Berita Wisata

Banjir bandang, akses jalan menuju pantai barat Madinah terputus total

TAUTAN, Waspada.co.id – Hujan beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Hatupangan meluap di wilayah Desa Sopo Tinjak, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Akses jalan menuju kawasan pantai barat terpotong oleh material lumpur yang tertimbun tergerus air sungai.

Kejadiannya, Jumat (25/11), sekitar pukul 13.00 WIB. Menurut laporan, banjir bandang tersebut berasal dari hulu sungai yang mengaliri kawasan tersebut. Akibatnya, jalan tersebut tidak dapat dilalui dan menimbulkan kemacetan yang bisa mencapai beberapa kilometer.

Disampaikannya, jalan ini merupakan jalan utama menuju enam kecamatan di Kabupaten Madina. Yakni, Kecamatan Batang Natal, Lingga Bayu, Ranto Baek, Sinunukan, Batahan, Natal dan Kecamatan Muara Batang Gadis (MBG).

Andi Hakim, Kepala UPT Kotanopan, Dinas Bina Marga dan Bina Kota Kotanopan Sumut mengatakan, pihaknya sudah siap untuk mengkondisikan jalan yang terpotong tersebut.

“Petugas lapangan kami sudah di titik banjir membersihkan jalan yang tertimbun lumpur. Doakan semoga lancar dan cepat ditangani,” pintanya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Sebelumnya, Zulkifli Nasution, staf UPT Kotanopan, melaporkan ada dua alat berat yang akan digunakan untuk membersihkan jalan tersebut.

“Kami sudah mengerahkan dua alat berat, satu sudah ada dan satu lagi masih dalam perjalanan,” katanya.

Namun, hingga pukul 17.30 WIB, belum diketahui perkembangannya di mana. Meski dikabarkan tidak ada korban jiwa, namun TNI/Polri dan beberapa pihak terkait telah tiba di lokasi kejadian. (wol/perak/d2)

Redaktur AGUS UTAMA

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button