Tempat Wisata

Air Terjun Randusari, tempat terbaik menikmati keindahan air terjun di Bantul

Air Terjun Randusari, tempat terbaik menikmati keindahan air terjun di Bantul
Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 06.00-17.30 WIB, Alamat: J L. Randusari No. Rt 03, Rejosari, Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pemilihan destinasi menarik untuk liburan memang perlu diperhatikan. Banyaknya pilihan terkadang membuat seseorang kebingungan saat mengambil keputusan. Selain itu, terkadang tujuan yang diinginkan tidak sesuai harapan. Menurut Anda apa solusi terbaiknya?

Bagi yang senang menghabiskan liburan di alam terbuka bisa memilih destinasi wisata air terjun. Salah satu kawasan yang sedang populer dan banyak diperbincangkan adalah Air Terjun Randusari di Bantul, Yogyakarta. Apa saja yang bisa ditemukan dalam tur menarik ini? Biar nggak makin penasaran, ulasan lengkapnya bisa kamu simak di sini.

Jogja Day Tour: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Daya tarik air terjun Randusari

Daya Tarik Air Terjun RandusariFoto oleh Nanda Has di Google Maps

✦ Banyak ditemukan pohon randu

Daya tarik pertama yang bisa dilihat dari kawasan wisata ini adalah banyaknya pohon kapuk. Oleh karena itu air terjun ini disebut juga Randusari. Bagi Anda yang masih asing dengan pohon kapuk, biasanya masyarakat juga menyebut pohon ini dengan nama pohon kapas. Arti kata Randu adalah bersih.

Saat ini Sari dimaknai sebagai yang utama. Secara gabungan dapat diartikan sebagai sumber utama air bersih. Alasan penamaan ini karena masyarakat memanfaatkannya sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Airnya yang bersih membuatnya cocok untuk memasak dll.

✦ Panorama yang menakjubkan

Daya tarik lain yang tak kalah menariknya adalah pemandangan alam sekitar yang mempesona. Jika Anda memang datang dengan tujuan mencari ketenangan dan menikmati pemandangan hijau, maka keputusan datang ke Air Terjun Randusari sangatlah tepat. Keindahan yang ditawarkan kawasan wisata ini tidak akan melebihi ekspektasi Anda.

Sebab keindahan yang ditawarkan sungguh menakjubkan. Jika Anda seorang pecinta alam, Anda pasti akan jatuh cinta dengan keindahannya yang mempesona. Memutuskan untuk tinggal lebih lama di kawasan air terjun ini sangatlah mungkin. Pasalnya, banyak wisatawan yang datang pada pagi hari dan baru meninggalkan tempat wisata pada sore hari.

Promo hotel di Bantul

✦ Keunikan air terjun

Keunikan terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah pemandangan kemegahan Air Terjun Randusari di Jogja yang muncul dari ketinggian. Air terjun ini diperkirakan memiliki tinggi sekitar 15 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. Bermain air dan menikmati kesegarannya menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan jika memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini.

Perlu diperhatikan bahwa dalam mengundang anak kecil perlu berhati-hati dan selalu memperhatikannya. Kolam yang sangat dalam ini tentunya cukup berbahaya bagi anak-anak. Oleh karena itu, pastikan Anda memantau setiap aktivitas anak Anda. Langkah ini diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama kunjungan wisatawan.

Selain bermain air, Anda juga bisa duduk santai dan berfoto di kawasan wisata ini. Pemandangan indah bisa dijadikan background foto unik. Selain air terjun utama, terdapat juga air terjun kembar yang menambah keunikan tempat wisata alam ini. Masyarakat memanfaatkan air terjun kembar ini untuk memenuhi kebutuhan irigasi.

Paket Tour Jogja 2 Hari 1 Malam (Candi Borobudur, Pemandangan Laut HeHa, Parangtritis dan Lainnya)

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun RandusariFoto oleh Ahmadlukmanp di Google Maps

Untuk menemukan air terjun ini, kunjungi Desa Jatimulyo di Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata populer ini bisa dengan mudah ditemukan melalui Google Maps. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rute terbaik dan tercepat Anda dapat memilih menggunakan aplikasi ini.

Perjalanan akan lebih mudah jika dilakukan dari pusat kota Yogyakarta. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Jalan Imogiri Timur menuju hutan pinus Mangunan. Sesampainya di kawasan hutan, ikuti rambu-rambu untuk menemukan tempat wisata air terjun. Bepergian dengan nyaman dengan kendaraan pribadi.

Bahkan jika Anda datang bersama rombongan atau keluarga, Anda tidak perlu membayar tiket masuk Air Terjun Randusari. Untuk menikmati keindahan dan kesegaran air terjun ini Anda hanya perlu membayar Rp 2000/orang. Tiket masuk tersebut nantinya digunakan untuk pengelolaan dan pemeliharaan tempat wisata alam.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun RandusariFoto oleh Human Earth di Google Maps

1. Berenang

Aktivitas pertama yang bisa dinikmati di kawasan wisata ini adalah berenang. Pastikan Anda memilih area yang lebih datar dan aman untuk menghindari risiko berbahaya. Berenang di bawah air terjun Randusari tentunya sangat menyenangkan karena sejuknya air membuat badan terasa lebih segar. Kegiatan ini pastinya akan sangat seru.

2. Menikmati keindahan alam Air Terjun Randusari

Selain bermain air, Anda juga bisa duduk santai dan menikmati keindahan alam. Pesona panorama cemerlang terbentang di Air Terjun Randusari. Selain pepohonan kapuk besar yang mengelilingi tempat wisata, Anda juga bisa melihat dan mendengar gemericik air yang jatuh dari ketinggian.

Mendengarkan suara air terjun ini dapat dijadikan media refleksi dan relaksasi. Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan saat bersantai dan fokus mendengarkan suara air. Hembusan angin seolah memberikan rasa sejuk abadi. Rasa tenang akan Anda rasakan ketika memilih aktivitas dan relaksasi di alam.

3. Mengambil foto

Saat ini, menghabiskan waktu traveling terasa kurang lengkap jika tidak berfoto selfie atau berfoto. Kegiatan ini terbilang wajib, apalagi jika Anda sedang mengunjungi kawasan wisata yang sangat indah seperti air terjun ini. Anda bisa menjadikan air terjun sebagai background foto atau pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan mata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun RandusariFoto oleh Ahmadlukmanp di Google Maps

Jika Anda memutuskan untuk berlibur di kawasan wisata Air Terjun Randusari, Anda akan menemukan tempat parkir luas yang mampu menampung banyak kendaraan. Akses menuju tempat wisata ini juga sangat baik sehingga dapat dilalui dengan berbagai jenis kendaraan. Selain itu, di sini Anda juga akan menemukan pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai dan beristirahat.

Fasilitas lainnya adalah toilet umum yang bersih. Tempat sampah juga bisa Anda temukan di beberapa lokasi wisata. Oleh karena itu, perhatikanlah kebersihannya dan jangan membuang sampah sembarangan. Terus lestarikan alam sekitar agar tempat wisata ini bisa terus dikunjungi.

Setelah seharian berada di kawasan wisata ini, tentu Anda akan merasa lapar. Jika tidak membawa perbekalan dari rumah, Anda bisa mengunjungi restoran yang ada di sekitar objek wisata. Kami jamin Anda tidak akan merasa lapar selama menginap di kawasan Air Terjun Randusari. Anda juga bisa menikmati hidangan lezat dan mengenyangkan di sana.

Memutuskan untuk berwisata ke kawasan wisata ini tentu akan sangat menyenangkan dan Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Bersantai dan duduk di tepi air terjun. Kalaupun seharian penuh berada di kawasan wisata air terjun ini, tidak akan ada rasa bosan. Karena keindahannya, semua orang bisa betah berada di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button