Tempat Wisata

Bendungan Lahor: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Saat mengunjungi tempat liburan, sebaiknya jangan hanya mengunjungi tempat wisata terkenal atau fokus hanya pada wisata belanja yang kebanyakan dilakukan di pusat perbelanjaan. Agar liburanmu terasa lebih seru, kamu bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi orang. Selain itu, ia menawarkan pengalaman tersendiri: Anda dapat bersantai dengan bebas tanpa terganggu oleh keramaian di sekitar Anda. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Malang, kota yang terkenal dengan hawanya yang sejuk dan wisata alam yang menarik. Sesampainya di sana, pasti jangan lupakan Bendungan Lahor dalam daftar tempat wisata di Malang yang akan Anda kunjungi.

Bendungan Lahor merupakan salah satu bendungan yang terkenal di Jawa Timur dan terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman yang rimbun. Selain mengagumi danau, Anda bisa berkeliling danau dengan perahu motor. Atau jika anda hobi mancing, anda bisa membawa alat pancing dari rumah untuk mancing di tempat wisata ini. Jangan lupa di waduk Lahor Karangkates kita juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang romantis dan tentunya sangat cocok untuk anda jika berduaan dengan pasangan anda di kapal wisata. Untuk makanan, banyak warung makan di dekat jembatan, jadi jangan khawatir. Di sini Anda bisa menikmati sajian kuliner berupa makanan khas air tawar seperti wader, gurami, lele, tawes, tombro, dll. Harganya cukup terjangkau.

Sumber: Google Map

Bendungan ini diresmikan Presiden Suharto pada 1977, tiga tahun setelah presiden era Orde Baru meresmikan Bendungan Karangkates (yang berganti nama menjadi Bendungan Sutami pada 1981). Selain untuk pembangkit listrik, Bendungan Lahor juga digunakan untuk irigasi. Pengelolaan kedua bendungan ini menjadi tanggung jawab Perum Jasa Tirta I sedangkan pengelolaan pembangkit listrik tenaga air menjadi tanggung jawab PT Pembangkitan Jawa-Bali (UP Brantas).

Bendungan Lahor juga berfungsi sebagai objek wisata. Akomodasi bahkan tersedia. Dan dalam hal pariwisata, Lahor memiliki sedikit keunggulan. Soalnya, jalan di atas bendungan itu sepertinya sudah menjadi jalan umum. Mobil dan sepeda motor ringan diperbolehkan melintasinya dengan membayar tiket masuk terlebih dahulu. Jalan ini sering dijadikan jalan pintas kendaraan dari Malang menuju Blitar atau sebaliknya. Sebelumnya, hanya kendaraan pribadi yang boleh lewat. Namun kini minibus juga diperbolehkan melintas antar kota dan provinsi.

Fasilitas di Bendungan Lahor

Berkat pengelolaan yang baik oleh pemerintah setempat, objek wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti:

– Kapal pesiar

Keberadaan danau di sana tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk irigasi atau pembangkit listrik, tapi juga untuk hiburan yang bisa Anda jelajahi dengan perahu wisata yang disewakan dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, tidak perlu lagi bingung mencari tempat parkir karena tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas, murah dan aman.

– Tempat peristirahatan umum

Beruntung, salah satu fasilitas penting tersebut telah tersedia di kawasan Bendungan Lahor, meski jumlahnya tidak banyak.

– Paviliun

Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sekitar bisa bersantai di beberapa paviliun yang ada sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

– Tempat makan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di Bendungan Lahor Anda akan menemukan banyak warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

– Akomodasi

Bagi Anda yang ingin menginap di sana, terdapat akomodasi harga dan kualitas yang berbeda di sekitar Bendungan Lahor.

Berburu foto di Bendungan Lahor

Bagi Anda yang gemar berfoto, ada beberapa tempat di kawasan ini yang bisa Anda gunakan untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Pemandangan dan rimbunnya pepohonan di sana juga bisa menjadi latar belakang foto selfie yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa berfoto saat belajar memancing di bendungan.

Tapi Anda juga bisa meminta teman Anda untuk mengambil foto sambil bersenang-senang dengan perahu wisata yang bagus di sepanjang danau. Yang pasti kamu tinggal terus explore tempat ini untuk mencari spot-spot menarik untuk foto-foto kamu agar nanti kamu mendapat banyak perhatian saat kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Baca Juga: Taman Wisata Tlogomas, Berwisata dan Memotret 7 Miniatur Keajaiban Dunia

Akses jalan menuju Bendungan Lahor

Jika anda menuju Blitar dari kota Malang sekitar 37 km ke arah selatan, tepat sebelum perbatasan kabupaten Malang dan Blitar (di kabupaten Sumber Pucung), anda akan menemukan jalan Taman Wisata Waduk Sutami (kiri) di sisi selatan. Di perempatan tepat di luar pintu masuk Taman Wisata Waduk Sutami, belok ke utara (kanan). Setelah kurang lebih 500 meter Anda akan sampai di kawasan Taman Wisata Waduk Lahor. Pintu masuk Taman Wisata Waduk Lahor juga merupakan jalur alternatif menuju Kabupaten Blitar.

Biaya masuk ke Bendungan Lahor

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 7.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional Bendungan Lahor

Tips liburan di Bendungan Lahor

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Bendungan Lahor semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bendungan Lahor adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Bendungan Lahor bersama orang-orang tercinta dan rasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Bendungan Lahor.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bendungan Lahor.

Galeri foto Bendungan Lahor

Selamat datang di Bendungan Lahor
Bendungan Lahor
Spot foto di pinggir bendungan
bersepeda ke bendungan
Potret jalan raya di pinggir bendungan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button