Tempat Wisata

Air Terjun Tirta Buana, surga alam eksotis yang tersembunyi di Bali

Temukan keindahan tersembunyi Air Terjun Tirta Buana di Bali dengan spot foto menarik di tengah eksotisme alamnya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Silangjana, Kec. Sukasada, Cab.Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasinya

Kabupaten Buleleng, Bali memiliki wilayah yang sebagian besar berada pada dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika kawasan ini terkenal dengan banyaknya air terjun.

Salah satunya adalah air terjun Tirta Buana. Inilah salah satu tempat wisata andalan di Desa Pegadungan. Tempat yang awalnya merupakan proyek pembangkit listrik tenaga air ini kini ramai dikunjungi wisatawan yang berlibur ke sini.

Keindahan air terjun yang mempesona di tengah perbukitan hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mengalir cukup deras dan memiliki kolam yang sering digunakan wisatawan untuk berenang. Airnya sangat sejuk karena berasal dari mata air alami yang muncul dari celah-celah tebing.

Meski letaknya di kawasan perbukitan yang cukup terpencil, objek wisata alam ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan dapat dengan nyaman menikmati liburannya bersama keluarga, kolega, sahabat, dan orang tercinta. Air Terjun Tirta Buana yang menawarkan pemandangan indah dan suasana asri cocok bagi Anda yang membutuhkan refreshing.

Daya tarik air terjun Tirta Buana

Daya tarik air terjun Tirta BuanaFoto oleh Suartini Kadek di Google Maps

Pemandangan indah

Bali sudah terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk di kawasan Buleleng. Indahnya panorama perbukitan hijau yang menyegarkan mata menjadi lukisan alam yang menarik perhatian banyak wisatawan. Banyak wisatawan yang datang ke wisata air terjun ini pada akhir pekan dan hari libur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sesampainya di air terjun, Anda akan dikelilingi perbukitan dengan pepohonan rindang. Alamnya indah dan tentunya bebas dari polusi udara. Lokasinya juga tidak terlalu dekat dengan jalanan kota sehingga cocok bagi Anda yang ingin menghirup udara segar di alam.

Air terjun yang keren

Tentu saja yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah indahnya pemandangan air terjun Tirta Buana yang dikelilingi perbukitan hijau. Berbeda dengan air terjun yang biasanya bersumber dari sungai-sungai di atasnya, Air Terjun Tibuan mengalir langsung dari mata air alami.

Air sejuk yang mengalir dari celah-celah bebatuan langsung mengalir ke bawah dengan kecepatan sangat tinggi, membentuk air terjun setinggi hingga 15 meter. Di bawahnya terdapat kolam air tempat wisatawan bisa bermain dan berenang. Airnya sangat bersih dan dingin alami khas air pegunungan.

Suasana tenang

Jika liburan pantai Anda terlalu ramai dikunjungi wisatawan, wisata air terjun ini mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat. Di tengah perbukitan yang indah, pengunjung bisa merasakan suasana alam yang tenang dan damai.

Anda tidak akan terganggu dengan kebisingan kota dan asap knalpot kendaraan. Yang terdengar di sekitar tempat wisata ini hanyalah suara angin dan air yang menenangkan. Mungkin suara burung dan binatang di hutan sekitar air terjun juga menjadi lagu alam yang menemani wisatawan.

Tempat foto

Daya tarik air terjun Tirta Buana atau dikenal juga dengan nama Tibuan adalah sebuah spot foto. Kebanyakan wisatawan datang ke tempat ini untuk mencari foto.

Pemandangan air terjun yang indah dari kejauhan menjadi latar foto yang populer di kalangan wisatawan. Aliran air terjun yang cukup deras menimbulkan warna kontras yang kontras dengan pemandangan perbukitan dan tebing batu di dekatnya.

Di tebing dekat air terjun juga terdapat papan nama besar yang sering dijadikan tempat selfie. Untuk menarik wisatawan, pihak pengelola membuat beberapa spot foto tambahan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Tirta BuanaFoto oleh Yusa Aryadana di Google Maps

Akses menuju destinasi wisata Air Terjun Tibuan cukup mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Lokasinya sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota Singaraja.

Anda bisa menggunakan jalur Singaraja – Bedugul hingga menemukan pertigaan menuju desa Lemukih di kilometer 18. Ikuti terus jalan tersebut hingga tiba di desa Pegadungan.

Carilah papan reklame besar di pinggir jalan bertuliskan “Air Terjun Tirta Buana” yang dapat membantu wisatawan mengarahkan arah menuju air terjun.

Anda dapat membawa kendaraan Anda ke tempat parkir. Namun setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan trekking sekitar 300 meter hingga menemukan air terjun cantik ini.

Objek wisata ini dikelola oleh pemerintah kota setempat dan harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 untuk satu orang. Wisata Air Terjun Tirta Buana di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali buka 24 jam setiap harinya. Jumlah pengunjung lebih tinggi pada akhir pekan dan hari libur.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun Tirta BuanaFoto oleh Mereka Tiang di Google Maps

1. Mendaki gunung

Perjalanan dari kawasan parkit menuju air terjun merupakan kegiatan yang menyenangkan khususnya bagi pecinta trekking. Jalannya naik turun, jadi harus hati-hati melangkah. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah perbukitan dan hutan di sekitarnya.

Meski jalur trekking menuju air terjun tidak terlalu panjang, namun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan.

Disarankan datang saat cuaca cerah agar tidak menjumpai jalan licin yang tertutup air hujan. Akses menuju air terjun sebagian besar melalui jalur darat dan terdapat tangga di sepanjang tanjakan dan turunan.

2. Berburu Foto

Kehabisan stok foto untuk diunggah ke media sosial? Coba deh cari foto di Air Terjun Tirta Buana yang menyuguhkan pemandangan mempesona.

Pemandangan indah perbukitan hijau yang mengelilingi air terjun bisa menjadi latar fotografi yang menarik. Dari kejauhan air terjun ini tampak bertingkat dan aliran air dari kolam cukup deras.

Anda yang suka selfie juga bisa melihat sendiri dengan berfoto di sekitar air terjun dan fasilitas yang tersedia. Jadi jangan lupa untuk membawa smartphone atau kamera saat berlibur di tempat ini.

Latar belakang air terjun yang mengalir menuruni tebing berbatu juga bisa mempercantik foto prewedding Anda bersama calon suami atau istri.

3. Nikmati pemandangannya

Air terjun seolah menjadi pemandangan yang tak pernah membosankan untuk dinikmati. Apalagi airnya mengalir cukup deras di tengah perbukitan hijau. Panorama alam indah yang ada di Tibuan ini bisa Anda nikmati.

Ada tiga aliran air terjun, semuanya mengalir di atas permukaan batu. Aliran air terjun di sini cukup lebar sehingga menciptakan pemandangan yang estetis. Anda juga bisa melihat air terjun dari dekat dan merasakan sejuknya percikan air di kulit Anda.

4. Piknik

Pengunjung akan menemukan pendopo di sekitar air terjun. Selain untuk beristirahat, gubuk sederhana ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat piknik bersama rombongan.

Bersantap sambil menikmati pemandangan alam yang akan membuat Anda serasa berada di rumah sendiri. Pengunjung bisa membeli makanan di kantin atau di warung makan yang ada di sekitar air terjun.

Wisatawan yang ingin menikmati liburan di Air Terjun Tirta Buana sebaiknya membawa perbekalan sendiri. Siapkan makanan, snack dan minuman sebelum mengunjungi tempat ini. Selepas makan, jangan lupa membersihkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah.

5. Berenang di Air Terjun Tirta Buana

Untuk membuat air lebih tenang, dibangunlah bendungan pada kolam alami di bawah air terjun. Pengunjung bisa berenang dengan lebih nyaman tanpa takut terseret arus sungai. Kedalaman kolam ini mencapai pinggang orang dewasa dan bahkan lebih dalam lagi di bawah air terjun.

Wisatawan sebaiknya berenang di tempat yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cekungan ini jarang tergenang air meskipun telah turun hujan karena air terjun ini tidak berasal dari sungai.

6. Rendam

Jika Anda tidak ingin membawa baju ganti atau tidak ingin kedinginan saat berenang, Anda mungkin bisa mencoba merendam kaki di sungai. Selepas mendaki gunung, air dingin dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot kaki.

Air yang meluap di kolam dialirkan ke sungai yang cukup lebar. Wisatawan bisa memilih tempat yang nyaman seperti batu besar untuk duduk dan merendam kaki. Anda bisa menikmati terapi gratis sambil menikmati keindahan air terjun Tirta Buana dan suara air yang jatuh ke dalam kolam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di air terjun Tirta BuanaFoto oleh Alex Travels di Google Maps

Meski dikelola secara mandiri oleh kelompok sadar wisata, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat telah disediakan untuk pengunjung. Parkir di sini juga gratis alias gratis.

Saat ini sudah terdapat toilet dan ruang ganti bagi wisatawan di sekitar air terjun Tirta Buana. Walaupun standar, toilet di tempat ini cukup nyaman dan bersih. Wisatawan yang ingin berganti pakaian setelah berenang bisa menggunakan salah satu fasilitas tersebut.

Fasilitas anjungan pun turut melengkapi objek wisata alam populer di Buleleng ini. Jika ingin membeli makanan dan minuman, wisatawan bisa mencarinya di beberapa warung makan sederhana yang ada di sekitar kawasan wisata ini.

Menarik bukan Air Terjun Tirta Buana dengan pesona alamnya yang mempesona? Tempat tersebut bisa kamu tambahkan ke dalam daftar destinasi wisata untuk liburan akhir pekan bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button