Berita Wisata

Bangsring Underwater Banyuwangi Kembali Juara Di Ajang EJTA 2022

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tidak hanya dikenal sebagai 1000 destinasi wisata. Namun, Banyuwangi juga dikenal dengan sejuta penghargaan. Salah satunya seperti tempat wisata Bawah Air Bangsring atau yang biasa dikenal dengan Bunder.

Tempat wisata yang terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur ini kembali menjadi juara bergengsi dalam ajang East Java Tourism Award 2022 (EJTA) Pemprov Jatim.

Sukirno, Manajer Bunder, mengatakan pihaknya mendapatkan dua penghargaan dari EJTA 2022 yang berlangsung di ballroom Singhasari Resort, Kota Batu.

“Sabtu lalu kami berhasil meraih juara 1 Lomba Video Profil Desa Wisata Jawa Timur dan Penghargaan Nominasi Desa Wisata Alam,” ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (16/12/2052).

Menurutnya, penghargaan desa wisata alam tersebut diperoleh berkat konservasi yang telah dilakukan di Bunder.

Catatan, pada ajang yang sama di tahun 2021, wisata Bawah Air Bangsring meraih 2 gelar terbaik kategori Daya Tarik Wisata Alam.

desa-wisata-a-ajang-EJTA-2022.jpgPesona bawah laut Bunder merupakan hasil dari pelestarian alamnya. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

Di sisi lain, wisata alam berbasis konservasi terumbu karang berhasil meraih Kalpataru Award 2017 kategori penyelamat lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sukirno mengatakan, sebelumnya tidak pernah menyangka akan mendapatkan banyak penghargaan dan juara yang diraih Bunder. Pasalnya, Sukirno dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bunder hanya melakukan konservasi.

“Kami hanya 100% fokus pada konservasi. Isu pariwisata akan mengikuti,” ujarnya.

Sukirno berharap penghargaan yang didapat Bunder bisa menjadi pemicu bagi desa lain untuk mendapatkan hal yang sama.

“Jadi di Banyuwangi tidak hanya Bunder saja. Tapi juga beberapa destinasi wisata dan desa lain bisa mendapatkan semuanya,” terangnya.

Sekedar informasi, selama gelaran EJTA 2022, ada 11 kategori hadiah yang diperebutkan, antara lain Hadiah Atraksi Wisata Alam, Budaya, dan Buatan, Lomba Video Profil Desa Wisata dan Lomba Film Pendek Pesona Wisata Jawa Timur.

Selain itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Banyuwangi Bapak Yanuar Bramuda mengucapkan selamat dan berhasil meraih prestasi yang diraih Bangsring Underwater menjadi juara 1 EJTA 2022.

Bramuda mengatakan, ini merupakan kebanggaan yang kesekian kalinya bagi Bumi Blambangan, khususnya Bunder yang telah menjadi salah satu nominee teratas dalam inovasi dan pelestarian lingkungan.

“Harapannya ke depan, Bunder tidak hanya memastikan kehadiran dan kenyamanan wisatawan. Tapi terus berinovasi dan menjadi destinasi terbaik di Banyuwangi dan nasional,” jelasnya.

“Saya yakin rekan-rekan Bangsring Underwater akan mampu menjaga kepercayaan itu dengan baik,” imbuhnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button