Tempat Wisata

Air Terjun Penganten : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Air Terjun Penganten : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Curug Penganten merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menonjolkan keindahan air terjunnya. Tidak seperti wisata lainnya. Curug Penganten menyimpan segudang rahasia dibalik keindahannya.

Air Terjun Pengantin bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Alam yang indah, pepohonan yang tinggi, dan dedaunan yang hijau membuat objek wisata ini terasa tenang dan tenteram.

Air Terjun Pengantin terletak di ketinggian 1.050 meter di bawah permukaan laut. Air terjun Curug Penganten juga tingginya sekitar 50 meter. Ada yang unik dari air terjun Curug Penganten ini. Keunikannya terletak pada dua air terjun yang saling berhadapan. Hal itulah yang membuat air terjun di Bandung, Jawa Barat ini terkenal.

Fasilitas di Air Terjun Penganten

Berbeda dengan wisata air terjun lainnya. Fasilitas di air terjun pengantin ini terkesan minim dan kurang dikelola dengan baik oleh pemerintah. Tidak ada toilet di kawasan air terjun Curug Penganten. Jika ingin ke toilet harus berjalan sedikit ke Wisata Alam Katumiri. Anda bisa menggunakan toilet di sana. Jika tidak, wisata air terjun Curug Penganten terkesan terbengkalai dan tidak terurus. Namun meski fasilitas yang ada masih minim, air terjun Curug Penganten tetap terlihat asri.

Sejarah Air Terjun Pengantin

Beberapa pengunjung yang datang ke wisata air terjun Curug Penganten pasti penasaran. Anda pasti bertanya-tanya kenapa air terjun ini dinamakan Curug Penganten? Penganten adalah pengantin menurut bahasa Sunda.

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa nama air terjun tersebut adalah Curug Penganten Curug Maralayang. Ada dua versi cerita pergantian nama air terjun Penganten. Dari sumber disbudparkbb.id. Pertama, sepasang pengantin meninggal karena bunuh diri di Air Terjun Curug.

Menurut versi kedua, kedua mempelai meninggal karena dibunuh. Dan yang mengagetkan lagi, tubuhnya hanyut terbawa arus air terjun Curug. Konon akibat kejadian tersebut, air terjun Curug berdiri berdampingan layaknya sepasang pengantin. Oleh karena itu, Air Terjun Curug Malayang berganti nama menjadi Air Terjun Curug Penganten.

Keindahan air terjun Curug Penganten

Tak perlu bertanya betapa indahnya air terjun Curug Penganten. Meski keberadaan air terjun ini begitu misterius, namun tidak mengurangi keindahannya. Dengan ketinggian air sekitar 50 meter, air terjun ini tampak tinggi dan terjun. Arus deras yang mengalir melewati bebatuan besar membuat air terjun ini tampak murni.

Terdiri dari dua air terjun dan seolah menjadi bonus bagi pengunjung. Pepohonan yang tinggi, tempat yang sepi, deretan bebatuan dan dedaunan yang hijau menambah keindahan air terjun Curug Penganten.

Jangan takut dengan mitos, nikmati keindahan air terjun ini dengan tenang. suara gemericik air. Dedaunan hijau dan kicauan burung yang nyaring menciptakan suasana tenang. Dalam suasana seperti ini akan muncul ide-ide cemerlang yang sangat dibutuhkan bagi para penulis skripsi. Tempat wisata ini cocok bagi mahasiswa yang membutuhkan inspirasi dalam menulis skripsi.

Baca juga : Waterboom Nagrak, tempat wisata bermain air bersama keluarga

Berburu foto di air terjun Curug Penganten

Curug Curug Penganten cocok untuk berburu foto. Tempat yang tepat sebagai objek adalah di bawah air terjun seberang. Di sini Anda akan mendapatkan foto sempurna dari air terjun di seberangnya. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto di bawah setiap air terjun.

Lebih indah lagi jika mengambil foto saat terik matahari menembus air terjun. Karena pada titik ini air terjun akan terlihat seperti pelangi yang mengalir di dalam air.

Peta lokasi air terjun Curug Penganten

Harga tiket air terjun Curug Penganten

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang (tidak termasuk parkir kendaraan)

(Pembaruan September 2023)

Jam Buka Air Terjun Pengantin

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di air terjun Curug Penganten

Jika Anda ingin berlibur menikmati keindahan Air Terjun Curug, sebaiknya dilakukan saat musim hujan mulai. Sebab ketika musim hujan tiba, aliran air terjun menjadi semakin deras. Hal ini menambah keindahan air terjun tersebut. Namun jika Anda berlibur saat musim hujan, air di sekitar air terjun akan terlihat berwarna coklat. Karena air bercampur dengan tanah.

Namun jika ingin melihat keindahan Air Terjun Curug Penganten dengan kejernihan airnya. Oleh karena itu disarankan agar Anda datang pada musim kemarau. Sebab pada musim kemarau airnya terlihat sangat jernih seperti kaca. Jangan terlalu sering minum-minum saat menginap di tempat wisata air terjun ini karena jarak kamar Madndi dengan tempat wisata cukup jauh.

Galeri Foto Air Terjun Pengantin

Potret Air Terjun Pengantin di Bandung
Berburu foto di bawah air terjun
Spot foto di bebatuan besar
Berburu foto romantis
Potret air terjun dari atas
Keindahan air terjun pengantin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button