Berita Wisata

Beragam destinasi wisata di Arab Saudi, tak hanya gurun pasir

TEMPO.CO, Jakarta – Arab Saudi identik dengan wisata religi untuk umrah dan haji. Karena itulah, negara ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama umat Islam yang hendak menunaikan ibadah salat.

Namun, di luar itu, Arab Saudi sebenarnya memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi traveler mancanegara. Tidak hanya berupa wisata alam, tetapi juga wisata religi dan sejarah yang mempesona. Berikut sejumlah destinasi menarik di Arab Saudi:

1. Gunung Al Lawz

Gunung Al Lawz memberikan kesan yang tak terlupakan bagi wisatawan. Jabal Al Lawz bisa diselimuti salju saat musim dingin melanda Arab Saudi.

Gunung ini juga sering disebut sebagai Gunung Almond karena banyaknya pohon almond. Selain pemandangan alam yang indah, wisatawan dapat mengunjungi peninggalan sejarah, tanah subur serta gambar dan simbol yang unik.

2. Dumat Al Janda Al Jouf

Ini adalah salah satu situs arkeologi di Arab Saudi. Peninggalan yang masih terlihat ada benteng Arab berbentuk prisma.

Mengatakan Dumat bernama Rumah yang mengacu pada daerah yang dulunya merupakan wilayah kekuasaan Bani Dumah. Duma adalah nama salah satu anak Nabi Ismail. Tetapi para arkeolog tidak menemukan bukti seperti itu.

Namun, tempat ini konon menjadi saksi sejarah perkembangan Islam, termasuk peperangan di masa Nabi dan Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq. Selain itu, di kawasan ini terdapat Masjid Umar bin Khattab dan Perisai Purbakala, sebuah rumah dari tanah dengan jalan batu yang sangat unik.

3. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi juga merupakan ikon wisata religi Saudi. Selama berada di Madinah, wisatawan bisa melihat keindahan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Di sini Anda juga bisa mengunjungi makam Nabi Muhammad bersama para sahabatnya.

Masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram ini merupakan tempat yang indah di Arab Saudi. Arsitektur masjid ini juga mengusung konsep yang sangat unik dan tata letaknya yang indah membuat Masjid Nabawi tidak pernah sepi pengunjung.

4. Museum Abdul Raouf Khalil

Museum ini merupakan museum tertua di kota Jeddah. Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi artefak bersejarah yang menceritakan kisah kota Jeddah. Wisatawan juga bisa belajar dari sejarah pra-Islam hingga peradaban modern di museum ini.

5. Kota Taif

Kota Taif merupakan salah satu destinasi wisata di Arab Saudi yang selalu menjadi tujuan wisata. Dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan dari kota Makkah untuk mencapai kota Taif.

Ada banyak tujuan wisata terkenal di sini seperti Museum Istana Shubra yang dibangun sekitar tahun 1907 dan memiliki banyak koleksi bagus. Sebelumnya, museum ini berfungsi sebagai kediaman musim panas Raja Abdul Aziz dan Raja Faisal. Di barat daya Kota Taif terdapat Dhaka Mountain Park, yang menawarkan aktivitas mulai dari berkendara di gurun hingga menunggang unta.

6. Air Mancur Raja Fahd

Terletak di pusat kota Jeddah, wisatawan bisa dengan mudah melihat air mancur tertinggi di dunia ini. Bahkan, air mancur ini mampu menyemburkan air dari ketinggian 853 meter. Jika beruntung, wisatawan mungkin dapat mengambil bidikan air mancur yang bagus dengan pengaturan kamera yang tepat.

Air yang disemprotkan di air mancur adalah air asin. Hal ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi air di lingkungan. Atraksi ini menggunakan tiga pompa jet raksasa untuk menyemburkan air yang dapat menambah hingga 625 liter air per detik dengan kecepatan 375 kilometer per jam.

7. Taman Al-Tahanat

Dengan suasana alam dan pemandangan yang indah, menjadi pilihan terbaik untuk jalan-jalan bersama keluarga dan anak-anak. Taman Al Tanahat terletak di provinsi Riyadh.

Taman ini juga memiliki padang rumput yang indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini adalah saat musim semi.

8. Lembah Bulan

Moon Valley terletak di pinggiran kota Jeddah. Wisatawan bisa mengaksesnya dengan menempuh Jalan Asfan 285 menuju Universitas Jeddah.

Di Moon Valley, pengunjung berkesempatan mendaki Benteng Asfan yang sudah ada sejak abad ke-18. Benteng ini seluruhnya dibangun dari batu dari Lembah Bulan. Puncak bukit berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi jamaah haji jalur Mekkah-Madinah.

Selain mendaki Benteng Asfan, wisatawan di Arab Saudi bisa berkemah sambil menyaksikan matahari terbenam dengan sedikit relaksasi untuk menenangkan pikiran menikmati udara khas padang pasir sambil menyaksikan kerlap-kerlip bintang sambil melakukan pemanasan di sekitar api unggun.

GOR JENIATI ARTAULI

Baca juga : Sebelum ke Qatar, berikut tips dan informasi yang perlu diketahui traveler

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button