Tempat Wisata

Biaya masuk dan aktivitas seru

Biaya masuk dan aktivitas seru

Liburan di Purwakarta belum lengkap tanpa berkunjung ke Taman Cikao. Tempat wisata yang satu ini terbagi menjadi beberapa tempat antara lain taman air, taman lampion, taman satwa dan tempat-tempat menarik lainnya.

Ada banyak aktivitas seru di objek wisata ini, mulai dari berenang hingga bertemu berbagai hewan hingga wahana. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai harga tiket, jam buka, dan hal-hal seru yang bisa dilakukan di Taman Cikao.

Taman Cikao

Sekilas tentang Taman Cikao

Cikao Park atau Taman Cikao merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang paling populer, lebih tepatnya di Purwakarta. Objek wisata yang masih tergolong baru karena baru dibangun pada tahun 2018 ini ternyata berhasil menarik perhatian wisatawan.

Di kawasan wisata ini, wisatawan bisa menemukan berbagai jenis permainan seru, mulai dari wahana air hingga pintu keluar. Selain itu, objek wisata yang dibangun di atas lahan seluas 4 hektar ini juga menawarkan wahana edukasi.

Di taman wisata ini terdapat taman lampion, rumah hewan, rumah ilusi, rumah hobbit dan tempat menarik lainnya. Tempat wisata yang namanya diambil dari Sungai Cikao ini menampilkan desain yang unik pada salah satu wahananya.

Desain wahana taman air ini didasarkan pada sungai, dengan dekorasi batu berwarna-warni dengan ukuran berbeda di sisinya. Meski matahari sangat terik di siang hari, wisatawan bisa berteduh di gazebo yang telah disediakan.

Berbeda dengan paviliun pada umumnya, bentuk paviliun di taman wisata ini unik karena terbuat dari jerami sehingga memberikan kesan natural dan estetis.

Lokasi dan jam buka

Alamat Cikao Park Purwakarta berada di Kabupaten Purwakarta tepatnya di Jalan Raya Sukatani, Cisalada. Lokasi theme park ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Purwakarta yaitu sekitar 7,7 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Obyek wisata ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Taman Pancawarna, Jatiluhur Water World dan Taman CitraOfficial. Cikao Park buka pada jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08:00 hingga 10:00 WIB.

Biaya masuk ke objek wisata

Untuk masuk ke objek wisata ini dan menikmati wahana-wahananya, dikenakan biaya masuk dari wisatawan. Ada juga biaya masuk bagi wisatawan yang membawa anak di atas 2 tahun. Di bawah ini adalah daftar harga tiket masuk Taman Cikao tahun 2022.

Tiket masuk ke taman Rp10.000/orang
Taman air Rp50.000/orang
kebun binatang Rp30.000/orang
rumah ilusi Rp40.000/orang

Rute menuju Taman Cikao

Untuk menuju tempat wisata Cikao, rutenya relatif singkat, sekitar 7,7 km dari pusat kota Purwakarta. Akses jalan menuju objek wisata Taman Cikao juga sudah baik sehingga memudahkan akses.

Bagi wisatawan yang datang dari Bandung atau Jakarta dapat menggunakan jalan tol Cipularang kemudian ikuti pintu keluar tol Jatiluhur. Setelah itu, setelah keluar dari Autobahn, cari perempatan.

Di perempatan ini, Anda bisa belok kanan dan ikuti jalan sekitar 10 km hingga menemukan gerbang “Kawasan Industri Taman Cikao” di sisi kiri jalan.

Dari pintu gerbang, Anda harus berjalan kaki lagi sejauh 1 km untuk sampai ke objek wisata Taman Cikao. Jika bingung dengan rutenya, wisatawan bisa menggunakan rambu-rambu jalan yang ada atau Google Maps.

Fasilitas di Taman Cikao

Dengan harga tiket yang relatif murah, Taman Cikao menawarkan cukup banyak hal untuk dilakukan. Di bawah ini adalah fasilitas yang ada di Taman Cikao.

  • Parkir untuk kendaraan
  • tempat peristirahatan umum
  • paviliun
  • ruang sholat
  • ruang penyimpanan
  • restoran

Taman Cikao

Aktivitas seru di Taman Cikao

Di taman wisata yang satu ini, wisatawan diajak menikmati keseruan bermain di berbagai zona yang disediakan, mulai dari water park hingga outbond. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di Taman Wisata Cikao.

  • Bermain air di taman air yang unik

Salah satu area yang menarik perhatian pengunjung di Cikao Park adalah taman air. Kolam renang di kawasan wisata ini memiliki konsep yang unik: bentuknya menyerupai jalur sungai dengan berbagai bebatuan menghiasi pinggir kolam.

Batu ini terlihat lebih menarik dan unik karena dicat dengan warna yang berbeda, memberikan kesan gembira, cocok untuk anak-anak. Di zona ini, wisatawan bisa bermain air dan berenang di kolam dengan kedalaman berbeda.

Selain itu, wisatawan bisa mencoba pengalaman seru berenang di kolam ombak, dimana ombak buatan dirasakan setiap dua jam sekali seolah berenang di pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba serunya berenang di kolam berisi busa.

Di area kolam busa ini, wisatawan juga bisa menemukan beberapa permainan seru seperti seluncuran, air mancur, seluncuran balap, dan lainnya.

  • Bermain dan belajar di taman binatang

Obyek wisata ini tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga kawasan edukasi berupa taman satwa. Seperti namanya, zona ini mengajak wisatawan untuk bertemu dengan berbagai spesies hewan antara lain monyet, iguana, walabi, harimau, kanguru dan lain sebagainya.

  • Pengamatan berbagai jenis burung

Selain taman satwa, objek wisata ini juga menawarkan zona bird park atau taman burung tempat tinggal berbagai jenis burung. Di taman ini wisatawan bisa melihat burung unta, kalkun, kakatua dan jenis burung lainnya.

Di zona taman burung ini, wisatawan juga diperbolehkan untuk memegang dan berinteraksi langsung dengan burung dan aneka unggas. Wisatawan juga diperbolehkan memberi makan dan mengambil foto saat ditemani oleh petugas taman.

Kegiatan seru lainnya di Taman Cikao adalah berfoto di rumah hobbit. Spot foto ini terletak di area taman satwa. Rumah hobbit ini menampung berbagai spesies kelinci dengan bentuk unik seperti jamur.

  • Berjalan-jalan di Taman Lentera

Wisatawan yang datang pada sore atau malam hari disuguhi sekilas berbagai bentuk lampion cantik yang ada di kawasan Taman Lampion. Taman Lentera di Taman Cikao ini cukup luas dan kemungkinan besar akan menjadi taman lampion terbesar di Jawa Barat.

Ada banyak bentuk lampion di bagian ini, mulai dari tumbuhan dan hewan hingga karakter kartun yang lucu.

  • Berburu foto di House of Illusions

Tempat menarik lainnya di Taman Cikao adalah Rumah Ilusi. Wahana terbaru di taman ini berhasil menarik perhatian para wisatawan, karena menghadirkan berbagai karya seni 3D dan lorong warna yang indah yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto.

  • Nikmati serunya bermain bersama di wahana outbond

Tempat wisata ini juga menawarkan wahana outbond, mengajak wisatawan untuk merasakan serunya berbagai wahana yang menantang. Di zona ini Anda bisa naik kereta, bermain perahu bebek di danau buatan atau bermain ATV.

Banyaknya permainan di Taman Cikao menarik banyak orang untuk mengunjungi objek wisata ini. Harga tiket masuk ke tempat wisata taman ini juga cukup murah sehingga tidak akan memberatkan kantong Anda.

Peringkat Pengunjung

Zahid Muhamad Kemal

23:53 16 Sep 20

Ombaknya seru, ada pasirnya. Hebat 👍

Alfan Fathia P2

11:20 15 Sep 20

Karena ada patung kuda, saya suka

Vonny Aidah

19:28 17 Sep 20

Perangkat yang mulai rusak diperhatikan lagi, bos

pengemudi Aif

11:19 13 September 20

Sayang sekali kurangnya pemeliharaan mungkin merupakan efek fandemik.

Lina Nurmalina

02:32 25 Agustus 22

Saya memberikan 3 bintang karena ada alasannya: – Parkir semoga tidak diatur di masa mendatang. Dengan semakin banyak pengunjung dan semakin viral tempat ini bisa lebih layak dan tempat parkirnya di atur – tempat berenang ok view nya lumayan bagus dan sangat bagus untuk berfoto kebersihan bapak ibu yang bersih sangat cepat Setiap saat ada sampah, langsung disapu dengan baik. Tapi untuk ruang ganti, toilet wanita sangat-sangat buruk! sangat tidak nyaman, pintu kamar mandi kecil rusak, antrean sangat panjang untuk mandi, apa lagi mandi dan ganti baju. Semoga kedepannya ada tempat khusus cuci piring, tempat ganti baju, juga tempat mandi yang lebih tertutup, rapi dan bersih. Pastikan juga lebih banyak toilet untuk wanita, sukses dan berkembang untuk pariwisata Purwaarta, amin

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button