Tempat Wisata

Air Terjun Waikelo Sawah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Bumi Sumba memiliki iklim yang sangat unik yaitu musim kemarau yang lebih panjang dibandingkan dengan daerah lain. Di wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur, musim kemarau biasanya berlangsung selama 9 bulan sedangkan musim hujan lebih singkat, sekitar 3 bulan. Hal ini tentu saja membuat tanah di wilayah Sumba seringkali kering dan tandus serta kekurangan air. Beruntung, kawasan ini juga memiliki mata air tawar yang tak pernah kering, termasuk Air Terjun Waikelo Sawah.

Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo Sawah terletak di kecamatan Wewewa Timur. Kawasan ini sudah ada sejak tahun 1976 dan dirancang untuk irigasi dan pembangkit listrik. Dengan pembangkit listrik ini, Sumba memiliki PLTA (pembangkit listrik tenaga air) pertama. PLTA memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat, terutama pada musim kemarau.

Daya Tarik Air Terjun Waikelo Sawah :

Obyek wisata Air Terjun Waikelo Sawah ini berada di kaki bukit dan memiliki pepohonan rimbun yang sejuk. Aliran air ini banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci pakaian dan mandi sambil menikmati pemandangan indah di sekitar objek wisata. Apalagi saat musim kemarau tiba, kawasan air terjun ini biasanya ramai dikunjungi masyarakat setempat.

Berdasarkan penelusuran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya, debit debit air yang mengalir cukup tinggi sekitar 1000 liter/detik. Air terjun yang subur menawarkan manfaat luar biasa bagi penduduk desa sekitar.

Sungai Air Terjun Waikelo Sawah biasa digunakan untuk mengairi sawah warga seperti di Desa Tema Tana, Mareda Kalada, Kalembu Ndara Mane, Wee Rame, Desa Tanggaba, Dikira dan juga Pada Eweta.

Jika Anda melihat lebih dekat ke dalam bendungan air terjun dan juga gua di Waikelo Sawah, mata air ini memiliki air yang sangat jernih. Sumber air alami ini sering digunakan untuk irigasi. Selain airnya yang jernih dan bersih, kawasan wisata ini juga memiliki keindahan alam yang mempesona.

Profil goa di tempat wisata ini menampilkan stalagmit dan stalagtit yang indah. Di mulut goa juga terdapat penampakan yang unik seperti bentuk taring atau gigi. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang bertanya-tanya mengapa giginya raksasa. Karena ukurannya, banyak yang menyebutnya sebagai wujud raksasa yang menyemburkan air dari mulutnya.

Kolam yang cukup besar muncul di dalam gua. Kolam berisi air pirus jernih. Air yang tampak bersih dan jernih ini selalu terjaga kehigienisannya dari kotoran.

Di dalam gua, di atas langit-langit gua, terdapat sebuah lubang yang cukup besar yang menghubungkan ke bagian luar bukit. Hal ini memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam gua dan memantulkan cahaya yang sangat mempesona. Keindahan fenomena alam yang indah ini semakin menakjubkan pada siang hari ketika ada cahaya terang sekitar pukul 11.00 WITA.

Warna lumut hijau cerah terungkap di dinding gua dan permukaan air. Ukiran stalagtit dan stalagmit yang indah juga menghiasi lumut hijau, memberikan tampilan yang mengesankan.

Pantulan sinar matahari dari luar membuat takjub pengunjung yang berada di dalam goa. Kemegahan pemandangan ini bahkan membuat para pengunjung merasakan bahwa kawasan wisata air terjun di Sumba Barat ini seindah wisata Koh Phi Phi Thailand.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan keanekaragaman alam yang ditawarkan Waikelo Sawah, tetapi juga dapat menikmati perjalanan tracking melintasi persawahan. Dalam aktivitas seru ini, Anda akan disuguhi keindahan pemandangan alam berupa persawahan yang terlihat rimbun dan hijau. Anda juga bisa merasakan suasana khas pedesaan yang akan membuat pikiran segar dan fresh.

Kawasan Air Terjun Waikelo Sawah memang menawarkan panorama alam yang memikat. Dulu ada kolam renang, tapi tidak bertahan lama. Tambak yang sebelumnya rusak tidak diperbaiki sehingga terkesan ada yang kurang.

Fasilitas Air Terjun Waikelo Sawah:

Kawasan wisata Air Terjun Waikelo Sawah belum memiliki fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Bagi anda yang ingin menikmati wisata di kawasan air terjun, kami harap anda menyiapkan perbekalan berupa makanan dan minuman karena di tempat wisata ini tidak ada warung makan atau penjual minuman.

Biaya masuk ke Air Terjun Waikelo Sawah

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Air Terjun Waikelo Sawah Jam Buka:

Lokasi dan Rute Air Terjun Waikelo Sawah:

Air Terjun Waikelo Sawah terletak di Waikelo Sawah, Tema Tana, Tim Wewewa, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Dengan kendaraan bermotor, perjalanan dapat dilakukan dari Bandara Tambolaka ke tempat-tempat menarik dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Bendungan kecil dan indah didukung oleh keindahan gua. Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang terlihat asri, indah dan asri. Berada di kaki bukit dengan rerimbunan pepohonan dan persawahan, warga menciptakan nuansa alam yang menyejukkan di kawasan wisata Air Terjun Waikelo Sawah.

Sekilas, objek wisata Air Terjun Waikelo Sawah terlihat seperti gua alam. Wisata air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 3m dan lebar 4m, pintu masuk goa tempat wisata ini berlangsung berupa kolam berisi air jernih. Kolam ini sekilas terlihat tenang, namun pengunjung biasanya dilarang berenang di area tersebut karena arus yang kuat dari kolam tersebut.

Peta lokasi Air Terjun Waikelo Sawah

Tips mengunjungi Air Terjun Waikelo Sawah

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berharga di Air Terjun Waikelo Sawah. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Waikelo Sawah adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Air Terjun Waikelo Sawah untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Air Terjun Waikelo Sawah.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Waikelo Sawah.

Galeri Foto Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo SawahAir Terjun Waikelo Sawah Sumber : google.comAir Terjun Waikelo SawahAir Terjun Waikelo Sawah Sumber : google.comAir Terjun Waikelo SawahAir Terjun Waikelo Sawah Sumber : google.comSpot foto di samping air terjunPotret Air TerjunMatahari terbit di Air Terjun Waikelo SawahAkses menuju air terjunMandi di air terjunberburu fotoPotret air terjun dari udara

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button