Tempat Wisata

Bandara Malaysia yang memungkinkan Anda singgah

Merayakan momen spesial atau perjalanan dinas ke Malaysia memang memerlukan persiapan khusus, meski jarak negaranya hanya dekat dengan negara kita. Saat berwisata ke Malaysia mungkin akan merasakan sensasi yang luar biasa karena ternyata negara tetangga kita ini mempunyai bandara internasional yang sangat ramai setiap harinya. Mengapa hal ini dikatakan?

Pasalnya dalam satu hari, masing-masing bandara yang tercantum di bawah ini mampu menampung lebih dari 1000 penumpang dari seluruh dunia. Apa itu bandara internasional?

1. Bandara Penang

Bandara Penang adalah bandara internasional di kota Penang, Malaysia. Bandara ini menawarkan penerbangan domestik dan internasional ke beberapa negara dengan tujuan utama Penang. Destinasi negara tersebut antara lain Singapura, Taipei, Kuala Lumpur, Hong Kong, Jeddah, dan Kuching. Destinasi ke Indonesia sendiri melayani kota Jakarta, Banda Aceh, Semarang, Medan, Surabaya dan Bandar Lampung. Bandara ini mampu melayani destinasi dengan jumlah penumpang hingga 1200 orang setiap harinya.

2. Bandara Kota Kinabalu

Bentuk Bandara Kinabalu memang mempunyai banyak karakter, Anda akan terkesima dengan desain arsitekturnya. Bandara ini terletak di kota Sabah dan melayani tujuan domestik maupun internasional. Dapat mengangkut sekitar 1400 penumpang dalam sehari karena sangat strategis untuk penerbangan ke Vietnam, Bangkok, Filipina, Manila, Bandar Seri Begawan dan Manila Kuala Lumpur. Dari atas gedung bandara, Anda bisa menikmati pemandangan pesawat yang lepas landas atau mendarat sambil menikmati kuliner khas Malaysia.

3. Bandara Kuala Lumpur

Bandara Kuala Lumpur adalah bandara utama di Malaysia, begitu pula Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Bandara ini dibuka pada tahun 1998 dan dianggap sebagai bandara dengan fasilitas terbaik dan terlengkap di Malaysia. Dalam sehari mampu mengangkut lebih dari 1.800 penumpang ke berbagai tujuan domestik maupun internasional. Keunggulan bandara ini adalah mempunyai 2 pengatur lalu lintas udara yaitu pengatur utama dan pengatur landasan pacu, kuota bagasi cukup besar (terdapat 216 loket bagasi), mempunyai 4 sistem keamanan yang sangat baik dan pelayanan transportasi 24 jam. tersedia .

4. Bandara Miri

Malaysia Timur khususnya Sarawak juga memiliki bandara internasional yaitu Bandara Miri. Seperti yang Anda ketahui, bandara ini terletak di dekat Pulau Kalimantan. Bandara ini dianggap sebagai bandara internasional, namun utamanya melayani penerbangan domestik ke Malaysia seperti Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Mukah, Mulu dan Tanjung Manis. Saat ini penerbangan internasional hanya ada di dua negara yaitu Singapura dan Indonesia. Untuk tujuan ke Indonesia, Bandara Miri hanya melayani penerbangan ke kota Majalengka, Jayapura, dan Merauke. Keunggulan Bandara Miri adalah menangani pengiriman barang dengan Transmile Air Service, Neptune Air dan DHL Express.

5. Bandara Senai

Bandara Senai terletak di Kota Johor, Malaysia dan melayani tujuan domestik dan internasional. Sebelumnya bandara ini bernama Bandara Sultan Ismail, namun berganti nama menjadi Bandara Senai. Penerbangan internasional dibatasi hanya ke beberapa kota di negara tetangga yaitu Bangkok, Guangzhou, Ho Chi Minh City, Singapore City dan Indonesia, sedangkan penerbangan domestik terbang ke hampir seluruh wilayah Malaysia. Bandara ini sering dijadikan sebagai bandara transit calon jemaah haji asal Indonesia yang menuju ke Arab.

Harga tiket pesawat ke Malaysia di bandara ini cukup terjangkau dan sering diminta oleh banyak traveller asal Indonesia. Jika ingin menjelajahi Malaysia dengan budget terbatas, Anda bisa turun di Bandara Senai dan melanjutkan ke kota besar lainnya di Malaysia.

6. Bandara Langkawi

Bandara Langkawi adalah bandara di pulau Langkawi, sebelah barat Padang Matsirat, Kedah. Bandara ini terutama melayani penerbangan domestik menuju Malaysia secara keseluruhan, sedangkan untuk tujuan internasional hanya melayani Singapura. Sayangnya maskapai yang mendarat di bandara ini jumlahnya terbatas, sehingga tarif Singapura dari Kota Padang Matsirat cukup mahal.

Tahukah Anda bahwa bandara-bandara di Malaysia sibuk dan memiliki volume penumpang yang tinggi? Kini saatnya Anda memesan tiket ke negara tetangga dengan harga terjangkau melalui aplikasi Traveloka.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button