Tempat Wisata

Air Terjun Sipiso-Piso – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket Masuk

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Pembaten, Kec. Brand, Cab. Karo, Sumatera Utara.

Ketika mendengar nama Sumatera Utara, hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah Danau Toba. Danau legendaris ini memang menjadi ikon wisata provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Danau Toba juga memiliki destinasi eksotis yang ditawarkan, salah satunya Air Terjun Sipiso Piso.

Air terjun yang masih berada di kawasan Danau Toba ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 120 meter. Ketinggian air terjun yang unik ini tentunya menyimpan banyak pesona alam.

Panorama alam yang memukau di balik Danau Toba bagaikan permata tersembunyi. Keunikan dan keindahan panoramanya menjadi daya tarik tersendiri dan memikat hati setiap pengunjung yang berlama-lama di tempat indah ini.

Daya tarik air terjun Sipiso Piso

Kredit foto: Instagram Milenial TF Sumatera Utara

Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, wisata alam ini tentunya memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keistimewaan yang dimilikinya adalah letaknya yang tidak jauh dari Danau Toba. Hal ini membuat pemandangan air terjun Sipiso-Piso semakin mempesona dan menjadi daya tarik tersendiri.

1. Air Terjun yang Menjulang

Dengan ketinggian 120 meter, air terjun ini berdiri tegak dan menjulang tinggi. Fenomena tersebut tentunya menambah keunikan air terjun yang keren ini. Ukuran air terjun yang sangat tinggi tentunya menawarkan pesona alam yang tidak terdapat di tempat wisata lainnya.

Ketinggian air terjun ini menciptakan arus yang cukup deras sehingga menyebabkan air terjun ke bawah dengan deras. Dilihat dari kejauhan, derasnya air yang jatuh ke permukaan ini seperti sebilah pisau panjang yang tertancap di tanah. Tak heran jika nama air terjun ini adalah Piso yang berarti pisau.

2. Keindahan panorama alam yang tiada tara

Air Terjun Sipiso Piso yang berada di kawasan pegunungan dan perbukitan Danau Toba menciptakan panorama alam yang indah. Deretan bukit yang dihiasi pepohonan hijau akan menyegarkan mata setiap pengunjung.

Dalam perjalanan menuju pusat air terjun kecil ini, Anda akan disuguhkan suasana asri dan damai yang akan membuat jiwa Anda merasa damai dan rileks. Perpaduan pemandangan di kawasan air terjun yang indah ini menciptakan panorama alam yang sempurna yang akan memukau semua orang.

Keindahan wisata keren ini semakin terlihat saat pengunjung berada di atas air terjun. Dari ketinggian 120 meter yang membentang sejajar dengan air terjun ini, Anda bisa menikmati pemandangan panorama alam yang sangat luar biasa.

Anda akan merasa seperti berada di atas awan saat menikmati pesona Danau Toba dan air terjun yang indah ini. Tak heran jika objek wisata alam ini selalu menjadi magnet bagi wisatawan.

3. Mirage Indah

Air terjun Hits ini memiliki pemandangan yang begitu indah saat cuaca cerah di siang hari. Pembiasan sinar matahari yang masuk ke setiap tetes air terjun menciptakan warna yang sangat indah di set air terjun. Warna-warna cahayanya yang tampak seperti pelangi semakin mempercantik panorama air terjun.

Pemandangan pelangi yang indah ini hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah, saat sinar matahari jatuh sempurna ke air terjun. Fenomena alam yang begitu indah ditambah dengan kesegaran air terjunnya pasti akan membuat pengunjung betah berada disini.

4. Perbukitan hijau di atas air terjun

Air Terjun Sipiso Piso yang dimiliki objek wisata tersebutKredit Foto: Facebook Discovery Komodo Adventures

Berada di kawasan pegunungan, Air Terjun Sipiso Piso dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Pepohonan yang tumbuh subur di perbukitan bagaikan selimut hijau yang menutupi perbukitan. Hijaunya perbukitan berpadu dengan keindahan air terjun menambah kesan indah wisata alam ini.

Tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, pepohonan yang tumbuh subur di kawasan air terjun yang indah ini juga turut andil dalam menjaga kelestarian alam di dalamnya. Ekosistem yang bekerja sama dengan sangat indah hingga memukau semua orang yang melihatnya.

5. Lokasi di sebelah Danau Toba

Salah satu keistimewaan dari air terjun hits ini adalah letaknya yang tidak jauh dari Danau Toba. Pengunjung yang berkunjung ke tempat ini mendapatkan dua manfaat sekaligus, menikmati keindahan panorama air terjun sambil menikmati keajaiban Danau Toba di bawahnya.

Aliran air terjun yang indah ini pada akhirnya akan mengalir ke Danau Toba dan menjadi sumber pendukung banyaknya air di danau tersebut. Fenomena ini menunjukkan betapa indahnya harmonisasi alam bekerja, menciptakan tidak hanya keindahan tetapi juga kelangsungan hidup.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Sipiso PisoSumber gambar: Google Maps Yahya Goekiel

Air terjun cantik ini berada tidak jauh dari Danau Toba, lebih tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Brand, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Jika Anda sudah pernah ke Danau Toba, Anda hanya perlu pergi ke sana dengan rute yang sama.

Jarak Air Terjun Sipiso Piso dengan pusat Kota Medan sekitar 70 km. Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata alam ini dengan menggunakan sepeda motor, Anda bisa menempuh waktu sekitar 3 jam berkendara untuk sampai di tempat wisata tersebut.

Jangan khawatir bosan selama perjalanan menuju wisata hits ini. Panorama alam yang indah siap memanjakan mata Anda saat berwisata ke destinasi wisata alam ini.

Akses jalan menuju destinasi wisata juga cukup baik. Kondisi jalan yang sudah diaspal dengan badan jalan yang cukup lebar menjadi nilai plus bagi jalur jalan menuju destinasi wisata indah ini. Meski demikian, jalan menuju tempat wisata alam ini cukup berkelok-kelok sehingga Anda perlu berkonsentrasi saat berkendara.

Setelah sampai di lokasi, perjalanan anda disini belum berakhir. Ada sekitar 1000 anak tangga yang siap untuk memulai perjalanan Anda menuju pusat air terjun.

Untuk menuju air terjun Sipiso-Piso, pengunjung harus menaiki tangga dengan berjalan kaki. Akses menuju pusat air terjun sangat memadai sehingga sangat mudah untuk dilalui.

Perjalanan menuju air terjun tidak akan melelahkan karena hanya jalan menurun yang dilintasi. Rasa lelah ini baru terasa saat berjalan menaiki tangga untuk kembali ke puncak setelah berada di tengah air terjun. Namun, semua itu terbayar dengan pengalaman yang begitu indah dan tak terlupakan.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket masuk air terjun Sipiso PisoKredit foto: Google Maps dedi Kelvin

Keindahan panorama alam yang dimiliki air terjun Sipiso-Piso tidak serta merta membuatnya mahal. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup membayar Rp 5.000 per orang dan Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di dalamnya sepuasnya.

Namun, harga tiket tersebut belum termasuk biaya tambahan apapun. Dengan biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil, Anda tetap harus mengeluarkan uang. Meski ada biaya tambahan, tarifnya tetap cukup ramah di kantong sehingga cocok bagi Anda pecinta travel murah.

Kegiatan seru bisa dilakukan di air terjun Sipiso-Piso

Kredit foto: Instagram Wonderful Indonesia

1. Nikmati keindahan alam

Tak bisa dipungkiri keindahan alam air terjun ini memukau. Panorama alam yang dibalut dengan nuansa pegunungan yang asri membuat semua orang betah berlama-lama disini.

Duduk santai di dekat air terjun dan merasakan gemericik air disertai angin segar akan membuat saraf Anda rileks. Menikmati keajaiban dunia yang berhiaskan keindahan alam tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

2. Berburu foto

Rasanya kurang pas mengunjungi air terjun Sipiso Piso namun tidak mengabadikan momen indah dengan pemandangan alam di dalamnya. Keunikannya berupa bentuknya yang sangat tinggi tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta foto.

Tak hanya memiliki keunikan tersendiri, panorama alam pelengkap ini juga menciptakan spot foto yang begitu indah di setiap titiknya. Setiap sudut tempat wisata populer ini bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen terbaik Anda.

3. Jelajahi

Aktivitas seru di air terjun Sipiso-PisoKredit foto: Instagram SkyGrapher

Bagi Anda yang menyukai petualangan atau penjelajahan, wisata kecil ini pasti sangat cocok untuk Anda. Lingkungan tempat wisata yang masih tergolong liar ini tentu sangat menarik untuk dicoba.

Selama kegiatan eksplorasi Anda, Anda akan disuguhkan kekayaan alam berupa air terjun yang sejuk ini dikemas dengan sangat indah dan menawan. Daya pikat alam yang ditawarkan selama perjalanan menelusuri air terjun tentunya tidak akan membuat aktivitas Anda menjadi membosankan.

4. Piknik bersama keluarga

Liburan bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Piknik bersama keluarga tercinta di Air Terjun Sipiso-Piso tentunya menjadi rekomendasi aktivitas yang menarik.

Suasana alam yang begitu sejuk dan asri berpadu dengan canda tawa hangat bersama keluarga menjadikan piknik Anda begitu seru dan menyenangkan. Menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumah sambil menikmati keindahan alam tentunya akan menjadi momen yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas di air terjun Sipiso PisoSumber gambar: Google Maps Kelvin AS

Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, wisata hits ini sudah memiliki pengelolaan wisata yang cukup baik. Berbagai fasilitas yang cukup lengkap disediakan oleh pihak pengelola objek wisata. Seperti tempat parkir yang cukup luas dan nyaman sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Tempat wisata alam ini juga menyediakan toilet dan kamar mandi bagi pengunjung yang ingin buang air atau berganti pakaian. Selain itu, Air Terjun Sipiso Piso juga menyediakan tempat ibadah yang bersih dan nyaman.

Ada juga beberapa warung yang menjual makanan dan minuman di sepanjang tempat parkir. Bagi Anda yang ingin bermalam, Anda juga bisa menyewa penginapan murah yang dekat dengan objek wisata.

Padahal, panorama alam air terjun Sipiso-Piso begitu menakjubkan sehingga siapa pun yang mengunjunginya sulit melupakan keindahan alamnya. Eksotisme air terjun tertinggi yang disandingkan dengan keindahan pemandangan Danau Toba menjadi pesona panorama alam wisata yang sukses ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button