Tempat Wisata

Air Terjun Situmurun, sekilas pesona eksotik air terjun di kawasan Danau Toba

Air Terjun Situmurun, sekilas pesona eksotik air terjun di kawasan Danau Toba
Harga tiket: Rp650.000, Jam beroperasi: 08.30 – 14.00 WIB, Alamat: Jonggi Nihuta, Kecamatan Hatinggian. Lumban Julu, Cab.Toba, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Sumatera merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan pemandangan alam dan destinasi wisata menarik menjelang hari raya. Khususnya di wilayah Sumatera Utara terdapat destinasi wisata yang sangat populer, menarik dan ikonik yaitu Danau Toba. Rasakan keindahan danau yang menakjubkan dengan pemandangan yang eksotis.

Tahukah Anda kalau Danau Toba punya pesona lain yang membuat tempat ini semakin indah? Salah satunya adalah Air Terjun Situmurun yang terkenal dengan keindahan aliran airnya yang langsung mengalir ke danau. Penasaran dengan pesona dan keindahan air terjun di Danau Toba ini? simak penjelasan berikut ini.

Daya tarik Air Terjun Situmurun

Daya Tarik Air Terjun SitumurunFoto oleh Andhy Marpaung di Google Maps

✦ Berenang

Terdapat aktivitas mandi bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun di Danau Toba ini. Meski kedalaman air terjun Situmurun mencapai ratusan meter, namun wisatawan bisa berenang dengan menggunakan jaket pelampung. Pemandangan bawah laut dan perbukitan di sekitar Danau Toba sungguh menakjubkan.

Wisatawan harus tetap berhati-hati dan menghindari kawasan yang berada tepat di bawah air terjun. Pasalnya, di titik jatuhnya air terjun terdapat intensitas aliran air yang cukup deras. Oleh karena itu wisatawan diimbau tetap waspada dan berenang di sekitar area penyewaan perahu.

✦ Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, mengunjungi tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, wisatawan bisa merasakan pengalaman memancing yang luar biasa di atas perahu yang berlabuh di kawasan Danau Toba dekat Air Terjun Situmurun. Memancing dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Sebaiknya anda membawa peralatan memancing sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas penunjang peralatan memancing. Hal ini memudahkan Anda memancing dan Anda dapat membawa pulang ikan yang Anda tangkap. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi destinasi wisata yang luar biasa ini.

✦ Berjalan-jalan dan jelajahi Danau Toba

Menjelajahi kawasan sekitar Danau Toba menjadi pilihan menarik untuk dicoba saat berkunjung ke destinasi ini. Anda diajak menjelajahi kawasan danau dengan perahu sewaan. Umumnya jalur Tomak hingga Batu Gantung dipilih untuk penjelajahan dan Air Terjun Binangalom sebagai tujuan akhir.

Biarkan diri Anda terpesona dengan pesona panorama alamnya. Menjelajahi rute tersebut memakan waktu 45 menit. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen liburan anda di destinasi wisata ini dengan berfoto di tempat wisata unggulan yang cantik dan asri.

✦ Naik kapal

Menjelajahi destinasi wisata ini hanya bisa diakses dan dicapai dengan menggunakan perahu. Pasalnya, Air Terjun Situmurun terletak di kawasan perbukitan di Danau Toba. Wisatawan berangkat menggunakan perahu dari pelabuhan terdekat yaitu Pelabuhan Ajibata.

Kapal berangkat menuju tempat wisata yang ingin dikunjungi. Tak perlu khawatir, semua kapal telah memiliki izin operasi dan sertifikat. Sehingga wisatawan dapat dengan mudah menaiki kapal yang disediakan. Semua unit kapal memenuhi standar keselamatan.

✦ Nikmati fasilitas kapal

Wisatawan diminta menggunakan jasa penyewaan perahu untuk berwisata ke destinasi wisata. Sebab, lokasi tersebut hanya bisa diakses dan diakses dengan perahu. Kapal yang digunakan berbeda jauh dengan ukuran kapal pada umumnya yang cukup kecil. Kapal yang digunakan jauh lebih besar.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas mewah yang ada di kapal. Pasalnya, kapal tersebut menawarkan fasilitas pendukung seperti area barbekyu dan ruang karaoke. Wisatawan pastinya akan mendapatkan pengalaman yang tak kalah seru dan menarik sembari menikmati panorama keindahan air terjun dan destinasi menarik lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SitumurunFoto oleh Andhy Marpaung di Google Maps

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun populer ini, destinasi wisatanya terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban, Jalu, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya Anda harus menyeberangi danau untuk menemukan kawasan Air Terjun Situmurun yang hanya bisa diakses dengan perahu.

Jika titik keberangkatan anda dimulai dari kawasan Medan, anda bisa menuju kota Parapat untuk langsung menuju kawasan Danau Toba. Jalur Medan menuju Danau Toba kini mudah diakses melalui jalan tol. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil untuk menuju destinasi wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Situmurun yang populer harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Pasalnya, Anda perlu menyewa perahu untuk menuju objek wisata alam ini. Harga sewa perahu sangat bervariasi tergantung jenis fasilitas apa yang Anda dapatkan dan gunakan saat menjelajahi destinasi wisata.

Harga sewa perahu mulai dari Rp 650.000 hingga Rp 4.500.000, harga sewanya cukup mahal dan fantastis. Namun harga tergantung pengalaman dan fasilitas kapal yang diberikan. Soal biaya, Anda tidak perlu khawatir karena tiket masuk Air Terjun Situmurun tidak dipungut biaya. Pergi secara berkelompok, biayanya bisa jauh lebih murah.

Destinasi wisata Air Terjun Situmurun umumnya memiliki jam operasional yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Pasalnya, wisata air terjun beroperasi 24 jam sehari. Namun, bukan berarti wisatawan bisa mengunjungi air terjun tersebut kapan saja. Sebab perlu penyesuaian jam operasional kapal.

Jadwal yang mengantarkan Anda ke objek wisata populer ini rata-rata mulai pukul 08:30 pagi hingga pukul 14:00 WIB sore. Anda harus mengetahui dan memesan terlebih dahulu jadwal keberangkatan perahu yang akan membawa Anda menuju air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Menuju Air Terjun SitumurunFoto oleh Reza Horisman di Google Maps

1. Toilet umum

Anda tidak perlu khawatir jauh dari pusat kota karena Anda tetap mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan seperti: B.toilet umum. Pihak Balai Wisata Air Terjun Situmurun menyediakan toilet umum yang layak digunakan, terawat dan masih berfungsi dengan baik kepada wisatawan.

2. Ruang cuci piring dan ruang ganti

Bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata dan melakukan aktivitas seperti berenang, disediakan fasilitas penunjang berupa ruang bilas untuk membuang kotoran atau membilas badan. Terdapat juga ruang ganti pakaian basah.

3. Outlet atau kios makanan

Tidak perlu takut kelaparan, karena di destinasi wisata ini masih terdapat stand-stand yang menjual berbagai pilihan makanan dan minuman ringan yang tentunya cukup lengkap. Cobalah kuliner yang ditawarkan. Jangan ragu wisata kuliner ini pasti enak dan terjangkau di dompet.

4. Kirim

Fasilitas yang paling penting ketika berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Situmurun adalah perahu yang anda sewa. Pasalnya, pemesanan sewa perahu harus dilakukan jauh-jauh hari. Dengan begitu, wisatawan tidak perlu khawatir karena sewa perahu merupakan bagian dari paket destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Anda dapat menyewa perahu untuk rombongan orang, bersama keluarga atau teman yang bepergian bersama Anda. Harga akan jauh lebih murah dan penggunaan jasa tour operator sudah termasuk makanan dan minuman.

Berikut beberapa fakta menarik objek wisata Air Terjun Situmurun di Danau Toba yang patut untuk dikunjungi. Semoga bisa menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button