Tempat Wisata

Balong Keramat Darmaloka: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Keindahan wisata Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran jika sejumlah tempat berkembang menjadi destinasi wisata unik dan menarik untuk acara liburan seru. Saat berkunjung ke kawasan Kuningan Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke salah satu tempat wisata yang ada.

Balong Keramat Darmaloka adalah sebuah danau kecil yang menjadi objek wisata di kawasan Kuningan. Meski saat ini kondisinya memprihatinkan, tidak ada yang menghalangi Anda untuk mengunjungi danau yang penuh dengan legenda sakral ini.

Bukan hanya sebuah danau untuk dinikmati keindahannya, pemandangan sekitar dengan pepohonan yang rindang membuat suasana semakin sejuk, apalagi letaknya yang berada di pinggir jalan utama membuat Anda merasa tenang dan rileks.

Fasilitas di Balong Keramat Darmaloka

Menjadi salah satu tempat wisata yang masih menjadi pilihan tujuan berlibur, berbagai fasilitas juga tersedia di sana. Berbagai fasilitas seperti toilet umum, mushola, tempat parkir, warung pinggir jalan di kawasan, tempat parkir dan juga fasilitas balon udara yang terdiri dari 3 mata air.

Selain itu, di situs ini terdapat makam Syekh Rama Haji Irengan, utusan Walisongo untuk dakwah Islam di daerah Kuningan, Jawa Barat. Selain digunakan sebagai objek wisata, tempat ini juga menjadi tujuan religi bagi penduduk setempat yang berziarah ke makam.

Sejarah Darmaloka Keramat Balong

Balong Keramat Darmaloka Kuningan tidak hanya menjadi tempat wisata saat liburan tiba, tetapi juga dijadikan sebagai tempat makan para peziarah. Dahulu tempat ini dibangun oleh utusan Wali Sunan Gunung Jati bernama Syekh Rama Haji Irengan yang mendapat perintah untuk menyebarkan agama Islam di daerah Kuningan.

Nama Darmaloka sendiri berasal dari kata Darulmai yang berarti ‘Tanah Cai’ dimana sebagian besar mata air di Kabupaten Kuningan berasal dari desa Darma. Menurut legenda, kolam ini dibangun hanya dalam satu malam. Bersama tambak lainnya di Kuningan seperti Balong Cigugur, Balong Cibulan dan Balong Pasawahan.

Dahulu, empang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar Kuningan. Bersama kerabatnya, Syakh Rama membangun semua kolam itu dalam satu hari. Sangat luar biasa jika Anda bisa membayangkannya. Setelah semua tambak berhasil dibangun, Syakh dan rombongan merayakan pesta panen dengan makan bersama di tambak Darmalo.

Setelah selesai makan, bekas tulang ikan yang dimakan syekh dibuang ke kolam. Tak disangka, tulang tersebut berubah menjadi ikan hidup. Setelah kejadian tersebut, muncul banyak ikan besar yang masih ada dan masyarakat setempat menyebutnya Ikan Dewa atau Ikan Kancra Bodas.

Berburu foto di Balong Keramat Darmaloka

Apakah Anda suka berburu foto? Kali ini kamu bisa hunting foto di Balong Keramat Darmaloka di Kabupaten Kuningan. Kawasan ini menawarkan panorama danau kecil dengan tumbuhan hijau di sekitar danau yang terlihat begitu asri dan sejuk.

Di beberapa tempat Anda bisa mengabadikan tempat terindah, misalnya berfoto di samping danau dengan pemandangan hijau di belakangnya. Pencahayaan yang terang, seperti pada pagi dan sore hari, membuat obyek yang difoto menjadi lebih menarik. Dan dijamin foto yang kamu ambil akan semakin cantik.

Biaya masuk ke Balong Keramat Darmaloka

Biaya masuk: Rp 5.000/orang
Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000 hingga Rp 10.000
(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Darmaloka Sacred Balong

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi Akses ke Balong Sacred Darmaloka

Lokasi Balong Keramat Darmaloka di Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat cukup mudah untuk dikunjungi. Lokasi danau ini sangat strategis berada di pinggiran Kota Cirebon. Anda bisa mengambil rute menuju Kota Cirebon. Setelah itu, perjalanan menuju Kabupaten Kuningan dan selanjutnya menuju daerah Ciamis.

Setelah sampai di Ciamis silahkan ambil jalur menuju kecamatan Darma yang lokasinya berada di dataran tinggi yang memiliki jalan yang agak tajam melalui jalan yang berkelok-kelok. Jaraknya sendiri cukup kecil yaitu sekitar 1 km.

Tips liburan di Balong Sacred Darmaloka

Bagi Anda yang sedang berada di Kota Cirebon atau ingin menikmati waktu luang, menyempatkan diri mengunjungi Balong Keramat Darmaloka mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Jika Anda pergi ke sana, Anda bisa membawa bekal dari rumah. Tidak hanya lebih enak, Anda tidak perlu mencari warung di daerah tersebut.

Perlengkapan lain yang bisa kamu bawa antara lain kamera dan perlengkapan anak jika kamu membawa bayi. Jika ingin mandi di sumur dekat makam, Anda juga bisa membawa baju ganti dari rumah. Karena letaknya yang berada di pinggiran Kota Cirebon, liburan akhir pekan menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda berada di sana Anda bisa mampir di pagi atau sore hari.

Ini adalah catatan perjalanan Balong Santo Darmaloka Cirebon, Jawa Barat. Jika Anda belum yakin tempat wisata mana yang terbaik untuk Anda berlibur bersama keluarga, mengunjungi Darmaloka Kuningan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button