Tempat Wisata

Air Terjun Suhom: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kabupaten Aceh Besar terkenal memiliki tempat wisata pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri. Ada puluhan pantai eksotik yang selalu menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan di kawasan ini juga terdapat air terjun dengan panorama alam yang sangat mempesona. Tempat tersebut adalah Air Terjun Suhom yang menjadi destinasi wisata populer bagi keluarga.

Air Terjun Suhom menawarkan keindahan, pesona alam serta kondisi udara yang belum tercemar polusi. Wisatawan juga bisa menikmati segarnya gemericik air dari mata air pegunungan. Tak jarang tempat ini ramai dikunjungi ratusan wisatawan lokal saat musim liburan.

Air terjun ini tepatnya berada di Desa Kreung Kala, Kec. Lhoong, Cab.Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai Air Terjun Suhom, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer atau lebih dari satu jam dari Banda Aceh. Meski jauh dari ibu kota, tempat ini layak untuk dikunjungi di Aceh.

Wisatawan harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan. Namun kondisi jalan menuju air terjun ini sudah beraspal baik. Namun wisatawan perlu berhati-hati karena sering kali menjumpai jalan dengan tikungan terjal dan tanjakan serta turunan yang cukup ekstrim. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan harus memiliki pengetahuan yang sesuai dan memahami kondisi jalan.

Dalam perjalanan, wisatawan bisa menikmati panorama alam Aceh yang luar biasa. Anda akan melihat dengan jelas lukisan dua gunung yang seolah menemani wisatawan dalam perjalanan menuju Air Terjun Suhom. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai pantai-pantai pinggir jalan yang indah sehingga wisatawan tidak bosan saat berwisata.

Pesona air terjun Suhom

Air Terjun Suhom tersembunyi di balik pegunungan sehingga cukup sulit ditemukan bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata ini. Namun wisatawan bisa bertanya kepada penduduk setempat atau menggunakan dukungan GPS. Saat mendekati lokasi, jalan menuju air terjun cukup sempit dan hanya bisa diakses dengan mobil.

Dari jarak 100 meter, samar-samar wisatawan bisa mendengar suara air terjun yang jatuh ke bebatuan. Rasa penat karena perjalanan jauh akan langsung hilang ketika melihat air terjun setinggi sekitar 50 meter di depan mata. Air terjun ini juga dikelilingi tebing perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau sehingga menciptakan suasana asri dan alami.

Air Terjun Suhom memiliki tiga tingkat dengan keindahan yang berbeda-beda. Di sekitar air terjun juga terdapat bebatuan besar yang memungkinkan wisatawan duduk bersantai sambil menikmati segarnya suara air terjun. Di air terjun ini terdapat kolam di bawah air terjun.

Kolam ini memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dan lebar 5 meter, sehingga tidak disarankan berenang untuk anak kecil. Paling sering hanya orang dewasa yang berenang di kolam atau menikmati air yang jatuh ke seluruh tubuhnya. Sungguh luar biasa sensasinya, wisatawan akan merasakan pantulan alam di bawah air terjun ini.

Khusus untuk anak-anak ada kesempatan bermain air dan berenang di sungai yang mengalir melalui air terjun. Sungai ini terbilang dangkal sehingga aman bagi anak-anak untuk berenang. Meski demikian, orang tua harus tetap mengawasi anaknya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Air Terjun Suhom tidak hanya menjadi objek wisata tetapi juga menjadi sumber listrik bagi desa setempat. Pembangkit listrik tenaga mikrohidro dibangun di dekat lokasi air terjun. Pada bulan-bulan tertentu wisatawan juga bisa menikmati buah durian karena air terjun ini juga dikelilingi oleh pohon durian. Anda akan menemukan banyak penjual durian yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat pulang.

Fasilitas Air Terjun Suhom

Fasilitas di Air Terjun Suhom cukup sederhana. Sebab, pengelolaan objek wisata di Aceh Besar ini masih independen dari pemerintah kota setempat. Selain itu, pemerintah daerah juga menyebut keterbatasan anggaran karena ada kebijakan yang mengutamakan wisata bahari.

Tersedia tempat parkir yang cukup luas di air terjun, sehingga wisatawan yang datang menggunakan mobil tidak perlu khawatir. Terdapat juga toilet dan tempat ganti pakaian bagi wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah berenang di kolam air terjun. Bagi wisatawan muslim yang ingin menghadiri ibadah keagamaan, terdapat masjid dan musala tidak jauh dari air terjun.

Baca juga: Pantai Lhok Mee, keindahan pasir putih dan pepohonan di dalam air

Masih belum ada alat pengaman di air terjun. Karena tidak ada pagar pembatas, hal ini dapat membahayakan wisatawan karena bebatuan di sekitarnya licin. Wisatawan bisa menyewa tikar di sekitar tempat wisata jika ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Suhom. Tersedia juga jasa penyewaan ban bagi wisatawan yang tidak bisa berenang dengan baik.

Di sekitar air terjun juga terdapat warung-warung sederhana yang menjual berbagai macam makanan. Wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner khas Aceh setelah lelah berenang di kolam air terjun. Ada juga warung yang menawarkan mie instan dan kopi panas. Air Terjun Suhom bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di air terjun.

Berenang dan bermain air

Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Suhom, berenang atau bermain air menjadi sebuah kewajiban yang wajib Anda penuhi. Air terjun ini memiliki kolam sedalam sekitar 2 meter di dasar air terjun. Dengan airnya yang jernih dan segar, Anda bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami ditemani suara air terjun yang jatuh di bebatuan.

Selain itu, Anda juga bisa berdiri langsung di bawah air terjun dan merasakan sensasi pantulan alami. Saat airnya jatuh ke tubuh, segarnya air dari mata air alami pegunungan menawarkan sensasi unik yang mampu menghilangkan penat. Namun hati-hati karena bebatuan di sekitar air terjun cukup licin.

Bersantai dan nikmati alam

Jika tak ingin basah-basahan, Anda juga bisa sekedar bersantai dengan menyewa tikar sambil menikmati alam yang masih asri dan belum terjamah. Air Terjun Suhom dikelilingi oleh tebing-tebing yang dipenuhi tanaman hijau. Udara di tempat ini selain menyegarkan mata juga sejuk karena tidak tercemar polusi.

Bagi Anda penyuka kopi, tempat ini juga memiliki kedai yang menjual kopi khas Aceh yang terkenal dengan kelezatannya. Menikmati secangkir kopi hangat dalam suasana natural yang masih segar dan natural tentu menjadi pengalaman yang patut Anda coba. Kopi juga bisa menghangatkan tubuh setelah berenang dan basah kuyup di air terjun.

Berburu foto dan berburu durian

Pesona Air Terjun Suhom yang masih alami dan asri membuat banyak wisatawan sekadar berfoto selfie di depan kamera. Selain itu, banyak fotografer yang rela melakukan perjalanan jauh demi mencari objek yang indah.

Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual buah durian di sekitar air terjun. Tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan durian sehingga tak heran jika Anda bisa dengan mudah menjumpai pedagang dadakan yang menjual durian saat musim panen. Durian terkenal di sini karena rasanya yang khas. Siapapun pecinta durian pasti mencicipi kelezatan ratu buah ini ketika berkunjung ke Aceh.

Jam buka dan biaya masuk Air Terjun Suhom

Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini bisa berkunjung pada pukul 09.00 hingga 17.30. Untuk memasuki objek wisata Air Terjun Suhom, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Air Terjun Suhom

Tips Wisata Air Terjun Suhom

  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang dan bermain air.
  • Datanglah antara bulan Desember dan Januari jika ingin menikmati buah durian di tepi air terjun.
  • Selalu berhati-hati karena terdapat bebatuan licin di sekitar air terjun.
  • Jika Anda membawa anak-anak, selalu pantau dan awasi mereka.
  • Jagalah kebersihan Air Terjun Suhom dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jangan merusak apapun yang ada di sekitar air terjun.
  • Jangan berani-berani menaiki air terjun tingkat kedua karena berbahaya.

Galeri Foto Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom

Mandi di bawah air terjun
Berburu foto di samping air terjun
Potret pengunjung

Potret air bersih
Keindahan air terjun Suhom

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button