Tempat Wisata

Air Terjun Sawer: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Air Terjun Sawer: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 hingga 30 meter dan termasuk dalam kawasan wisata Situ Gunung. Air terjun ini dikelola oleh RPH Argalingga BKPH Maja KPH Majalengka. Karena air terjun ini terletak di ketinggian antara 900 hingga 1300 meter di atas permukaan laut, suhu di sekitarnya tergolong sejuk.

Dilihat dari namanya, tempat wisata alam ini memang sangat unik. Nama objek wisata ini berasal dari suara cipratan besar yang ada di tengah air terjun. Meski jauh dari pusat air terjun, Anda tetap akan disiram air dingin dan segar.

Curug Sawer menawarkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Bebatuan besar yang dikelilingi pepohonan rindang memberikan kesan menarik, dan aroma udara segar mampu melepas penat selama pekerjaan menumpuk. Curug Sawer layak masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Fasilitas di Curug Sawer

Mirip dengan fasilitas air terjun pada umumnya, di sekitar lokasi terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan khas Sunda, gorengan panas, dan minuman khas Sunda. Terdapat toilet umum dan ruang ganti pengunjung, serta tentunya juga terdapat musala. Tempat parkirnya luas dan terdapat pusat informasi jika ada pertanyaan.

Selain itu, terdapat area camping yang cukup luas dengan luas sekitar 5 hektar dengan tersedia beberapa blok. Tiap blok terdapat kamar mandi dengan air bersih. Jika tidak mempunyai perlengkapan camping atau tidak membawa perlengkapan camping, pihak pengelola menyediakan tenda dan perlengkapan camping lainnya.

Jika pengunjung belum terbiasa berkemah, pengunjung juga bisa menyewa akomodasi di sekitar air terjun. Ada banyak hotel, villa dan cottage. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi.

Sejarah Air Terjun Sawer

Lokasi Curug Sawer tepatnya berada di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Meski tempatnya tersembunyi, namun wisatawan kerap mendengarnya karena keindahan alamnya yang masih alami.

Pada zaman dahulu, air terjun ini dikenal sebagai tempat angker yang dikelilingi suasana magis dan mistis. Sebelum air terjun ini menjadi tempat wisata, air terjun ini sering digunakan untuk ritual mistis. Banyaknya ritual mistis yang dilakukan di sekitar tempat ini sehingga memaksa warga sekitar untuk membatasi aktivitasnya di kawasan ini.

Konon rangkaian Curug Sawer ini muncul setelah seorang sakti yang tinggal di kaki Gunung Ciremai mengadakan upacara Saweran di aliran Sungai Cipada untuk memperoleh keberkahan bagi dirinya dan keturunannya. Dia bermeditasi selama bertahun-tahun sampai dia meninggal. Menurut cerita yang diwariskan secara turun temurun, tubuh pertapa tersebut tidak dimusnahkan, melainkan kini menjelma menjadi seekor ular besar yang hidup secara gaib.

Baca juga : Pantai Ujung Genteng, pantai indah tepat di Samudera Hindia

Berburu foto di Curug Sawer

Bagi yang senang memotret keindahan alam bisa mengunjungi Curug Sawer. Anda bisa mengabadikan beberapa momen sekaligus dan juga mendapatkan objek-objek menarik seperti pemandangan sawah yang luas dan pepohonan yang menjulang tinggi.

Jangan lupa abadikan momen foto selfie Anda dengan memanfaatkan latar belakang air terjun yang indah. Anda juga bisa menggunakan drone untuk memotret atau merekam pemandangan alam Curug Sawer dari udara. Hasilnya pasti bagus.

Peta lokasi Air Terjun Sawer

Biaya masuk Air Terjun Sawer

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 10.000/orang
  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 15.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam Air Terjun Sawer

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur ke Curug Sawer

Berikut ini ikhtisar tips sebelum mengunjungi Curug Sawer

  • Sebelum mengunjungi air terjun pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan baik karena perjalanan akan sedikit melelahkan dan akan menguras tenaga.
  • Cuaca juga perlu diperhatikan, karena jika cuaca tidak mendukung maka harus ekstra hati-hati.
  • Anda harus membawa perbekalan yang cukup, seperti kotak obat dan makanan
  • Siapkan pakaian ekstra karena jernihnya air pasti akan menggoda Anda
  • Bawalah pakaian hangat karena tentunya suhu udara di sana juga sangat rendah karena kondisi geografisnya.
  • Kawasan sekitar air terjun sebagian besar masih terjaga dengan baik sehingga perlu diwaspadai satwa liar. Jangan heran jika Anda menjumpai hewan liar seperti monyet di perjalanan Anda.
  • Yang terpenting, sebagai traveler yang bertanggung jawab, Anda memastikan kebersihan di sekitar air terjun. Buanglah sampah pada tempatnya.

Itulah gambaran singkat mengenai tempat wisata Air Terjun Sawer yang memiliki sejarah mistis dan keindahan alam. Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan agar liburan Anda berjalan lancar dan pastinya menyenangkan. Semoga artikel ini dapat menghibur Anda dan mengucapkan selamat berlibur.

Galeri Foto Air Terjun Sawer

Potret Air Terjun Sawer di Sukabumi
Akses melalui jembatan gantung menuju Curug Sawer
Berburu foto di jembatan air terjun
Potret air terjun dari hilir
Berburu foto di bawah air terjun
Keindahan Air Terjun Sawer

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button