Tempat Wisata

Air Terjun Wae Warue, air terjun yang indah dan bumi perkemahan terbaik di Luwu Utara

Air Terjun Wae Warue terletak di Sulawesi Selatan dengan pemandangan yang sangat indah dan suasana yang sangat kental terasa.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Atue, Kec. Malilli, Cab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Berwisata ke alam memang menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan penat setelah bekerja keras. Tempat wisata yang direkomendasikan adalah Air Terjun Wae Warue Luwu Timur yang memiliki aktivitas paling indah dan menyenangkan.

Banyak wisatawan yang tertarik dengan kesan air terjun ini karena pemandangannya yang sangat indah. Sayangnya tidak banyak orang yang mengunjunginya karena tempatnya sendiri masih tersembunyi.

Oleh karena itu, jika orang berpikir bahwa wisata ini adalah permata tersembunyi terbaik, itu tidak salah. Meski begitu, kawasan wisata ini terlihat sangat asri dan menyenangkan, sehingga cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati wisata alam bertema air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Wae Warue

Daya Tarik Air Terjun Wae WarueSumber Gambar: Google Maps Muh Arjun

Bisa dibilang keindahan yang dimiliki sangat berbeda dengan wisata alam lainnya karena memukau para pengunjung. Masih terlihat sangat alami tanpa banyak perubahan untuk memberikan kesan yang baik, dan beberapa daya tarik yang dirasakan wisatawan adalah:

1. Keindahan alam yang luar biasa

Air terjun di Sulawesi ini memiliki keindahan tersendiri. Keindahan alam yang luar biasa akan mempesona setiap orang yang melihatnya. Hal ini terlihat dari pantulan cahaya yang dihasilkan dari jatuhnya air.

Saat hujan reda biasanya muncul pelangi yang sangat indah dan dapat memantulkan cahaya. Air terjun ini disinari seperti pelangi dan wisatawan akan sangat senang melihatnya.

2. Suasana alam terbuka

Daya pikat alam terbuka memang berhasil menyegarkan pikiran dari kesibukan beberapa hari belakangan ini. Suasana alam ini akan membawa kesegaran bagi setiap orang yang memasuki kawasan wisata ini.

Dari mana? Suasana dipercantik dengan rimbunnya pepohonan yang sangat hijau. Meski matahari menyinari air terjun ini, tetap tidak terasa panas karena kesegaran air terjun ini lebih kuat dan cocok dikunjungi saat musim kemarau.

3. Tidak ada jam operasi

Wisata air terjun Warue ini bisa dikunjungi kapan saja karena tidak ada jam buka dan tutup. Karena kawasan wisata ini sangat terbuka, bisa dikunjungi kapan saja dan tidak ada pengelola air terjun ini.

Namun, wisatawan perlu memperhatikan kebersihan saat berkunjung ke kawasan wisata ini. Dan jika ingin berkunjung pada jam sibuk, disarankan untuk datang pagi-pagi sekali, karena kesejukan air terjun disertai embun pagi sangat cocok.

4. Tempat perkemahan yang direkomendasikan

Daya tarik selanjutnya adalah sangat cocok untuk berkemah. Baik untuk berkemah dalam kelompok besar atau kelompok kecil. Tidak jarang berkemah di sini karena merupakan tempat yang sangat nyaman dan aman.

Bukan berarti di area air terjun ini ada yang camping, namun masih banyak tempat yang agak jauh dari air terjun namun memiliki lapangan sendiri untuk mendirikan tenda. Suasana malam sendiri tidak akan kalah menyenangkan dengan suasana pagi hari.

5. Lokasi mudah dijangkau

Air terjun ini sebenarnya berada di daerah yang asing dan kurang dikenal seperti di Sulawesi. Namun, selama wisatawan memiliki alamat yang tepat, mereka dapat mengunjunginya dengan sangat mudah karena tempatnya sangat mudah dijangkau.

Bahkan di Sulawesi Selatan tepatnya banyak terdapat air terjun, sehingga anda tidak bingung ingin mengunjungi bagian wisata yang mana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Wae WarueKredit Foto: Google Maps Anas bin malik

Situs itu sendiri terletak di Kabupaten Luwu Utara di Sulawesi Selatan. Di tempat ini, wisatawan dapat dengan mudah menemukan air terjun.

Namun, perlu diketahui bahwa medannya cukup menegangkan. Untuk bisa mencapai air terjun ini Anda harus melintasi berbagai jenis genangan air yang ada di kawasan ini. Ini karena banyak air terjun berada di area yang sama.

Rute dari tempat ini cukup mudah untuk ditempuh, jika anda berada di pusat Kabupaten Luwu Utara sebenarnya cukup jauh karena membutuhkan waktu tempuh 5 jam berkendara. Dari pusat Kabupaten Luwu Utara → lanjut ke Jl. Palopo – Tomoni → lalu masuk ke Jl. Trans Wotu – Malili, lalu ke air terjun ini.

Biaya masuk wisata alam

Sebenarnya kawasan wisata ini merupakan tempat umum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja kapan saja. Dengan kata lain, tidak ada biaya ketika Anda datang ke sini. Masih belum ada warga yang mengelola tempat ini sehingga bisa masuk dengan leluasa.

Namun, karena merupakan kekayaan daerah Sulawesi Selatan, maka perlu dipelihara dan dilestarikan. Saat berkunjung ke kawasan ini wajib diperhatikan kebersihannya agar tetap lestari.

Aktivitas menarik di Air Terjun Wae Warue

Aktivitas menarik di Air Terjun Wae WarueSumber Gambar: Google Maps Muh Arjun

Berbagai macam aktivitas menarik bisa dilakukan wisatawan di kawasan wisata Air Terjun Wae Warue. Dan tentunya untuk kegiatan dengan area outdoor yang berbeda, seperti:

1. Mandi di air terjun

Para wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik, mandi di air terjun dengan berendam di sekitar air yang mengalir. Namun perlu diperhatikan bahwa kegiatan ini akan dilihat oleh pengunjung lain, sehingga Anda harus menjaga sopan santun.

2. Tangkap ikan

Hal-hal menarik juga bisa dilakukan di kawasan air terjun ini seperti: B.Menangkap ikan. Bisakah Anda memancing di daerah ini? Tentu diperbolehkan asalkan cara yang digunakan benar dan ikan serta turis lainnya tidak terancam punah.

Di kawasan ini masih sangat alami dan terkesan dengan keindahan alamnya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkap ikan segar. Gunakan pancing yang tepat dan hindari penggunaan obat-obatan berbahaya.

3. Berkemah di malam hari

Seperti yang sudah disebutkan, di kawasan air terjun eksotis ini telah dibuatkan tempat khusus untuk bisa mendirikan tenda. Jadi kegiatan yang bisa dilakukan adalah berkemah pada malam hari bersama teman atau bersama rombongan besar.

Tak jarang kegiatan camping ini dilakukan oleh banyak orang, baik pelajar, sekolah dan lainnya. Didukung dengan pepohonan yang rindang, suasana camping menjadi lebih menyenangkan.

4. Kegiatan barbekyu

Selain berkemah, BBQ di sekitar air terjun adalah kegiatan yang bisa dilakukan bersama. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dipersiapkan dengan baik. Siapkan api unggun di sekitar Air Terjun Wae Warue yang sejuk.

Dengan begitu suasana akan terasa lebih nyaman dan berkesan. Hal ini biasa dilakukan para turis saat liburan panjang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Wae WareKredit Foto: Google Maps Anas bin malik

Meski tidak dikelola oleh pemerintah atau warga sekitar, fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas wisatawan. Misalnya seperti tempat perkemahan, air terjun yang mengalir dengan tenang dan bisa digunakan untuk mandi.

Padahal, fasilitas penunjangnya belum lengkap dan semoga ke depannya kawasan wisata ini bisa mendapat perhatian khusus dan berkembang dengan baik. Dengan begitu, kawasan wisata bisa menjadi obyek yang lebih menarik.

Hal tersebut tidak menutup kesempatan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan air terjun Wae Warue ini. Akan sangat menyenangkan untuk mengunjungi bersama keluarga dan teman-teman untuk berkemah dengan pemandangan yang sangat bagus dan indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button