Berita Wisata

Besok, Grisse City Tourism diresmikan

Gresik (beritajatim.com) – Kabupaten Gresik punya ikon wisata baru, namanya Bandar Grisse. Nama itu diambil karena Gresik masih kental dengan budaya tempo dulu. Sebagai kawasan yang dijuluki Kota Bandar kala itu, tata kota, sejarah dan budaya Gresik masih kental hingga saat ini. Kini, kawasan yang sudah selesai akan diresmikan besok.

Bandar Grisse menempati 60 hektar tanah yang terletak di tujuh jalan di kota. Ikon baru itu menelan biaya Rp 47 miliar yang diambil dari APBD. Nantinya, kawasan itu akan dijadikan tempat wisata dan aktivitas di Gresik.

Kawasan cagar budaya Bandar Grissee cukup luas. Ada tujuh rute, yakni Jalan Kramatlangon, Malik Ibrahim, Agus Salim, KH Zubair, Basuki Rahmat, AKS Tubun dan Setia Budi. Ada juga 4 desa yang direvitalisasi secara tematis. Yaitu kampung pecinan, kampung kolonial kampung Bedilan dan kampung pribumi atau peranakan kampung Pekelingan. Ketiga pengembangan wilayah ini disesuaikan dengan karakteristiknya masing-masing.

“Gresik merupakan demonstrasi toleransi multietnik, multiras dan multiagama yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Memang sejarah tidak bisa diputar ulang, tapi pelajaran berharga bisa dipetik dengan membangun kembali. Dalam prosesnya, sekaligus kita bisa membangkitkan ekonomi kreatif,” kata Bupati Fandi Akhmad Yani, Kamis (15/12/2022).

Ditambahkannya, kawasan Bandar Grisse diharapkan akan diresmikan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pameran, pentas seni, dari pengenalan kitab grissee kota, hingga doa. Mantan Ketua DPRD Gresik itu mengatakan:
kawasan Bandar Grissee menjadi pusat kreasi milenial. Bahkan, tempat ini akan menjadi tujuan wisata baru bagi Gresik.

Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga hadir usai peresmian kawasan tersebut. Kedua petinggi negara itu rencananya akan bersepeda bersama nanti. “Selain meresmikan Bandar Grisse juga akan
Tenun Gresik sudah dirintis,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan dan Pemuda dan Olahraga (Disparkerafbudpora) Drg Syaifuddin Ghozali, Kamis 15/12/2022.

Mantan Kadinkes Gresik mengatakan, akan ada banyak acara kreatif yang muncul selama tiga hari ke depan. Itu karena itu adalah tempat yang baik bagi orang untuk menikmatinya juga. [dny/suf]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button