Tempat Wisata

Biaya masuk, atraksi

Liburan ke pantai menjadi tujuan wisata yang populer bagi banyak orang. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang pastinya mempunyai banyak sekali pantai. Salah satu pantai terindah yang bisa dijadikan destinasi wisata menarik adalah Pantai Teluk Awur.

Pantai Teluk Avur sering dijadikan tujuan wisata khususnya bagi kalangan muda. Hal ini tidak lepas dari letak pantai ini yang tidak jauh dari pusat kota Jepara. Ingin tahu lebih banyak tentang pantai indah ini? Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pantai Teluk AvurPantai Teluk Avur

Pantai Teluk Awur merupakan sebuah pantai yang berada di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Pantai ini masih sangat indah dan dikelola oleh pemerintah kota setempat. Letaknya 4 km sebelah selatan Kota Jepara. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke sini dari Kota Jepara.

Di sini sering dijadikan tempat berkumpulnya anak muda. Oleh karena itu cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai berpasir putih yang luas dan bersih serta pemandangan laut lepas yang indah membuat tempat ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga atau teman.

Pantai Teluk Awur juga merupakan pantai dengan ombak yang tenang. Oleh karena itu, cukup aman untuk bermain air yang berada tidak jauh dari pantai. Namun, tidak ada jaminan ombak di sini akan tenang sepanjang tahun. Jika ombak tidak bersahabat, tidak disarankan mendekati bibir pantai.

Alasan lain mengapa pantai ini menjadi destinasi menarik bagi wisatawan adalah biaya masuknya yang sangat terjangkau. Bahkan di hari biasa, jika beruntung, Anda bisa mengunjungi pantai ini secara gratis.

Biaya masuk

Untuk informasi selengkapnya mengenai tiket masuk Pantai Teluk Awur, silakan lihat daftarnya di bawah ini:

  • Tiket masuk Senin – Kamis: Gratis
  • Tiket masuk Jumat – Minggu : Rp.2000/orang
  • Tiket masuk hari libur nasional/tanggal merah : Rp.2.000/orang
  • Tiket masuk libur lebaran atau minggu syawal : Rp.10.000/orang
  • Parkir gratis untuk sepeda motor
  • Biaya parkir Rp.5.000
  • Biaya toilet untuk mandi : Rp.3.000
  • Harga sewa pelampung bebek : Rp.10.000
  • Harga sewa tabung renang : Rp.10.000

Harga yang tertera di atas bukan hanya tiket masuk saja, namun juga harga sewa peralatan dan toilet di Pantai Teluk Awur. Seperti yang Anda lihat, harga tiket di sini sangat terjangkau. Cukup Itu sangat berharga untuk pemandangan dan suasana pantai yang santai.

Rute Menuju Pantai Teluk Avur

Rute menuju Pantai Teluk Awur bisa dibilang sangat mudah dan aman. Pantai ini juga terletak tidak jauh dari kota Jepara sehingga tidak memakan waktu lama untuk mencapainya. Selain itu, terdapat banyak rambu jalan yang menunjukkan jalan aman menuju pantai ini.

Untuk rutenya ambil jalan Kudus – Jepara dari kota Semarang dan kota Kudus. Lanjutkan melalui Pasar Peccan, lurus sampai perempatan lalu belok kiri menuju Jalan Sunan Mantingan. Dari jalan ini terus lurus hingga sampai di Pantai Teluk Awur.

Sekadar informasi, Anda juga bisa menuju pantai lain dari perempatan ini. Jalan lurus akan membawa Anda ke Pantai Kartini, dan berbelok ke kanan akan membawa Anda ke Pantai Tirto Samudera Bandengan.

Objek Wisata di Pantai Teluk Awur

Ada beberapa tempat wisata dan aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Pantai Teluk Awur. Mari kita lihat daya tarik yang ada di Pantai Telur Awur Jepara diantaranya :

Pantai Teluk Awur merupakan pantai yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemandangan matahari terbenam. Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang luar biasa. Pemandangan menjadi semakin indah jika Anda berhasil mengabadikannya dengan baik menggunakan lensa kamera.

Selain melalui lensa kamera, Anda juga bisa merasakan suasana tenang saat matahari terbenam, ditemani suara deburan ombak dan sepoi-sepoi angin pantai.

  • Bersantailah di pantai berpasir putih

Jika tak ingin beraktivitas berlebihan, Anda bisa bersantai di hamparan pasir putih bersih di pantai ini. Namun, jangan lupa menggunakan keset karena pasir dapat menodai pakaian Anda.

Dari pantai berpasir ini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan laut dan hutan bakau yang mengelilingi pantai ini. Pasir pantai yang bersih dan lembut juga cocok untuk bermain pasir bersama anak-anak.

Salah satu tempat unik yang ada di pantai ini adalah olah raga memancing. Jika Anda suka memancing, Anda bisa menggunakan tempat ini di akhir pekan. Rasakan asyiknya memancing di pantai yang indah.

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut Pantai Teluk Awur. Anda bisa melihat bagaimana alam bawah laut di sini masih mempertahankan “kealamiannya” dan terlihat sangat indah.

Namun berhati-hatilah saat melakukan aktivitas air. Karena laut masih menjadi tempat yang harus diwaspadai. Jika Anda belum terbiasa, pastikan Anda ditemani oleh orang yang berpengalaman.

Satu hal yang sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi pantai ini saat Syawalan atau seminggu setelah Idul Fitri. Ada festival tradisional yang disebut Lomban. Festival ini merupakan lomba sedekah laut yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jepara.

Festival Lomban atau dikenal juga dengan nama Ba'da Kupat merupakan festival tahunan masyarakat setempat sebagai bagian dari perayaan Idul Fitri.

Terdapat beberapa kafe dan restoran di pantai ini yang sangat cocok untuk mengisi perut lapar setelah beraktivitas di pantai. Seperti restoran pantai pada umumnya, beragam hidangan seafood lezat bisa Anda nikmati di restoran ini.

Pantai Teluk Awur menawarkan beragam aktivitas wisata yang menyenangkan. Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda tidak hanya bisa menikmati alam tetapi juga menikmati festival tradisional setempat. Jadi Anda tidak hanya bisa berwisata, tapi juga bisa mengenal dan merasakan langsung keberagaman budaya Indonesia.

Ulasan pengunjung

Zulianto

16:09 18 September 20

Bagus… Kebersihan lingkungan juga harus dijaga…

ERY APW

09:26 20 November '21

Lokasi tempatnya bagus, sarana prasarananya bagus, namun masih terdapat kekurangan yaitu pengunjung belum mengetahui betapa pentingnya kebersihan, dan saya berharap pihak pengelola masih bisa memperbaikinya, karena saya melihat masih banyak ini adalah sampah plastik dari botol makanan dan minuman serta ranting-ranting kering di pesisir pantai. Mohon diperhatikan lagi oleh pihak pengelola, bahwa para pedagang di pesisir pantai dapat menyediakan tempat atau wadah sampah dan para pedagang harus mengingatkan mereka untuk membuang sampah tersebut, jika perlu memberitahukan mereka secara tertulis atau melalui pengeras suara dari pihak pengelola jalan di sepanjang pantai. Kalau tidak, segera diurus, nanti jadi kebiasaan, dan pengunjungnya banyak, banyak yang bawa makanan. tidak peduli dengan kebersihan, jagalah. Seperti apa sebenarnya bentuknya? Mungkin bisa jadi agenda bersih-bersih pantai atau bisa juga dimobilisasi oleh para aktivis. Karena itu, kalau pantainya bagus, kalau masyarakat atau warganya masih cuek dan acuh, kalau tidak siapa lagi kalau, maka percuma saja. tidak segera, kapan lagi? Ini semua hanya sekedar saran dan masukan dari saya, jika ada sedikit banyak kesalahan dalam kata-kata saya, mohon maaf nama anda juga orang salah tempatnya dan terlupakan, tidak ada salahnya saling mengingat kan🙏 👍☺

Dwi Agung Laksono

03:35 12 September 20

Bagus, tapi cuacanya panas. Anak-anak di bawah 15 tahun dan dalam pengawasan

Hanya Salim

16:26 13 September 20

Semoga ini benar-benar akhir cerita kita

Saluran acak

00:39 18 Oktober 21

Halo traveller, jika anda sedang berada di Jepara dan ingin mencoba datang ke Teluk Avur tidak apa-apa, pantainya berpasir putih, ada speed board game, jika ingin kesini anda hanya perlu membayar 2000 saja. biaya masuknya, saya tidak tahu berapa yang harus saya bayar untuk naik wahana tersebut karena saya belum mencobanya. Untuk sewa tiket cukup bayar 5000, minuman seperti es teh mulai 5000, wastafel 3000, kamar mandi BAK 2000 dan BAB 3000… Banyak warung dan komplek hotel disana, jadi okelah kalau mau tinggallah dan nikmati waktu. Ramai sekali padahal sedang pandemi. Tapi jangan khawatir. Anda harus melanjutkan. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda akan diajak bicara oleh polisi. Saat saya kesana ada mobil polisi di jalan dan polisi keluar mencari seseorang yang tidak membawa masker. Jadi berhati-hatilah, kawan. Selamat bersenang-senang, yaaaaa

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button