Tempat Wisata

Air Terjun Tancak Kembar, air terjun kembar penuh legenda dan mitos di Bondowoso

Temukan keindahan Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso yang penuh dengan legenda dan mitos sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Andungsari, Kec. Pakem, Kab.Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Tancak Kembar merupakan salah satu tempat wisata alam di Bondowoso yang cukup populer dan bisa menjadi destinasi pilihan Anda untuk liburan berikutnya. Jika anda membutuhkan refreshing untuk menyegarkan pikiran maka tempat wisata yang sangat alami ini adalah jawabannya.

Keindahan alam yang ditawarkan dijamin akan membuat Anda sejenak melupakan berbagai permasalahan yang ada. Kawasan air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan tanah dan terasa sangat sejuk, bahkan sangat dingin, di pagi hari.

Saat cuaca cerah, keindahan yang bisa dirasakan bahkan bisa berlipat ganda. Apa yang kamu tunggu? Sebelum merencanakan liburan ke sini, sebaiknya cari tahu dulu daya tarik air terjun cantik ini.

Cek hotel murah di Bondowoso

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Tancak Kembar

Daya Tarik Air Terjun Tancak KembarFoto: Google Maps/Yo Nathan

1. Volume air tidak pernah berkurang

Ada yang unik dari Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso. Pasalnya, jumlah air yang mengalir ke air terjun seolah tak pernah berkurang saat pengunjung datang.

Baik Anda datang ke sini pada musim kemarau atau hujan, Anda akan menemukan aliran air yang cukup deras dari ketinggian sekitar 70 meter. Keunikan inilah yang menjadikan Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso menjadi objek wisata yang dapat dikunjungi kapan saja.

Jika Anda tinggal di Bondowoso atau sekitarnya, Anda bahkan bisa datang ke sini di akhir pekan untuk sekedar bersantai dan menikmati alam.

2. Pesona Air Terjun Kembar

Sesuai dengan namanya, Tancak Kembar merupakan air terjun Kembara yang akan Anda temukan di sini. Dua aliran air mengalir dari ketinggian yang sama dengan jumlah air yang hampir tidak berbeda.

Oleh karena itu, air terjun ini diberi nama “Tancak Kembar” oleh masyarakat setempat, dimana “Tancak” berarti “air terjun” dalam bahasa Indonesia. Kedua air terjun tersebut hanya berjarak beberapa meter saja, kemudian airnya mengalir menyatu dalam sebuah kolam kecil di bawahnya.

Tamasya ke Kawah Ijen Banyuwangi

Wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk berenang di bawah salah satu air terjun lalu bermain di kolamnya. Selama ini pesona air terjun kembar menjadi daya tarik tersendiri yang menarik pengunjung.

3. Legenda dan mitos

Seperti wisata alam di Indonesia pada umumnya yang kerap diselimuti legenda dan mitos, begitu pula dengan Tancak Kembar. Menurut legenda, air terjun ini dikaitkan dengan dewi Rengganis, putri cantik Kerajaan Majapahit.

Karena suatu hal, sang dewi meninggalkan kerajaan dan melarikan diri ke Gunung Argopuro. Dewi Rengganis juga disebut-sebut sebagai penjaga Gunung Argopuro.

Dalam kesehariannya, sang dewi turun ke lereng gunung dan mandi di air terjun yang sekarang kita kenal dengan nama Air Terjun Tancak Kembar. Mitosnya, siapa pun yang mandi di sana akan terlihat lebih muda dan cantik, seperti Dewi Rengganis.

One Day Tour Kawah Ijen, Baluran dan Pantai Bama (Mulai Banyuwangi)

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Tancak KembarFoto: Google Maps/Musaid

Siapapun yang ingin menikmati indahnya air terjun kembar ini bisa datang ke Bondowoso. Lebih spesifiknya, air terjun ini terletak di Desa Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Air Terjun Tancak Kembar berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota.

Lokasinya cukup terpencil dan akses jalannya sempit. Oleh karena itu, lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua saat merencanakan kunjungan. Karena terdapat beberapa area rusak dan jalanan tidak terlalu mulus, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima.

Selama perjalanan Anda akan melewati persawahan milik warga dan hutan lebat. Pemandangan hijau yang menyegarkan memanjakan mata hingga sampai di objek wisata.

Biaya masuk wisata alam

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Tancak Kembar, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena biaya masuknya sangat murah yaitu Rp 5.000 per orang.

Sangat murah bukan? Jadi air terjun ini bisa menjadi solusi jika Anda sedang mencari tempat liburan hemat. Anda dapat mengunjungi kami setiap hari pada jam operasional antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Namun perlu diketahui bahwa harga tiket dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi sebaiknya bawa uang secukupnya dan jangan sampai larut malam, apalagi di sepanjang jalan yang malamnya tidak ada lampu.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Tancak KembarFoto: Google Maps/Fier Ahmad

Trekking ke air terjun

Dari tempat parkir menuju Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso pengunjung harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Perkiraan waktu pendakian menuju air terjun adalah 60 menit karena kendaraan diparkir di desa terakhir.

Pasalnya akses menuju air terjun menjadi lebih sempit dan berkendara menjadi tidak mungkin. Namun jangan khawatir, Anda akan merasa lelah selama perjalanan sesampainya di venue. Keindahan air terjun yang diapit perbukitan sungguh memberikan suasana liburan yang kental.

Nuansanya sejuk dan menyegarkan mata dan pikiran. Selain itu, saat mendaki Anda bisa melihat sungai-sungai kecil sehingga Anda bisa bermain air.

Mandi di bawah air terjun Tancak Kembar

Menurut mitosnya, siapapun yang mandi di Air Terjun Tancak Kembar akan awet muda dan memiliki paras cantik. Siapa yang tidak ingin memiliki penampilan seperti itu? Tak heran jika pengunjung yang datang hampir pasti akan mandi di bawah air terjun.

Terlepas dari mitosnya, sayang sekali jika Anda datang ke sini tanpa mandi di bawah air terjun. Selain itu aliran airnya sangat jernih dan menyegarkan, mengalir dari ketinggian sekitar 70 meter dan hampir tidak pernah berkurang volumenya.

Pada dasarnya arus air di sini tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa langsung berenang di bawah air terjun atau bermain di kolam tanpa ragu.

Perburuan Foto

Saat berkunjung ke Air Terjun Tancak Kembar, mandi di bawah air terjun bukanlah hal yang wajib. Tak masalah jika Anda tidak ingin basah kuyup karena masih banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini.

Salah satunya adalah photo Hunting, dimana terdapat banyak spot foto cantik penuh dengan orang-orang hijau yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto-foto keren.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas di Air Terjun Tancak KembarFoto: Google Maps/Rekzy

Meski jauh dari pusat kota dan cukup terpencil, bukan berarti Air Terjun Tancak Kembar yang indah ini tidak memiliki fasilitas. Fasilitasnya memang jauh dari memadai, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Fasilitas tersebut meliputi tempat parkir mobil. Tempat parkir telah disediakan di desa untuk pengunjung yang datang. Di desa ini juga terdapat musala dan kamar mandi yang bisa digunakan wisatawan.

Jika merasa lapar setelah bermain, Anda bisa mengisi perut di beberapa warung makan yang ada di desa tersebut. Faktanya, sebagian besar fasilitas berada di desa dan bukan di kawasan air terjun. Namun hal ini sangat membantu wisatawan.

Masih belum tahu mau berlibur ke mana? Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso dapat Anda tambahkan ke dalam daftar. Pesona kedua air terjun kembar yang volume airnya hampir tak pernah berkurang ini dijamin akan memanjakan Anda. Keindahan alamnya membuat tubuh dan pikiran lebih segar serta mencegah rasa lelah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button