari hijaunya pepohonan, air yang mengalir hingga hembusan angin menciptakan suasana yang menenangkan dan menyejukkan jiwa. Oleh karena itu, air terjun ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari tempat liburan dengan udara sejuk dan bebas polusi.

Air terjun yang bersih dan jernih

Populasi penduduk yang semakin padat dan banyaknya berdirinya pabrik membuat beberapa daerah sangat sulit mengakses air bersih. Kalau ada air bersih, belum tentu jernih dan menyegarkan.

Namun di Curug Leuwi Lieuk Anda akan melihat dan merasakan air yang bersih, jernih dan menyegarkan. Kelimpahan air dan sifatnya selalu terjaga karena berasal dari pegunungan, mengalir menuruni bukit, mengalir melalui air terjun hingga mencapai laut.

Jika Anda penasaran dan ragu, segera siapkan kamera atau ponsel terbaik dan lihat serta rasakan sendiri betapa bersih, jernih, dan segarnya air di sana. Tidak ada salahnya mencicipi kesegarannya dengan meminumnya sedikit.

Mirip dengan Green Canyon Pangandaran

Daya tarik Curug Leuwi Lieuk selanjutnya adalah tempatnya yang mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Ada beberapa kesamaan dari kedua tempat wisata tersebut, yaitu warna airnya yang hijau kebiruan terlihat dari jauh, aliran air menuju sungai melalui dua bukit, dan tembusnya gua yang tidak terlalu besar.

Banyak pengunjung yang mengatakan kalau objek wisata alam ini mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Bagi yang pernah mengunjungi kedua tempat ini, tentu ada kemiripannya.

Selain itu, kedua tempat wisata Green Canyon dan Leuwi Lieuk ini terletak di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan menawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Leuwi Lieuk SentulFoto oleh Hardanta Putra di Google Maps

Jika wisatawan ingin berkunjung ke tempat wisata Curug Leuwi Lieuk, tempat ini terletak di Jalan Gunungwangun, Desa Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jika Anda lebih familiar dengan kawasan perbukitan Sentul, tempat ini bisa Anda temukan di kawasan perbukitan sana. Jarak dari Taman Bundaran Nirwana Sentul menuju lokasi sekitar 16 km sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 1 jam.

Jika wisatawan berangkat dari terminal harus mengambil jalur barat laut melalui Jalan Raya Bogor. Kemudian menuju tol Jagorawi dan keluar melalui jalur menuju Sentul City.

Sesampainya di pintu keluar, ambil jalur menuju Jalan MH. Thamrin, lalu mengarahkan kendaraan menuju bundaran. Selanjutnya ambil exit #2 atau tetap di Jalan MH. Thamrin, lalu masuk ke Jalan Bali hingga mencapai bundaran berikutnya.

Lanjutkan berkendara menuju Jungleland Avenue, lanjutkan menuju Jalan Wangon dan Cibadak dan parkir kendaraan Anda di sana.

Biaya masuk air terjun Leuwi-Lieuk

Tiket masuk kawasan Curug Leuwi Lieuk cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 per orang baik anak kecil, remaja maupun dewasa. Harga di atas sudah termasuk dua titik masuk yang akan dilalui wisatawan.

Sedangkan biaya parkir mobil Rp 10.000 dan sepeda motor Rp. 5.000. Harga ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pedoman yang dikeluarkan pihak pengelola.

Kawasan air terjun di Bogor ini buka mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB dan buka setiap hari kecuali hari libur. Disarankan untuk mengunjungi tempat tersebut pada musim kemarau karena medan dan tempat wisata lebih ramah.

Saat musim hujan, medan di sekitar air terjun menjadi cukup licin karena jalan yang masih terbuat dari tanah alami sehingga kurang menguntungkan saat musim hujan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di air terjun Leuwi LieukFoto oleh Astried Marini di Google Maps

Kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan wisatawan yang penasaran dengan Curug Leuwi Lieuk? Di sini kamu akan menemukan berbagai hal menarik yang bisa dilakukan di tempat ini!

1. Cari foto-foto indah

Di era digital dan era komunikasi seperti saat ini, sayang sekali jika kita melewatkan berbagai tempat indah, cantik, dan menarik tanpa terdokumentasi. Mengirim dan menyimpan ke media sosial yang ada merupakan kegiatan wajib.

Oleh karena itu, bagi para pemburu dan kolektor foto, wisata air terjun di Bogor ini sangat cocok untuk mencari foto-foto indah dan eksotik.

Karena keindahan pesona alamnya, perbukitan yang penuh pepohonan dan bebatuan, serta aliran air yang bersih dan jernih dengan suara yang memanjakan telinga, sangat layak untuk difoto dan direkam.

Ditambah dengan udara yang sejuk dan segar, pepohonan yang bergoyang serta air yang jatuh dari ketinggian, tubuh langsung memberikan pose terbaik untuk diabadikan.

2. Berenang dan bermain air

Aktivitas yang menarik dan digemari wisatawan adalah berenang dan bermain air di Curug Leuwi Lieuk. Rasa penat selama perjalanan, timbulnya rasa capek, jenuh dan bosan tiba-tiba hilang begitu saja ketika melihat air yang bersih dan jernih.

Bahkan banyak wisatawan yang langsung ingin mandi, berenang, dan bermain air di sana. Bagi yang tidak bisa berenang atau ingin bersantai di atas air, tempat ini juga menawarkan persewaan ban renang.

Jangan khawatir atau meragukan kualitas air di air terjun ini karena sangat bersih, jernih dan segar serta tidak mengandung campuran bahan kimia apapun.

Airnya sangat aman untuk semua orang, apalagi aliran air di sana cukup rendah, aliran airnya tidak cepat dan tidak lambat serta aman untuk segala usia.

Kesegaran ini akan semakin terasa jelas saat berada di bawah air terjun. Dengan pose terbaik dan terdokumentasi, ini adalah salah satu tempat terbaik untuk fotografi.

3. Menyelam di tebing di Leuwi Lieuk

Khusus bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin, mencari sesuatu yang ekstrim dan penuh tantangan, ada kawasan untuk itu di Curug Leuwi Lieuk. Loncat tebing.

Tempat ini memiliki ketinggian 3 meter, 5 meter dan sampai 7 meter diantara dinding batu yang ada dan sangat cocok untuk melaksanakan atraksi tersebut.

Banyak pengunjung yang melakukannya Loncat tebing dan didukung oleh keluarga atau temannya dalam mengabadikan atraksi tersebut. Karena menyelesaikan tantangan ini akan menambah semangat mereka untuk menghilangkan rasa takut akan ketinggian dan merasa segar saat mendarat di bawah.

4. Bersantai dan menikmati pemandangan alam

Setiap orang mempunyai karakter, selera, dan hobi yang berbeda-beda. Bagi wisatawan yang berjiwa santai dan romantis serta menyukai keindahan alam, Curug Leuwi Lieuk juga sangat cocok sebagai tempat bersantai menikmati pemandangan alam yang indah dan eksotik.

Pepohonan yang hijau dan asri, udara bersih dari polusi, udara sejuk dan segar, sangat cocok dinikmati sambil minum kopi. Ngobrol dengan kekasih membuat hubungan Anda semakin harmonis dan romantis.

Jadi jangan pernah berencana ke sana sendirian karena tempat ini lebih seru jika dikunjungi bersama teman, keluarga, atau orang tercinta.

5. Berkemah

Bagi wisatawan yang berkemah, Curug Leuwi Lieuk juga memiliki tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam. Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda, membuat api unggun di malam hari, serta mendengarkan suara-suara merdu dan syahdu hewan malam.

Selain itu, jika semua itu dilakukan bersama-sama dengan keluarga, secara tidak langsung dapat mendidik mereka untuk hidup lebih mandiri dan sederhana. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan membayar Rp. 40.000 hanya untuk sewa dan pemeliharaan properti.

6. Kunjungi Leuwi Hejo

Apabila pengalaman di air terjun Leuwi Lieuk kurang memuaskan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju air terjun terdekat yaitu Leuwi Hejo yang hanya berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki.

Jalur menuju Leuwi Hejo harus menaiki beberapa anak tangga sehingga memerlukan kebugaran jasmani yang baik karena medan yang cenderung menanjak.

Leuwi Hejo sendiri merupakan air terjun yang lebih kecil, tidak terlalu tinggi, dikelilingi bebatuan dan tumbuhan liar. Kolam alaminya yang dangkal menjadikannya tempat yang ideal untuk aktivitas seperti berenang, menyelam ringan, dan permainan air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas menuju air terjun Leuwi LieukFoto oleh Marfudin Dower di Google Maps

Fasilitas pendukung di Curug Leuwi Lieuk masih sangat terbatas, namun secara umum tersedia tempat wisata. Beberapa fasilitas yang dapat ditemukan adalah toilet umum. Toilet ini bisa digunakan bagi wisatawan yang ingin buang air agar tidak terlambat.

Selain itu, terdapat pula musala bagi pengunjung yang ingin menunaikan ibadah keagamaan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Yang Maha Esa. Terdapat juga ruang cuci piring. Pengunjung yang selesai berenang dan bermain air bisa memanfaatkan tempat ini untuk menyegarkan badan selama perjalanan.

Fasilitas penunjang selanjutnya adalah tempat parkir kendaraan yang cukup luas mampu menampung puluhan mobil dan sepeda motor wisatawan.

Setelah mengetahui apa saja yang menarik dari Curug Leuwi Lieuk, tak ada alasan lain selain mengunjungi tempat wisata alam indah dan eksotik di Bogor ini. Mengundang teman, keluarga atau orang tercinta akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button