Tempat Wisata

Air Terjun Putri Carita, rasakan sensasi petualangan ala Green Canyon di Pandeglang

Air Terjun Putri Carita, rasakan sensasi petualangan ala Green Canyon di Pandeglang

Rasakan sensasi petualangan ala Green Canyon di Curug Putri Carita. Air terjun ini menawarkan rute trekking yang tidak biasa. Bagaimana daya tariknya?

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 07.30 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Raya Carita, Sukarame, Kab. Carita, Cab.Pandeglang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Banten terkenal dengan beragam destinasi wisata alam yang memikat hati. Salah satunya destinasi liburan populer: Curug Putri Carita. Air terjun ini dijuluki Little Grand Canyon karena tebingnya yang sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Bagian tebing sungainya begitu memukau dan tak sedikit orang yang berfoto saat datang ke sini.

Suasana di kawasan air terjun menakjubkan ini masih terjaga kelestariannya. Sepanjang perjalanan Anda juga bisa mengamati flora dan fauna yang lalu lalang di sekitar air terjun. Air terjun ini terletak di dekat objek wisata Pantai Carita dan Taman Hutan Rakyat. Dengan cara ini wisatawan merasakan sensasi petualangan yang akan selalu mereka ingat.

Menurut cerita rakyat, Curug Putri konon merupakan tempat pemandian Ki Roncang Omas dan Nyai Putri Rincik Manik yang datang dari kahyangan. Kepercayaan masyarakat setempat tersebut didukung dengan adanya pelangi yang muncul dari puncak Gunung Pulosari. Maka tidak salah jika banyak orang yang datang kesini untuk menikmati keindahan Air Terjun Kayangan ini.

Lihat penawaran hotel di Pandeglang

Objek wisata yang ditawarkan oleh air terjun Putri Carita

Objek wisata di air terjun Putri CaritaFoto: Instagram/Curug Putri Carita

Wisata air terjun ini berlangsung di kawasan yang dulunya dianggap suci oleh penduduk setempat. Namun berkat kerja keras Perhutani, kawasan ini menjadi objek wisata alam yang menarik. Berikut ini adalah daya tarik Air Terjun Putri Carita.

✦ Pesona Little Green Canyon Indonesia

Air terjun di tempat wisata di Menwan ini berwarna hijau kebiruan dan mengalir melalui dua tebing batu besar. Pemandangan ini mengingatkan kita pada keindahan Green Canyon di Pangandaran. Mengunjungi tempat ini pasti akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Meski medannya menantang, namun rasa lelah Anda akan terbayar saat sampai di air terjun.

Perjalanan menuju air terjun ini tidak hanya sekedar perjalanan fisik tetapi juga petualangan menemukan keajaiban alam dan menyatu dengan alam sekitar. Jadi persiapkan kondisi terbaik untuk wisatawan dan nikmati setiap momen liburan Anda.

✦ Jalur jalan kaki menuju lokasi

Jangan berpikir bahwa akses ke lokasi akan melalui akses jalan beraspal yang nyaman. Namun wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 2 km naik turun yang penuh tantangan dan rintangan. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 50-60 menit. Di sini pun akses jalan licin. Harap berhati-hati dan memakai sandal gunung di lokasi.

Selama perjalanan, pengunjung disuguhi keindahan hutan lebat beserta penghuninya. Wisatawan kerap berkesempatan melihat monyet bermain di dahan pohon. Gemuruh alam dan kicauan burung memberikan perasaan damai dan tenteram, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Tur Pulau Sangiang 2D1N dari Anyer

✦ Sungai

Meski mempunyai nama air terjun, namun sungai menjadi daya tarik utama objek wisata alam ini. Curug Putri Carita merupakan air terjun yang mengalir dari celah tebing tinggi menuju sungai di bawahnya. Karena sungai dan kolam yang tercipta dari sungai ini, wisatawan disarankan untuk membawa pakaian ganti saat berkunjung ke sini.

Di sekitar sungai, wisatawan akan menemukan permukaan batu yang dipenuhi akar, dedaunan, dan ranting. Tetesan air menetes dari dinding dari atas tebing. Banyak batu-batu besar di sepanjang alur sungai yang sangat seru untuk dilewati. Perasaan menyusuri sungai di sini adalah sesuatu yang tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat di Air Terjun Putri CaritaFoto: Instagram/Curug Putri Carita

Air terjun ini terletak di Jalan Raya Carita, Sukarame, Kecamatan Carita, Pandeglang, Jawa Barat. Air terjun ini letaknya relatif jauh dari pusat kota dan terletak di ujung barat Provinsi Banten. Jarak dari pusat kota Pandeglang kurang lebih 45 km. Waktu tempuh dari pusat kota kurang lebih satu setengah jam.

Jalur pertama yang bisa ditempuh pengunjung adalah jalur Cilegon-Anyer. Pada jalur ini waktu tempuh dari Serang adalah tiga jam. Rute kedua adalah Pandeglang-Carita dan memakan waktu sekitar empat jam dari Serang. Jalur di atas dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum, namun jalur Cilegon-Anyer lebih mudah ditempuh melalui jalan darat.

Perjalanan sehari ke Pulau Oar Pandeglang

Biaya masuk wisata bahari

Pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan air terjun ini bisa melakukannya dengan harga terjangkau. Biaya masuknya cukup murah dan tidak memberatkan. Jika ingin menjelajahi sungai ditemani pemandu, dikenakan biaya tambahan. Biaya masuknya Rp 15.000, sedangkan jasa pemandu sungai mulai dari Rp 50.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di air terjun Putri CaritaFoto: Instagram/Curug Putri Carita

Air Terjun Putri Carita merupakan destinasi wisata alam yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai sensasi petualangan dan keindahan alam. Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menikmati keindahan alam sekitar, tapi juga berjalan-jalan di sekitar air terjun dan melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya. Di bawah ini Anda akan menemukan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di lokasi.

1. Sepanjang sungai

Jalur sungai yang jernih menjadi jalur utama untuk menyusuri sungai di Curug Putri Carita. Saat menyusuri sungai, wisatawan dipandu oleh pemandu dan mengenakan jaket pelampung. Panjang jalur punggungan sungai ini sekitar 50 meter. Kegiatan ini mengarah ke tempat yang sangat stagnan.

Nuansa tebing sungai yang mengingatkan kita pada Grand Canyon sangat cocok dijadikan latar foto selfie Anda. Dinding sungai yang pada dasarnya berupa tebing memberikan kesan pemandangan yang eksotis. Formasi dinding yang diukir oleh alam ini terlihat sangat rapi dan indah. Wisatawan bisa berdiri di tengah sungai dan mengambil foto-foto asyik sambil memandangi tebing.

Harap berhati-hati jika ingin memanjat dinding sungai karena permukaan dindingnya licin. Menyusuri sungai ini akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan. Timbul perasaan menyatu dengan alam. Jadi bersiaplah menghadapi tantangan rute dan nikmati keindahan alam air terjun ini.

2. Berenang di air terjun Putri Carita

Setelah menyusuri sungai, pakaian Anda pasti akan basah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mandi dan bermain air di bawah air terjun. Garis finish dari kegiatan melintasi sungai ini ada di air terjun. Ujung sungai adalah air terjun. Curug Putri tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 3 meter. Namun aliran airnya yang cukup deras dan juga dingin membuat badan terasa segar.

Kedalaman danau di bawah air terjun hanya sekitar 1 meter sehingga membuat kolam ini relatif aman bagi sebagian besar wisatawan. Air terjunnya berada di celah dinding sungai yang sangat sejuk. Kawasan ini juga kerap menjadi tempat selfie populer para wisatawan. Mereka biasanya berpose di depan air terjun atau memanjat tembok.

3. Bersantai di tepi sungai

Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air, wisatawan bisa naik ke tempat yang lebih tinggi untuk menikmati momen bersantai. Nikmati pemandangan ngarai hijau kecil yang tidak bisa ditemukan. Keindahan alam ini terasa begitu lengkap karena udaranya yang segar dan bersih. Sekalipun Anda hanya duduk santai, pikiran dan tubuh Anda akan terasa benar-benar rileks.

Selain itu, aktivitas duduk santai ini ditemani dengan secangkir kopi atau teh dari kedai setempat. Biasanya, warung-warung ini juga menawarkan pilihan masakan khas Jawa Barat untuk dinikmati bersama keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas di Air Terjun Putri CaritaFoto: Instagram/Curug Putri Carita

Pengelola wisata telah menyiapkan fasilitas pendukung bagi setiap pengunjungnya. Fasilitas yang dapat digunakan antara lain toilet, WC, warung, dan mushola. Fasilitas penyeberangan sungai kini meliputi paket pemandu, dokumentasi, dan jaket pelampung. Sayangnya, lokasi parkir objek wisata alam ini cukup jauh dari lokasi.

Air Terjun Putri Carita akan terasa lebih menyenangkan saat musim kemarau atau cuaca cerah. Sebab, saat hujan, penyeberangan sungai tidak bisa dilakukan karena limpasan air lebih deras dari biasanya. Oleh karena itu, aturlah jadwal liburan Anda dan nikmati petualangan menyusuri sungai ala film petualangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button