Tempat Wisata

Air Terjun Telun Berasap : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Telun Berasap : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kabupaten Kerinci terkenal memiliki beberapa air terjun indah dengan pesona dan keunikan yang beragam. Air terjun ini sebagian besar masih alami dan bisa menjadi magnet wisata. Namun ada satu air terjun di Kerinci yang sangat populer dan terpopuler di kalangan wisatawan: Air Terjun Telun Berasap.

Suara gemuruh air yang jatuh di bebatuan menyambut wisatawan di air terjun ini. Panorama yang ditawarkan air terjun ini sungguh menakjubkan. Derasnya aliran air menimbulkan semacam kabut yang menjadi daya tarik objek wisata ini. Apalagi pemandangannya sangat cocok dengan keindahan tanah Kerinci yang bisa dinikmati dari lokasi air terjun.

Air terjun Telun Berasap

Secara geografis Air Terjun Telun Berasap terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Wisatawan harus menempuh jarak 57 kilometer dari Sungai Banyak untuk mengunjungi air terjun ini. Perjalanannya cukup singkat dan hanya memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Namun jika Anda datang dari Kota Jambi, perjalanan akan memakan waktu lebih lama. Wisatawan harus berkendara selama 10 jam untuk mencapai air terjun ini. Bagi wisatawan yang datang dari Padang, perjalanannya justru akan memakan waktu lebih singkat. Waktu tempuhnya hanya sekitar 6 jam saja.

Pesona Air Terjun Telun Berasap

Sesampainya di air terjun, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu. Meski perjalanan ini cukup menguras tenaga, namun wisatawan dapat beristirahat di tengah perjalanan karena tersedia beberapa kursi di sepanjang anak tangga. Kondisi anak tangga cukup baik, mempunyai railing dan diisi semen.

Selama perjalanan ini wisatawan disuguhkan keindahan alam berupa berbagai pepohonan besar dan tanaman hijau yang menyegarkan mata. Udara segar selalu setia menemani wisatawan dalam perjalanan menuju air terjun. Suara air terjun semakin terdengar jelas, seolah memberi isyarat agar segera sampai di tempat tujuan.

Air terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap mengalir di atas tebing kokoh yang tingginya mencapai 50 meter. Suara gemericik air yang dihasilkan akan memukau siapapun yang melihatnya. Tak jauh dari air terjun, tersedia semacam gubuk untuk wisatawan. Dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan memandangi air terjun yang terlihat indah di tengah rimbunnya pepohonan.

Air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari Danau Gunung Tujuh. Danau Gunung Tujuh merupakan sebuah danau di Dataran Tinggi Kerinci dan salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara. Masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga membuat alam di sekitar air terjun ini terlihat sangat asri dan lestari.

Berbeda dengan air terjun lain di Jambi, air terjun ini mempunyai keistimewaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tingginya aliran air yang keluar jatuh ke bebatuan dan menimbulkan semacam semburan air yang menyerupai asap. Hal inilah yang menjadi asal muasal nama Air Terjun Telun Berasap.

Saat matahari bersinar terang, percikan air terlempar ke udara dan membiaskan sinar matahari sehingga menciptakan warna pelangi yang indah. Fenomena alam menakjubkan ini menjadi salah satu keistimewaannya yang unik dan paling populer di kalangan wisatawan.

Ada rahasia tersembunyi di air terjun ini. Konon dibalik air terjun tersebut terdapat sebuah gua. Saking derasnya dan derasnya aliran air, belum pernah ada orang yang berani memasuki gua misterius ini. Selain itu, tebing yang curam dan medan yang ekstrim menjadi kendala dalam mengakses gua.

Seolah tiada habisnya, dari air terjun ini wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Gunung Kerinci yang berdiri gagah. Deretan perbukitan dan pepohonan hijau menghiasi panorama gunung yang menjadi simbol Kabupaten Kerinci ini.

Fasilitas air terjun Telun Berasap

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini sebenarnya cukup lengkap. Namun sangat disayangkan sebagian besar fasilitas tersebut terkesan terbengkalai dan banyak bagian yang rusak. Seperti shelter yang biasa digunakan untuk beristirahat dan gubuk-gubuk di dekat air terjun yang sangat kotor dan banyak dedaunan kering.

Akses menuju air terjun juga semakin mudah bagi wisatawan berkat adanya tangga yang kondisinya sangat baik. Terdapat pembatas di sisi-sisi tangga sehingga wisatawan tidak perlu khawatir terjatuh. Namun hati-hati karena setelah hujan anak tangga terasa sangat licin.

Baca juga:

Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti toilet umum, tempat parkir yang cukup luas dan juga musala bagi umat muslim. Di sini wisatawan dapat dengan mudah menemukan pedagang atau warung yang menjual makanan. Di sekitar air terjun Anda bisa mencicipi berbagai macam kuliner antara lain gulai ikan Semah, Dendeng, Lemang, kacang Tojin, teh Kayu Aro, dan kopi Kerinci.

Jika wisatawan ingin bermalam, mereka harus kembali ke Sungai Banyak karena tidak ada hotel atau akomodasi yang bisa disewa di dekatnya. Ada beberapa hotel dan homestay di Sungai Full dimana wisatawan bisa menginap dengan cukup murah. Mengunjungi Air Terjun Telun Berasap merupakan pengalaman yang menarik dan mengasyikkan. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan.

Menikmati keindahan air terjun

Pesona air terjun ini sebenarnya berbeda dengan air terjun yang ada di Provinsi Jambi pada umumnya. Suara air terjun yang tercipta dari derasnya arus air menjadi sesuatu yang unik dan mampu mempesona mata. Di gubuk-gubuk yang disediakan, Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dan mengamati fenomena asap dari percikan air.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat dari air terjun ini. Suasana alam yang masih alami dan lestari membuat Anda tidak ingin cepat-cepat meninggalkan tempat tersebut. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat sekilas warna pelangi yang sungguh mempesona.

Perburuan Foto

Para fotografer yang gemar mencari pemandangan alam bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai alternatif menarik. Di sini Anda bisa mengabadikan air terjun setinggi 50 meter serta keindahan alam Taman Nasional Kerinci Seblat. Selain itu, Gunung Kerinci yang terlihat dari jauh merupakan objek indah yang sayang untuk dilewatkan.

Tak lengkap rasanya jika wisatawan datang ke tempat seindah itu tanpa mengabadikan momen kebersamaan lewat foto. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang derasnya air terjun atau Gunung Kerinci. Anda juga bisa menjelajahi lokasi lain untuk menemukan spot selfie terbaik.

Biaya Masuk Air Terjun Telun Berasap

  • Biaya masuk: Rp 6.000 hingga 10.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Air Terjun Telun Berasap

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Baca juga:

Peta Lokasi Air Terjun Telun Berasap

Tips berwisata ke Air Terjun Telun Berasap

  • Persiapkan kondisi fisik Anda sebelum berencana mengunjungi air terjun.
  • Pertama, perhatikan cuaca dan jangan sembarangan pergi ke air terjun jika hujan.
  • Wisatawan tidak diperbolehkan mandi atau bermain air, hanya diperbolehkan melihat dari dekat.
  • Kenakan sepatu atau alas kaki yang nyaman saat mengunjungi air terjun.
  • Hati-hati saat menuruni tangga.
  • Jagalah alam setempat dan jangan merusak keindahannya.
  • Jagalah kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.

Galeri foto air terjun Telun Berasap

Selamat datang di Air Terjun Telun Berasap

Potret Air Terjun Telun Berasap di Kerinci
Akses jalan menuju air terjun
Berburu foto di area air terjun
Keindahan air terjun Telun Berasap
Kawasan air terjun Telun Berasap

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button