Tempat Wisata

Batu Mahpar, destinasi wisata alam eksotik dengan sejuta pesona di Tasikmalaya

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamulih, Kec. Sariwangi, Cab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Batu Mahpar merupakan tempat wisata alam di Tasikmalaya yang menawarkan sejuta pesona. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, bahkan ada yang dari luar daerah. Saat hari libur, wisatawan berduyun-duyun memenuhi semua kawasan. Bukan tanpa alasan, semua karena daya tarik yang dimiliki, terutama dalam hal kecantikan.

Seperti yang diketahui, banyak tempat wisata di Tasikmalaya. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, ada yang menawarkan keindahan, wahana permainan, konsep taman air dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebelum berkunjung, sebaiknya tentukan dulu destinasi liburan Anda.

Menurutnya, Batu Mahpar cocok dijadikan destinasi utama jika ingin menghilangkan penat akibat aktivitas sehari-hari. Keindahan alamnya mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain, meskipun memiliki konsep yang sama. Batuan eksotis, pepohonan rindang yang membuat suasana hijau bahkan air terjun ada di sini.

Daya Tarik Batu Mahpar

Objek wisata Batu MahparSumber gambar: Google Maps Deni Hidayat

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata dan banyak dikunjungi wisatawan, tempat ini dianggap angker oleh warga setempat. Namun, anggapan tersebut berangsur-angsur berkurang hingga akhirnya menjadi resor liburan. Tentu saja ada berbagai macam hal yang menarik untuk dijelajahi di sini, sekaligus menjadi alasan bagi mereka yang datang.

1. Mahpar Batu Eksotis

Batu Mahpar merupakan gugusan batuan yang terbentuk akibat letusan Gunung Galunggung beberapa dekade silam. Aliran lahar mengalir dari berbagai titik, salah satunya ke arah sungai. Mengalir di sungai, lahar yang mengendap lama kelamaan berubah menjadi batu karang. Panjangnya diperkirakan mencapai 400 meter, terlalu jauh untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.

Meskipun awalnya sungai, sedikit air yang mengalir hari ini. Sebaliknya, aliran air berubah menjadi bebatuan yang terlihat sangat eksotis. Batu ini juga berbentuk seperti sungai yang di beberapa tempat terdapat riak-riak. Pengunjung bisa melakukan semuanya, baik bersantai di atas batu atau berjalan menyusurinya.

2. Pemandangan alam yang indah

Tentunya sebagai salah satu wisata alam, daya tarik Batu Mahpar selanjutnya adalah pemandangan alam di sekitarnya. Tempat ini begitu indah karena dikelilingi oleh banyak semak-semak. Pemandangannya serba hijau, hanya bebatuan yang terlihat abu-abu. Suasananya begitu asri, cocok untuk kegiatan penyembuhan bagi yang ingin melepas penat.

Pemandangan alam yang hijau semakin disempurnakan dengan keberadaan hewan liar yang menghuni wisata ini. Tidak berlebihan, hanya kicauan burung yang berterbangan dan beberapa serangga yang memeriahkan suasana. Berkunjung ke tempat ini dijamin bikin betah, semua orang pasti benci pulang.

3. Air terjun yang indah

Pemandangan indah dan eksotisme bebatuan bekas aliran lahar bukan satu-satunya daya tarik Batu Mahpar. Selain itu, tempat wisata di Tasikmalaya ini memiliki air terjun yang sangat indah. Bukan hanya satu, melainkan empat air terjun dengan keunikannya masing-masing. Meski aliran airnya tidak terlalu deras, namun keindahannya masih terlihat jelas.

Empat air terjun yang dimaksud adalah Curug Manawah, Curug Kahuripan, Curug Mahkota dan Air Terjun Niagara Sunda. Menariknya, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi semuanya karena letaknya berdekatan. Semua air terjun memiliki kolam dengan air yang jernih dan tenang, cocok untuk permainan air.

4. Game drive tersedia

Batu Mahpar memang layak dikunjungi untuk mengisi liburan bersama keluarga atau orang tercinta. Tidak ada kekurangan penawaran di sini, bahkan ada wahana yang cocok untuk anak-anak. Beberapa taman bermain yang tersedia antara lain seluncuran, rumah pohon dan ayunan.

Selain itu, ada juga wahana outbond yang cocok sebagai sarana edukasi. Wisata hits ini memiliki kebun binatang mini dengan koleksi hewan jinak yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, ada juga kolam renang dengan seluncuran air. Bagi yang suka foto silahkan menggunakan spot foto yang disediakan pengelola.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu MahparKredit foto: Google Maps alif M

Menemukan tempat wisata alam Batu Mahpar Galunggung tidaklah sulit, meski lokasinya jauh dari perkotaan. Ini karena lokasi sudah ada di aplikasi Google Maps atau peta digital, jadi tinggal memasukkan nama tujuan. Anda dapat menemukan alamat lengkapnya di Desa. Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota lumayan jauh, harus berkendara 1 jam. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Silakan datang dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil, karena ada beberapa daerah yang sebelumnya tidak terlayani angkutan umum.

Biaya masuk wisata alam

Sebelum memasuki kawasan wisata Batu Mahpar, Anda perlu menyiapkan uang untuk membeli tiket masuk. Umumnya, ada perbedaan harga sebagai tempat wisata tergantung pada hari kunjungan. Jika Anda datang dari hari Senin sampai Jumat, biaya masuknya adalah 20.000 rupiah.

Berbeda jika Anda datang pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, biaya masuknya naik menjadi 25.000 rupiah. Tempat ini buka setiap hari dengan jam buka yang sama yaitu buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore WIB. Namun khusus untuk hari jumat tempat ini buka dari jam 1 siang dengan jam tutup yang sama.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Batu Mahpar

Aktivitas menarik di Batu MahparSumber gambar: Google Maps Udar1the channel

Berkunjung ke Batu Mahpar Galunggung dijamin bikin betah, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Selain atraksi yang dimiliki, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang terlibat!

1. Menikmati pemandangan alam yang indah

Karena keindahannya, sangat disayangkan untuk melihatnya hanya dengan sebelah mata. Keindahan tempat wisata ini layak untuk dinikmati dan setiap orang pasti akan merasakan kedamaian. Eksotisme bebatuan yang terbentuk di sepanjang aliran sungai menjadi hal yang utama. Ditambah dengan pepohonan hijau yang rindang, pesonanya semakin sempurna.

2. Piknik santai

Batu Mahpar cocok untuk semua kalangan, baik itu keluarga, kekasih atau bahkan teman dekat. Tapi tentunya tempat ini lebih cocok jika dikunjungi dengan rombongan. Kegiatan yang paling cocok adalah piknik santai, sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah atau dipesan oleh warga setempat, dijamin kegiatan ini akan semakin seru.

3. Berburu spot foto

Bersantai dan menikmati pemandangan alam adalah suatu keharusan di sini. Namun ada yang lebih menarik dan tidak boleh diabaikan, yaitu berburu spot foto. Pengelola menawarkan beberapa spot khusus bagi yang suka berfoto. Misalnya spot bernama Gelodog Asih yang didesain menyerupai konsep singgasana.

4. Berenang di kolam renang

Aktivitas seru selanjutnya di Batu Mahpar adalah berenang di kolam. Tidak terlalu luas, hanya terdapat beberapa kolam yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Namun, kolam ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti seluncuran air mini untuk anak-anak. Ada juga ruang tunggu orang tua, ruang ganti dan toilet.

Fasilitas yang tersedia

Kompleks batu MahparKredit foto: Google Maps 21 Katazi

Sebuah tempat wisata lebih layak untuk dikunjungi jika memiliki fasilitas yang memadai. Selama Anda di sini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya, ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, tempat parkir yang luas, toilet bersih, musala dan permainan. Selain itu, terdapat pula warung yang menawarkan berbagai menu dan gazebo untuk beristirahat.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi destinasi wisata manapun. Mulai dari daya tarik tersendiri, akses jalan untuk mencapainya dan fasilitas yang tersedia. Jika melihat semua ulasan di atas, Batu Mahpar adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi. Selain itu, tidak membutuhkan banyak biaya untuk menikmati semua keindahan dan aktivitas seru di dalamnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button