Tempat Wisata

Air Terjun Tembok Batu – atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Belit, Kec. Kiri atas Kampar, Cab.Kampar, Riau; map: pemeriksaan situs

Air Terjun Batudinding menjadi destinasi menarik yang patut diperhitungkan saat berkunjung ke Kampar. Pengunjung yang datang bisa menikmati setiap fenomena menarik. Menemukan target yang berada di tempat tersembunyi menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Ini adalah tantangan yang menarik untuk dikuasai.

Asal datang ke wisata alam yang indah ini memang butuh ekstra perjuangan. Beragam medan menjadi tantangan untuk ditaklukkan. Meski begitu, kegiatan ini pasti menyenangkan, apalagi jika Anda suka bepergian. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya dikenal menarik dengan nuansa yang asri

Air Terjun Tembok Batu menawarkan keindahan alam yang mempesona. Selama kunjungan mereka, wisatawan disuguhi pemandangan mempesona yang membuat mereka merasa seperti di rumah sendiri. Target di hutan alam menambah rasa sejuk. Anda akan merasa segar dan sempurna untuk menghilangkan penat.

Daya tarik air terjun Batu Wand

Tempat Wisata Air Terjun Tembok BatuSumber Gambar: Google Maps Ardian Tarigan

1. Panorama indah khas Sumatera

Panorama indah di Air Terjun Tembok Batu tidak perlu diragukan lagi. Keindahan alam merupakan tawaran yang memanjakan mata para pengunjung. Nuansa indah pun menjadi terlihat saat Anda melakukan perjalanan. Saat berkunjung, wisatawan harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.

Keindahan destinasi ini sangat khas Sumatera. Pengunjung disuguhi pemandangan pepohonan rindang, hamparan sawah, dan perkebunan kelapa sawit. Di sepanjang jalan bahkan Anda akan melihat berbagai spesies menarik seperti monyet, semut besar, burung dan lain-lain.

2. Memiliki 7 level

Perlu diketahui bahwa air terjun yang indah ini menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Mengenai air terjunnya sebenarnya tidak terlalu tinggi, namun sangat menarik untuk dipandang. Selain itu, tujuh tingkat air terjun ditawarkan. Setiap level tertata rapi dan Anda bisa lebih mengeksplorasi keindahan alamnya.

Setiap tingkatan air terjun melewati celah bebatuan, menjadikannya sangat unik. Meski dikenal memiliki tujuh tingkat, pengunjung mengaku kebanyakan hanya bisa naik hingga empat tingkat. Perjalanan menanjak dengan medan terjal dan licin menjadi kendala untuk mengungkap semua tingkatan air terjun.

3. Mitos manfaat dan penjaga air terjun

Ada beberapa mitos menarik seputar Air Terjun Batu Tembok. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa mandi di air terjun ini memiliki khasiat yang tidak biasa. Wisatawan diyakini lebih muda saat siap berenang di air terjun. Selain itu, targetnya dikenal tenang, sehingga bisa berenang dengan aman.

Ada mitos lain yang cukup menarik. Karena pengunjung percaya bahwa ada penjaga air terjun di tingkat ketujuh. Fenomena ini menyulitkan wisatawan untuk menjangkau semua tingkatan. Bagian atas dataran diyakini suci. Namun, semua pernyataan di atas hanyalah mitos yang belum terbukti kebenarannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tembok BatuKredit foto: Google Maps Slamet Riyadi

Mengunjungi tempat-tempat indah terkadang membutuhkan usaha ekstra. Apalagi jika destinasinya masih berada di tengah hutan alam. Ini seperti Air Terjun Tembok Batu. Pengunjung harus mengakses situs dengan berjalan kaki, yang menghadirkan tantangan dengan medan yang bervariasi.

Destinasi wisata yang indah ini terletak di Desa Tanjung Belit yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau. Dibutuhkan 3 jam perjalanan jika Anda datang dari pusat kota yang berjarak 102 kilometer. Pengunjung dapat datang baik dengan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi lainnya.

Meski demikian, perjalanan tidak bisa langsung ditutup dengan kendaraan. Dibutuhkan berjalan kaki untuk mencapai air terjun dengan panorama eksotis ini. Berbagai medan menjadi tantangan tersendiri untuk diatasi. Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan matang agar perjalanan berjalan lancar.

Biaya masuk untuk wisata air terjun

Tiket Masuk Wisata Stone Wall WaterfallSumber Gambar: Google Maps Ardian Tarigan

Tidak semua destinasi wisata yang indah memiliki biaya masuk yang mahal. Bahkan ada yang menawarkan harga murah sekaligus menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Begitu juga Air Terjun Batudinding yang menawarkan tiket masuk hanya Rp 10.000.

Harga jelas sangat masuk akal mengingat apa yang ditawarkan yang luar biasa. Wisatawan dijamin betah berlama-lama menjelajahi keindahan alam yang ditawarkan. Biaya tambahan mungkin berlaku, terutama jika Anda membawa kendaraan yang memerlukan tempat parkir di tempat parkir yang tersedia.

Tarif parkir relatif murah untuk kendaraan bermotor yaitu Rp 5.000, sedangkan tarif Rp 10.000 berlaku untuk kendaraan roda empat. Keamanan kendaraan dijamin dengan pengawasan yang ketat. Wisatawan dapat memarkir kendaraan di depo saat berkendara.

Namun perlu diketahui bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing-masing pihak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk langsung check-in sebelum mengunjungi destinasi air terjun cantik ini.

Aktivitas menarik di Air Terjun Tembok Batu

Kegiatan wisata di Air Terjun Tembok BatuSumber gambar: Google Maps Samuel ODH

1. Menjelajahi perjalanan yang menantang

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Air Terjun Batudinding. Kegiatan menarik pertama bahkan diterima saat Anda perlu menjelajahi perjalanan yang menantang ke tempat itu. Mendaki merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Berbagai jenis medan merupakan tantangan untuk diatasi. Medan melewati jalan setapak, mendaki dan berada di tengah hutan pasti mengasyikkan untuk dijelajahi. Lingkungannya juga menawan, sehingga wisatawan tidak akan bosan. Selain itu, hewan-hewan menarik seperti monyet dan burung sering muncul.

2. Santai dan nikmati pemandangannya

Rasa lelah selama perjalanan benar-benar terobati dengan keindahan alam yang ditawarkannya. Air terjun ini terlihat mempesona dengan tujuh tingkatan di setiap celahnya. Anda dapat menjelajahi setiap level yang indah. Tentu saja Anda harus berkendara menanjak untuk itu.

Jangan lupa untuk bersantai sejenak saat sudah sampai di Air Terjun Tembok Batu. Lihatlah air terjun yang indah ini. di celah-celah dan pemandangan alam yang masih terjaga jelas begitu menenangkan. Banyaknya pohon-pohon tinggi berkontribusi pada angin sepoi-sepoi yang Anda rasakan. Tidak diragukan lagi, tujuannya sangat keren dan menyegarkan.

3. Bermain atau berenang di air

Anda tidak puas hanya melihat keindahan, Anda juga bisa bermain atau berenang di air. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digemari pengunjung. Ditambah lagi, airnya sangat jernih dan tenang sehingga aman untuk berenang. Jika suka tantangan, pengunjung bisa mencoba lompat tebing di ketinggian.

Melompat dari ketinggian memang menyenangkan. Tetapi hanya jika Anda bisa berenang dengan baik. Dipercaya kedalaman air terjunnya sendiri mencapai 4 meter. Jika Anda benar-benar tidak bisa berenang, Anda tidak perlu memaksakannya. Karena bermain air di pinggir pantai sangat menyenangkan.

4. Berkemah

Air terjun BatuWall terletak di tengah hutan alam. Oleh karena itu, piknik di tempat yang indah ini menjadi keseruan tersendiri. Memilih tempat perkemahan merupakan keputusan yang tepat untuk menginap di wisata alam. Jika Anda tertarik, jangan lupa membawa semua perlengkapan seperti tenda dan bekal makanan.

5. Perburuan foto yang menarik

Berada di tempat yang indah belum lengkap tanpa mengabadikannya dalam sebuah foto. Ada juga berbagai spot foto yang memanjakan mata. Pengunjung akan terpuaskan dengan hasil jepretan yang bernuansa alam sebagai latar belakang. Momen liburan akan selalu dikenang.

6. Bermeditasi

Kegiatan meditasi sering dipilih sebagai obat penenang untuk melepas segala penat. Keberhasilan dalam meditasi juga dipengaruhi oleh posisi Anda. Di tengah hutan alami dengan air yang beriak akan menjadi spot yang sempurna. Pengunjung hanya perlu mencari tempat duduk lalu bermeditasi.

7. Tangkap ikan atau udang

Air Terjun Tembok Batu terkenal dengan airnya yang jernih. Di tengah kedalaman 4 meter, tampak berbagai jenis ikan atau udang yang bisa ditangkap pengunjung. Kegiatan ini cukup menyenangkan. Jika Anda cukup beruntung mendapatkan hasil, Anda juga bisa membakarnya di lokasi target untuk mengisi perut Anda.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Wisata Air Terjun Tembok BatuKredit foto: Google Maps Yusuf Zakir

Beragam aktivitas memang menarik saat berkunjung ke objek wisata alam ini. Sayangnya, Air Terjun BatuWall masih belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Pengelola yang masih dalam perawatan warga juga masih merasa kurang dalam penyediaan fasilitas.

Jika pengunjung membutuhkan fasilitas seperti toilet atau kamar mandi, fasilitas tersebut hanya dapat ditemukan di pemukiman penduduk setempat. Kurangnya kios makanan terdekat juga menjadi kendala. Oleh karena itu, pastikan wisatawan membawa makanan dan minuman yang cukup saat tiba di tempat tujuan. Begitu juga dengan peralatan camping jika ingin bermalam di tempat tujuan.

Berbagai macam fasilitas tampak alami di air terjun ini. Misalnya dengan spot foto dan tempat perkemahan yang tersedia. Ilmu juga dibutuhkan untuk mengisi perut jika tidak membawa bekal. Seperti menangkap ikan atau udang lalu membakarnya untuk mengisi perut.

Itulah beberapa informasi mengenai atraksi, fasilitas dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Batudinding Kampar. Karena tujuannya berada di tengah hutan, semuanya harus dipersiapkan dengan matang. Semangat dan tenaga harus disiapkan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button