Tempat Wisata

Bali Turtle Island, tempat penangkaran penyu dengan panorama hutan bakau yang mempesona di Badung

Temukan keajaiban Pulau Penyu di Bali, suaka penyu yang unik dipadukan dengan keindahan alam hutan bakau, menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan.

Biaya tur: Mulai dari Rp 5.000, Jam beroperasi: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Benoa, Kec. Kuta Selatan, Cab.Badung, Bali; Map: Periksa lokasinya

Pulau Penyu Bali menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata. Pulau yang termasuk dalam kawasan wisata Tanjung Benoa Kabupaten Badung ini merupakan salah satu yang terpopuler di Bali. Tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa berinteraksi dengan penyu yang terbilang sangat jinak.

Sesuai dengan namanya, sebenarnya terdapat banyak penyu di pulau ini. Artinya, Anda bisa menyaksikan penyu kapan saja tanpa harus memperhatikan musim tertentu. Tentunya masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan selain mengamati penyu. Apa yang kamu? Mari kita cari tahu.

Sejarah Pulau Penyu Bali

Sejarah Pulau PenyuFoto: Google Maps/Dunggio Hendra

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas sekilas tentang sejarah pulau penyu Bali. Karena sebelum menjadi tempat penangkaran penyu yang terkenal seperti sekarang ini, pulau ini hanyalah sebuah kawasan yang cukup luas yang menjadi habitat penyu hijau.

Beginilah penampakan penyu hijau di pesisir pantai saat hendak bertelur. Saat musim kawin, Anda bisa melihat banyak hewan muda yang berusaha menuju laut. Jadi semuanya terjadi secara alami tanpa bantuan manusia. Sayangnya, keberadaan penyu ini semakin langka pada tahun 1990-an.

Bahkan keberadaan penyu di Pulau Bali sempat dianggap hampir punah pada saat itu. Dalangnya adalah masyarakat Bali yang kerap berburu penyu untuk dikonsumsi. Biasanya penyu ini juga diburu untuk ritual keagamaan.

Namun setelah larangan berburu penyu hijau diberlakukan, masyarakat berinisiatif menjadikan pulau di Tanjung Benoa ini sebagai tempat perlindungan penyu. Hingga saat itu, pulau ini dikenal dengan nama Pulau Penyu Bali dan menjadi tujuan wisata populer.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Penyu Bali

Atraksi Pulau PenyuFoto: Google Maps/Antonius Haniba

1. Penangkaran dan konservasi penyu

Namanya Pulau Penyu. Apa yang lebih menarik daripada melihat penyu yang ramah? Karena ditetapkan sebagai tempat penangkaran penyu, wisatawan dapat dengan mudah melihat dan berinteraksi langsung dengan penyu. Meski awalnya merupakan tempat penangkaran penyu hijau, kini banyak jenis penyu lain yang bisa ditemukan di sana.

Bahkan, tidak hanya penyu, beberapa hewan jinak lainnya pun dipelihara di kawasan penangkaran tersebut, seperti iguana, kera, burung, bahkan ular. Semua hewan tersebut, termasuk penyu, bisa diajak berfoto bersama. Jangan khawatir, mereka jinak dan Anda akan dibantu oleh petugas saat mengambil foto.

2. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa merupakan salah satu tempat di Pulau Penyu Bali yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan karena letaknya yang sangat dekat. Dengan pasir putihnya yang indah kontras dengan birunya air laut, panorama pantai ini terlihat sangat Instagrammable.

Anda yang suka fotografi dan mengisi feed Instagram Anda dengan berbagai foto estetik pasti akan puas di sini. Selain berburu foto, Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas olahraga air. Olahraga air yang tersedia di Pantai Tanjung Benoa antara lain parasailing, jet ski, seawalker atau ocean walker, fly fishing, speed boat, dan donut boat.

3. Keindahan hutan mangrove

Di bagian barat Tanjung Benoa Anda akan menemukan keindahan hutan bakau. Biasanya banyak wisatawan yang menjelajahi kawasan tersebut untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alam hutan bakau. Anda bisa merasakan keindahan hutan bakau dari dekat dengan menaiki jet ski. Waktu yang Anda perlukan untuk menjelajahi kawasan ini dengan jet ski adalah sekitar 30 menit.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau PenyuFoto: Google Maps/Pulau Penyu

Pulau Penyu secara administratif merupakan bagian dari wilayah Desa Pakraman Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Anda bisa melintasi pesisir Pantai Tanjung Benoa dengan menggunakan perahu untuk menuju Pulau Penyu. Perjalanan melalui laut memakan waktu kurang lebih 15-20 menit.

Selain kapal biasa, saat ini tersedia jenis armada yang sangat khusus yaitu kapal berlantai kaca. Keistimewaannya terletak pada lantai yang terbuat dari kaca transparan sehingga memungkinkan penumpang melihat dunia bawah laut. Selama perjalanan Anda akan disuguhi keindahan terumbu karang dengan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang di sekitarnya.

Biaya tur pulau

Harga tiket masuk Pulau Penyu di Bali hanya Rp 5.000-Rp. 10.000 saja untuk warga dan Rp 10.000-Rp. 20.000 untuk wisatawan asing. Termasuk sangat murah, bukankah wisata Bali dinilai sangat populer? Namun ada biaya tambahan jika ingin mengunjungi pulau yang merupakan tempat penangkaran penyu ini.

Dimana Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp. 350.000 untuk perahu glass bottom. Jangan khawatir, satu perahu hanya mampu menampung maksimal 10 orang, jadi Anda bisa berangkat bersama rombongan. Kapal beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Jadi pastikan Anda datang ke sini di antara waktu-waktu tersebut.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau PenyuFoto: Google Maps/Pt Ramachandran

Berinteraksi dengan hewan yang berbeda

Tak hanya sekedar melihat-lihat, dapatkan pengalaman seru dengan berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di pulau tersebut. Ada kolam dengan penyu dengan ukuran berbeda. Bahkan ada akuarium dengan penyu yang sangat besar. Kura-kura ini konon berusia di atas 80 tahun.

Pengunjung bisa turun ke kolam-kolam tersebut untuk mengambil foto atau bahkan memegang penyu. Namun, pastikan untuk mengikuti instruksi petugas agar Anda dapat menangani dan mengambil penyu dengan baik. Selain penyu, wisatawan juga bisa berfoto bersama hewan peliharaan lainnya seperti iguana dan ular.

Mengikuti kegiatan pelepasan tukik di pulau penyu Bali

Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa mengikuti kegiatan pelepasan tukik di Pulau Penyu Bali. Kegiatan ini dilakukan beberapa bulan setelah telur penyu menetas. Musim penangkaran penyu umumnya berlangsung pada bulan April hingga akhir tahun. Jika memungkinkan, wisatawan dapat bekerja sama dengan aparat dan warga sekitar untuk mencari sarang penyu dan mengamankan telur penyu.

Cobalah wahana di Pantai Tanjung Benoa

Jika ingin bermain-main dengan penyu, Anda bisa mencoba berbagai wahana di Pantai Tanjung Benoa. Ada banyak wahana seru dan ekstrim di kawasan pantai ini. Tidak hanya bisa dikendarai sendirian, namun juga bisa dinikmati bersama rombongan, misalnya naik donut boat yang bisa menampung 2-5 orang sekaligus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau PenyuFoto: Google Maps/Perjalanan Hasyim

Karena sudah menjadi destinasi wisata bahari yang populer di Bali, tentu saja dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Diantaranya terdapat kamar mandi dan toilet, tempat relaksasi berupa pendopo dan beberapa bangku panjang, warung makan, musala dan berbagai wahana seru.

Jika belum puas menikmati segala keindahan dan keseruan Pulau Penyu Bali dan Tanjung Benoa, Anda juga bisa menginap di sini dan memanfaatkan pilihan akomodasi yang tersedia. Terdapat banyak pilihan hotel dan homestay dengan harga terjangkau.

Apakah Anda berencana berlibur ke Bali dalam waktu dekat? Jika iya tentu Pulau Penyu di Bali wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Di sini Anda bisa berinteraksi langsung dengan penyu-penyu jinak sehingga tidak hanya perlu melihat dari kejauhan saja. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman berharga yang membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button