Berita Wisata

Apa saja tempat wisata gratis di bandung? Ini rekomendasinya

www.hoperakyat.com,- Tempat wisata di Bandung Jawa Barat bisa kamu nikmati gratis saat liburan akhir pekan di kota yang berjuluk Paris van Java ini. Ada beberapa tempat wisata Instagrammable gratis. Sangat cocok untuk selfie.

Bandung memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga tempat-tempat cantik dan unik yang instagrammable. Pengunjung bisa menikmatinya secara gratis.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut enam tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Bandung.

Inilah 6 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Bandung

Jalan Bragan

Di sepanjang Jalan Braga banyak terdapat bangunan cagar budaya. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang memilih jalan ini sebagai spot selfie mereka saat berkunjung ke Bandung.

Baca juga : Kota paling efisien di Jawa Barat, dana belanjanya lebih kecil dari PAD

Selain bangunan cagar budaya, Jalan Braga juga memiliki keistimewaan lain seperti kursi kayu serta ornamen berupa bebatuan dan tiang lampu berbentuk unik. Ada juga deretan tabebuya.

Wisatawan juga bisa menikmati tempat-tempat menarik lainnya di Jalan Braga, seperti deretan lukisan yang dipajang di sepanjang trotoar, pertunjukan jalanan.

Teras Cikapundung

Tempat wisata gratis di Bandung selanjutnya adalah Teras Cikapundung. Obyek wisata ini dibangun oleh BBWS Citarum. Suasananya masih alami, banyak pepohonan rindang yang membuat tempatnya sejuk dan nyaman.

Tempat favorit wisatawan adalah aliran Sungai Cikapundung. Pengunjung bisa menaiki perahu karet sambil berswafoto dengan latar belakang panorama alam yang hijau.

Bahkan, anak-anak bisa bermain air atau berenang di sungai yang cukup dangkal di sekitar Teras Cikapundung.

Tempat wisata gratis ini terletak di Jalan Babakan Siliwangi dan buka 24 jam setiap hari.

Baca juga : Disparbud Jabar membuat desa wisata di Jabar

Jalan hutan Babakan Siliwangi

Selain itu, ada forest walk Babakan Siliwangi yang menjadi salah satu tempat wisata gratis di Bandung. Di tempat ini pengunjung bisa berjalan kaki melewati kawasan hutan kota.

Luas kawasan hutan kota adalah 3,8 hektar. Di dalamnya terdapat jembatan kayu yang panjangnya mencapai 2,3 kilometer. Di tengah jembatan terdapat kursi untuk pengunjung yang ingin bersantai.

Jembatan ini menjadi spot foto yang paling menarik bagi wisatawan sehingga sering berswafoto dengan pemandangan indah hutan kota yang sejuk sebagai latar belakang.

Hutan Kota yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Bandung, buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Menara Sate

Tempat wisata gratis di Bandung berikutnya adalah Gedung Sate. Gedung yang berdiri sejak tahun 1920 ini telah menjadi ikon provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Kesadaran pengunjung masih kurang, timbulan sampah di Al Jabbar mencapai 2,5 ton

Proses pembangunan gedung ini memakan waktu hingga empat tahun. Saat itu masih pada masa penjajahan Belanda.

Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan budaya Barat dan Timur. Sedangkan desainnya merupakan karya seorang arsitek bernama J Berger.

Gedung Sate merupakan kantor Gubernur Jawa Barat dan sering menjadi spot selfie para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Museum KAA menjadi tempat wisata gratis di Bandung

Pemrakarsa pembangunan museum ini adalah Prof. dr.Mochtar Kusumaatmadja. Tujuannya untuk memperingati 25 tahun Konferensi Afro-Asia (KAA) pertama.

Museum Konferensi Asia-Afrika kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980, tepatnya pada tanggal 24 April.

Baca juga : Temukan sejarah Masjid Raya Bandung, destinasi wisata religi di Jawa Barat

Di dalam museum, pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter kondisi dunia hingga tahun 1950. Selain itu, juga terdapat foto-foto acara KAA, perpustakaan, pameran temporer sejarah diplomasi Indonesia.

Museum Konferensi Asia Afrika buka setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Lapangan Gasibu

Lapangan Gasibu merupakan salah satu tempat wisata gratis bagi pengunjung. Lokasinya dekat dengan Gedung Sate.

Masyarakat setempat biasanya memanfaatkan lahan ini untuk berolahraga pada pagi dan sore hari. Sedangkan pada malam hari ramai dengan wisatawan yang datang karena lokasinya yang sangat strategis.

Wisatawan yang datang ke Lapangan Gasibu tidak akan kehilangan pandangan untuk berswafoto dengan background Gedung Sate.

Itulah rekomendasi enam tempat wisata gratis di Bandung yang Instagrammable. Jangan lewatkan jika Anda mengunjungi Bandung. (R3/RH-Online/Editor-Eva)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button