Tempat Wisata

Air Terjun Sri Gethuk : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Jika Anda berencana berlibur ke Yogyakarta, apakah Anda sudah menentukan tempat mana yang ingin Anda kunjungi? Yogyakarta menawarkan berbagai macam tempat wisata yang bisa menjadi alternatif tujuan liburan bagi Anda. Mulai dari tempat wisata mainstream hingga tempat wisata baru yang masih jarang terjamah wisatawan. Salah satunya adalah air terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk memang merupakan salah satu tempat wisata yang bisa dibilang cukup muda. Namun keindahan panorama alam air terjun ini mampu menggugah minat wisatawan dari berbagai penjuru. Suasana alam yang masih asri serta suara gemericik air terjun mampu membuat siapa pun yang melihatnya jatuh cinta.

Air Terjun Sri Gethuk

Secara administratif, air terjun ini terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai tempat tersebut, pengunjung harus menempuh jarak setidaknya 36 kilometer atau sekitar 1,5 jam. Lokasinya juga tidak jauh dari objek wisata Gua Rancang Kencono.

Untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk, wisatawan dapat melalui jalan menuju Wonosari. Setelah sampai di pertigaan Gading, ambil jalan setapak menuju kawasan Playen. Di kawasan Playen terdapat banyak papan penunjuk arah yang memudahkan wisatawan untuk menuju tempat wisata tersebut.

Setelah itu wisatawan harus melewati hutan kayu putih dan ladang jati hingga mencapai kawasan pemancingan. Dari sini pengunjung dapat memilih antara dua jalur yaitu jalan setapak atau rakit sederhana yang terbuat dari tong bekas menyusuri Sungai Oya. Perjalanan rakit menyusuri Sungai Oya memang menyenangkan tersendiri sambil menikmati keindahan sisi kanan dan kiri sungai.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Mendengar namanya tentu saja sekilas sebagian orang mengira kalau nama air terjun ini berasal dari gethuk, jajanan khas Jawa yang berbahan dasar singkong. Ternyata salah, kata Gethuk sendiri berasal dari kata Kethuk, salah satu alat musik gamelan Jawa.

Konon masyarakat percaya bahwa air terjun tersebut merupakan gudang gamelan Kethuk milik makhluk halus yaitu Jin Anggo Meduro. Kisah ini masih dipercaya oleh penduduk setempat hingga saat ini. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, suara gamelan kerap terdengar dari air terjun yang dibuka sebagai objek wisata sejak tahun 2007 ini.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk menawarkan panorama alam yang sangat mempesona. Bahkan konon keindahan alam tempat wisata ini tak kalah dengan Grand Canyon Arizona di Amerika Serikat. Air terjun ini terletak di perbukitan karst yang menjadi ciri topografi Kegubernuran Gunung Kidul.

Saat berkunjung ke air terjun ini, wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan rakit di Sungai Oya. Memang sedikit menantang namun akan sepadan dengan pemandangan alam yang ditawarkannya. Selama perjalanan, wisatawan disuguhkan tanaman hijau yang memenuhi kiri dan kanan tepian sungai.

Air Terjun Sri Gethuk

Selain itu, batuan karst yang kokoh seolah melindungi alam dari gangguan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Air sungai yang hijau tenang berpadu dengan sejuknya udara menciptakan suasana asri yang menyejukkan jiwa. Rasa penat karena perjalanan jauh seakan hilang seketika.

Setelah menyusuri Sungai Oya, wisatawan sampai di tujuannya yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Anda akan melihat fenomena air terjun yang eksotis dimana air deras mengalir dari tebing tinggi ke bebatuan di tepi sungai. Batu-batu di bawah air terjun yang tersusun rapi seolah dibuat oleh tangan-tangan terampil semakin menambah keindahan tempat wisata ini.

Suara gemericik air seakan menjadi magnet bagi wisatawan untuk segera mandi di derasnya air. Tebing disekitarnya yang dipenuhi tanaman hijau menambah kesan alami Air Terjun Sri Gethuk. Wisatawan bisa menikmati segarnya suara air terjun dari bawah.

Kunjungan ke air terjun ini belum lengkap tanpa berenang di Sungai Oya. Airnya sangat tenang dan jernih, berwarna kehijauan dan sangat segar. Karena perairannya yang dangkal, wisatawan merasa aman saat berenang di sungai ini meski dalam jangka waktu lama.

Menikmati panorama alam Air Terjun Sri Gethuk juga bisa menjadi salah satu cara mengisi liburan Anda. Wisatawan bisa bersantai menikmati hijaunya alam di sekitar air terjun, ditemani suara gemuruh air yang jatuh di bebatuan. Suasana di tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri dari keseharian.

Fasilitas air terjun Sri Gethuk

Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk mempunyai fasilitas pendukung yang memadai seperti: B. toilet umum, penitipan bagasi, persewaan jaket pelampung dan ban, persewaan rakit, warung dan musala yang dapat digunakan wisatawan untuk ibadah.

Selain jalan yang menjadi akses utama menuju kawasan wisata, kondisinya masih buruk. Hanya jalan setapak melintasi persawahan serta jalan di hutan kayu putih dan jati yang masih perlu diperbaiki.

Baca juga: Puncak Becici, nikmati pesona Jogja dari ketinggian

Air Terjun Sri Gethuk masih dikelola secara mandiri oleh warga sekitar. Seharusnya pemerintah turut serta mengembangkan fasilitas di air terjun ini karena potensi wisatanya cukup tinggi untuk menarik wisatawan berkunjung. Berikut kegiatan dan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di Air Terjun Sri Gethuk.

Nikmati keindahan alam

Air Terjun Sri Gethuk menyimpan pesona alam yang mempesona untuk dinikmati. Anda disuguhkan keindahan alam yang masih asri dan alami. Dengan menaiki rakit yang terbuat dari tong bekas, Anda bisa menyaksikan hijaunya tumbuhan dan tebing karst yang tampak asri di sisi kiri dan kanan Sungai Oya.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan air terjun yang eksotis dengan aliran air yang tidak pernah kering meski di musim kemarau. Bebatuan di bawah air terjun yang tersusun rapi dan alami menambah keindahan air terjun. Saat musim hujan, Anda juga bisa menyaksikan fenomena munculnya pelangi di air terjun di Jogja ini.

Berenang dan bermain air

Saat Anda berkunjung ke air terjun, berenang dan bermain air menjadi aktivitas wajib yang wajib Anda lakukan. Anda bisa merasakan segarnya air jatuh di sekujur tubuh Anda di bawah air terjun. Segarnya air menghilangkan rasa lelah setelah perjalanan jauh.

Anda juga bisa berenang di Sungai Oya di Air Terjun Sri Gethuk. Karakteristik airnya yang tenang dan jernih serta tidak terlalu dalam menjadikannya tempat berenang yang populer bagi para wisatawan. Jika Anda tidak pandai berenang, Anda bisa menyewa jaket pelampung dan tabung dari pengelola setempat.

Perburuan Foto

Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin berburu foto. Ada berbagai objek indah yang bisa Anda abadikan, seperti tebing karst yang indah, sungai yang jernih, dan air terjun. Banyak fotografer yang mengunjungi tempat ini hanya untuk mengabadikan pesona alam Air Terjun Sri Gethuk.

Anda juga bisa berfoto selfie di tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Grand Canyon Jogja ini. Kamu bisa mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat dari berbagai latar belakang. Berfoto di bebatuan tepat di bawah air terjun menjadi spot yang populer di kalangan wisatawan. Namun berhati-hatilah saat membawa kamera atau ponsel karena air dapat merusak kamera dan ponsel Anda.

Biaya masuk Air Terjun Sri Gethuk

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk, wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 per orang. Lalu jika ingin menyewa pelampung kisaran harganya 5.000 hingga 10.000, untuk Flying Fox 35.000 dan untuk Body Rafting 30.000 per orang.

Jam buka Air Terjun Sri Gethuk

  • Buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Peta Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Tips Menuju Air Terjun Sri Gethuk

  • Berhati-hatilah saat berkendara menuju Air Terjun Sri Gethuk karena kondisi jalan kurang bagus.
  • Wisatawan diharapkan membawa pakaian ganti.
  • Untuk menuju tempat wisata sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.
  • Berhati-hatilah saat membawa kamera dan ponsel karena dapat rusak jika terkena air.
  • Jaga kelestarian dan kebersihan Air Terjun Sri Gethuk dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto Air Terjun Sri Gethuk

Potret Air Terjun Sri Gethuk
Spot foto di bawah air terjun
Potret pengunjung
Menikmati keindahan air terjun
Keindahan Air Terjun Sri Gethuk ibarat sebuah lukisan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button