Tempat Wisata

Atraksi, Sunset & Tiket Masuk

Gili Trawangan sebagai tempat wisata di Lombok menjanjikan segala kesenangan yang bisa Anda dapatkan dalam perjalanan liburan Anda.

Jadi jika Anda berkesempatan berwisata ke pulau seribu masjid, jangan lewatkan untuk berkunjung Gili Trawangan yang sudah dikenal sebagai tempat wisata populer di pulau Lombok.

Gili Trawangan

Jika Anda ingin merasakan liburan di sebuah gili yang tertata rapi, bersih, sejuk dan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, maka tidak perlu mencari lagi. target yang harus Anda kunjungi Gili Trawangan di pulau Lombok.

Tempat wisata ini sudah lama menjadi tempat favorit para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, sebagai tempat melepas segala penat setelah rutinitas kehidupan sehari-hari.

Bagi yang datang jauh-jauh dari Lombok, Anda tidak perlu khawatir mencari penginapan di dekat Gili Trawangan. Sudah banyak Gili Trawangan Hotel atau Gili Trawangan resor siap menampung anda.

Gili Trawangan merupakan salah satu dari gugusan tiga tanggul di Pulau Lombok yang saling berdekatan.

Selain Gili Trawangan, ada dua gili lain di dekatnya yang juga sering menjadi tujuan liburan bagi wisatawan lokal dan juga beberapa wisatawan mancanegara. Kedua tanggul tersebut adalah Gili Air dan Gili Meno.

matahari terbit-tanggul-trawangan

Namun bila membandingkan Gili Trawangan dengan kedua saudaranya, Gili Trawangan lah yang paling terkenal. Hal itu terungkap dari pengunjung tiga tanggul yang jumlahnya didapat dari Gili Trawangan.

Gili Trawangan bisa dikunjungi tak kurang dari ribuan wisatawan setiap harinya. Dan karena banyaknya penginapan, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang menginap. Baik siang maupun malam hari.

Terutama wisatawan mancanegara biasanya datang ke Gili Trawangan sebelum atau sesudah berkunjung Tempat wisata di Bali.

Kawasan wisata Gili Trawangan ditata dengan sangat rapi dan bersih oleh pihak pengelola. Selain keindahan alamnya, tanggul ini juga lebih nyaman untuk ditinggali karena aturan Gili Trawangan bebas dari kendaraan bermotor.

properti-wisatawan-terpopuler di-lombok-gili-trawangan

Anda tidak akan pernah menemukan satu pun sepeda motor atau mobil di tanggul ini, satu-satunya moda transportasi yang tersedia adalah sepeda dan cidomo, alat transportasi tradisional masyarakat Lombok.

Dengan aturan tersebut, kawasan Gili Trawangan nantinya akan menjadi tempat yang sejuk, bersih, segar dan tentunya ramah lingkungan.

Bersandar di bibir pantai, Anda akan menemukan suasana pantai Gili Trawangan yang sangat bersahabat. Selain kebersihannya yang selalu terjaga, pantai berpasir putih dan air laut yang bergelombang tenang akan menjadi tempat yang sangat nyaman bagi Anda untuk melakukan aktivitas apapun.

gili-trawangan-ayunan-naik

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan dalam satu waktu saat berlibur Tempat wisata di Lombok Ini. Selain menghabiskan waktu di pantai, ada beberapa tempat menarik di mana Anda bisa menikmati aktivitas seru lainnya.

Mengenai kegiatan wisata di Gili Trawangan Anda dapat menemukan informasi rinci pada bagian selanjutnya di bawah ini.

Banyak yang bertanya di mana Gili Trawangan?

Masyarakat Lombok dan sekitarnya sudah paham dan mungkin sudah mengetahui lokasi Gili Trawangan dan Gili lainnya. Namun bagi masyarakat yang jauh dari Lombok pasti belum paham dan belum mengetahui lokasi Gili Trawangan.

Gili Trawangan berlokasi di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju tempat wisata populer di Lombok ini, Anda harus menyeberangi lautan yang memisahkannya dengan pulau Lombok.

Cara paling praktis menuju Gili Trawangan adalah dengan speedboat menyeberang melalui Teluk Nara atau Pelabuhan Bangsal yang terletak di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Biaya penyeberangan hanya dengan speedboat Rp85.000/orang. Atau jika ingin berhemat, gunakan saja perahu kayu dengan harga yang jauh lebih murah, yakni saja Rp.15.000/orang.

Jam buka dan biaya masuk Gili Trawangan

Setahu kami, Gili Trawangan selalu terbuka untuk kunjungan wisatawan setiap harinya. Hanya saja, wahana atau fasilitas wisata yang ada di dalamnya mungkin memiliki jam operasional yang berbeda.

Begitu juga dengan tiket masuk Gili Trawangan. Anda tidak perlu membayar biaya sedikit pun untuk berpartisipasi.

Namun, di luar pintu masuk utama Gili Trawangan, Anda bisa menemukan kotak sumbangan pengunjung yang bisa Anda isi dengan uang sesuka Anda. Atau jika Anda tidak ingin menyumbang, tidak ada yang memaksa Anda.

Lagi-lagi, hanya saja beberapa wahana dan fasilitas yang ada di kawasan Gili pasti menerapkan sistem ticketing untuk bisa menggunakannya. Jadi persiapkan saja dirimu anggaran cukup untuk liburan di Gili Trawangan.

Sebagai tempat wisata paling populer Gili Trawangan Lombok telah berhasil mengundang jutaan wisatawan setiap tahunnya. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha Lombok yang berkecimpung di industri pariwisata.

Fasilitas dan Aktivitas di Gili Trawangan

Liburan sebenarnya adalah aktivitas menyenangkan yang identik dengan kegiatan outdoor. Jadi saat Anda berada di Gili Trawangan, singsingkan lengan baju Anda dan lakukan apapun yang membuat Anda merasa nyaman.

Ada beberapa wahana dan fasilitas wisata di Gili Trawangan. Tapi ingat, lakukan aktivitas yang baik dan jangan melanggar aturan.

1. Jelajahi laut dengan kayak

Laut Gili Trawangan dengan air yang jernih dan spesies yang berbeda biota Laut yang menghiasi menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi tempat wisata ini. Anda bisa menjelajahi laut dengan berbagai sarana yang tersedia, salah satunya adalah penggunaan kayak.

Kayak Tanggul Trawangan

Kayak itu sendiri adalah perahu mini dengan semua bagian transparan. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat keindahan karang dan ikan, serta kehidupan laut lainnya tanpa halangan, tepat di bawah tempat duduk Anda di kayak.

Karena hanya cocok untuk maksimal dua orang, Anda dapat menjelajahinya Lautan Gili Trawangan Kayak sendirian atau ditemani teman.

Dengan membayar biaya sewa sekitar Rp.300.000anda bisa bersantai menikmati keindahan laut gili trawangan sampai puas.

2. Bersepeda di sekitar Gili

Gili Trawangan yang indah dan bersih akan membuat semua orang penasaran untuk menjelajahi setiap sudutnya. Untuk kegiatan ini, Anda bisa menyewa sepeda dari beberapa tempat persewaan sepeda yang tersebar di sekitar kawasan Gili.

bersepeda di tanggul-trawangan

Mengayuh sepeda dan sesekali memotret objek-objek menarik dengan kamera tentu menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan.

Namun perlu diingat bahwa sebagian besar jalan di Gili Trawangan biasanya tertutup oleh pasar yang terkubur. Agar wisata Anda di sekitar Gili tidak terhalang, ada baiknya mengambil rute melalui pantai.

Dan itu berarti Anda juga harus pintar-pintar memilih sepeda yang ingin Anda sewa. Pilihlah sepeda dengan ban yang cukup besar agar lebih leluasa mengarungi jalur pantai yang berpasir dan licin.

Untuk menikmati aktivitas di sekitar Gili dengan sepeda, Anda cukup membayar biaya sewa sepeda maksimal Rp 100.000 per hari.

3. Tonton Presean

Acara tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan di Gili Trawangan. Acara ini menampilkan dua pria Sasak, biasa disebut Pepadu, saling serang dengan cambuk (cambuk/ujung) yang terbuat dari rotan.

presean-gili-trawangan

Namun acara ini tidak berlangsung setiap hari, pertunjukan biasanya hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya setelah panen raya Sasak atau saat musim kemarau panjang.

Percaya atau tidak, acara pra-sean bagi suku Sasak ini juga merupakan acara sakral sebagai media untuk meminta hujan.

Gili Trawangan biasanya mengadakan acara presean di sekitar kawasan Pasar Seni Gili Trawangan.

4. snorkeling dan Menyelam

Kedua kegiatan ini paling disukai wisatawan mancanegara. Saat cuaca sedikit lebih terang, mereka biasanya ramai noda snorkel dan Menyelam yang ada di Gili Trawangan.

snorkeling-diving-gili-trawangan

Jika Anda ingin mencoba snorkel atau Menyelam, kemudian memilih lokasi di kawasan sekitar tiga Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Alasannya karena itu bukan segalanya Pekerjaan Yang ada di Gili Trawangan cocok untuk kedua aktivitas tersebut.

Tidak pernah mencoba snorkel dan Menyelam? Tak masalah, instruktur atau pelatih sudah disiapkan untuk Gili Trawangan snorkel dan Menyelam dengan lisensi resmi. Jadi kamu bisa belajar dulu sebelum mencoba.

5. Nikmati keindahannya matahari terbit dan matahari terbenam

Gili Trawangan adalah tempat yang tepat untuk menikmati momen matahari terbit dan terbenam. Sebenarnya tempat wisata di Lombok ini ada beberapa Spot matahari terbit dan terbenam disediakan oleh administrator.

Sunset Sunrise Tanggul Trawangan

Ke matahari terbenam-on, Anda dapat memilih Pekerjaan terletak di depan Hotel Ombak. Ada beberapa wahana ayunan yang disiapkan bagi wisatawan untuk melihat sunset lebih jelas sambil bersantai di atas ayunan.

Kemudian untuk matahari terbit-sebuah, Pekerjaan yang terbaik ada di dalam Klub Pantai Titik atau matahari terbit batang yang terletak di sebelah barat tanggul. Lokasinya yang berada di pinggir laut juga memungkinkan Anda untuk menyaksikan matahari terbit dengan lebih leluasa.

Baca juga: Pulau Pahawang Lampung

Dengan keindahan kawasan yang dimilikinya, serta perbaikan dan penambahan fasilitas yang terus dilakukan pengelola.

Gili Trawangan sepertinya akan terus memantapkan diri sebagai satu-satunya tempat wisata di Lombok yang terkenal tidak hanya di nusantara tetapi di seluruh dunia. Jadi kapan nih sobat ke Gili Trawangan?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button