Berita Wisata

Banyak hotel dan hostel di kawasan pantai Parangtritis yang dipesan untuk malam pergantian tahun

TRIBUNJOGJA.COM – Kawasan Pesisir Selatan selalu menjadi tempat favorit untuk merayakan pergantian tahun.

Bahkan hingga saat ini sejumlah hotel dan penginapan di kawasan Pantai Parangtritis sudah menerima pesanan dari wisatawan yang akan menikmati pergantian tahun.

Roni selaku pemilik Hotel Kinasih yang berada di kawasan puncak bukit Parangtritis menjelaskan, dari belasan kamar yang tersedia, ada empat kamar yang sudah dipesan pelanggan sejak awal Desember lalu.

Keempat kamar tidur, kata dia, memiliki fasilitas lengkap seperti AC hingga pemanas air.

Baca juga: PHRI DIY ingatkan hotel jangan hanya menaikkan tarif kamar

Dia mengakui, harga sewa kamar suatu saat akan naik.

Misalnya saat pergantian tahun, harga yang semula Rp 300.000 bisa naik menjadi Rp 1 juta.

“Untuk kamar yang disewakan Rp 100.000 di akhir tahun, harganya juga bisa naik hingga Rp 300.000 bahkan Rp 500.000. Biasanya pelanggan datang sore dan pulang pagi,” jelasnya, Jumat (16/10). /12/2022).

Menurutnya, harga kamar naik 300-500% saat perayaan tahun baru dan tamu biasanya juga tidak mengeluh.

“Nah, semua kamar hotel dan hostel yang lain juga menaikkan harganya. Toh hanya setahun sekali,” ujarnya.

Selain hotelnya, Roni mengungkapkan di kawasan bukit Parangtritis terdapat puluhan hotel dan losmen dengan tarif mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Kawasan tersebut memiliki pemandangan yang indah, dimana Anda bisa melihat pantai Parangtritis dari ketinggian.

Baca Juga: Sektor pariwisata makin terdesak, okupansi hotel di Jogja meroket jelang pergantian tahun

Sementara itu, pemilik Hotel Widodo dan Hotel Gandung di kawasan Pantai Parangtritis, Ali Sutanta Jaka Saputra mengatakan, tamu yang menginap di malam pergantian tahun biasanya dadakan dan terkadang tidak mendapat kamar.

Alasannya jauh-jauh hari, ada beberapa kamar yang sudah dipesan.

Ia pun mengakui, kenaikan tarif kamar selama malam tahun baru merupakan hal yang wajar.

Di kawasan Pantai Parangtritis terdapat ratusan hotel dan hostel yang tarif hariannya cukup terjangkau, namun ketika ada agenda besar di kawasan Pantai Parangtritis yang menarik banyak pelanggan, pemilik hotel atau hostel menaikkan harga. Namun, kenaikan harga tidak setinggi pada malam tahun baru.

“Kalaupun kamar hotel naik ratusan persen pada malam pergantian tahun, semua kamar hotel dan hostel sudah penuh. Wisatawan yang tidak punya kamar pun terpaksa mencari hotel di kawasan Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Parangtritis,” ujarnya. ditambahkan (Tribunjogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button