Tempat Wisata

Biaya masuk dan atraksi SAKURA GARDEN September 2023

Biaya masuk dan atraksi SAKURA GARDEN September 2023

Kebun Raya Cibodas Taman Sakura Biaya masuk: Rp15.500 – Rp25.500. Jam buka: 08.00 – 16.00. Nomor telepon: 0263 – 2953070 / 0812 – 2466 – 7108⁣. Alamat/Lokasi: Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Hanami adalah budaya Jepang yang piknik dan menikmati mekarnya bunga sakura. Di negeri matahari terbit, pohon sakura hanya mekar setahun sekali. Ternyata bunga sakura di Indonesia ada yang sengaja ditanam Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.

Untungnya, Anda bisa menikmati bunga berwarna merah muda di sini dua kali setahun! Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang kan?

Biaya masuk Taman Sakura

Taman Sakura terletak di kawasan Kebun Raya Cibodas. Tiket masuk yang berlaku adalah tiket masuk Botanical Garden. Tidak ada biaya tambahan untuk mengunjungi taman. Tiket masuk senilai Rp 15.500 – Rp 25.500 berlaku untuk wisatawan domestik dan asing serta pada hari kerja dan akhir pekan.

Jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk wisatawan domestik/internasional Rp.15.500 / Rp.25.500
Tiket sepeda Rp 15.000 / Rp 20.000
PARKIR MOTOR Rp5.000
area parkir Rp35.000

Biaya masuk Taman Sakura Cibodas

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas dan Berbagai Aktivitasnya

Informasi penting sebelum mengunjungi Kebun Raya Cibodas:

  • Harga tiket masuk normal berlaku untuk anak dengan tinggi 90 cm.
  • Setiap Senin hingga Sabtu, kendaraan bermotor bisa masuk dan bergerak.
  • Namun pada hari Minggu dan hari libur merah, kendaraan tidak diperkenankan masuk atau bergerak.
  • Pada hari Minggu, mobil bisa masuk mulai pukul 08.00 hingga 12.00.
  • Membawa makanan dan minuman dari luar diperbolehkan asalkan menggunakan wadah.
  • Pengunjung boleh piknik asal menjaga kebersihan.

Jam buka Taman Sakura

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas buka setiap hari dalam seminggu dan pada hari libur. Waktu mekarnya bunga sakura adalah pada bulan Januari – Februari dan Agustus – September.

Hari jam buka
Senin Jum’at 08.00 – 16.00
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 07.00 – 16.00

Jam buka Taman Sakura Cibodas

Kebun Raya Cibodas Taman Sakura

Taman Sakura CibodaTaman Sakura dibuat di Kebun Raya Cibodas pada tahun 2007 – Foto: Google Maps/Dina Mufti

Kebun Raya Cibodas mempunyai kawasan yang sangat unik yaitu Taman Sakura. Bunga sakura mempunyai nama latin Prunus cerasoides atau Cerasus cerasoides Tanaman ini ditanam di Kebun Raya Cibodas sejak tahun 1963.

Namun taman ini baru dibuat pada tahun 2007 di Lembah Cibogo di atas lahan seluas 7.000 meter persegi. Karena kesamaan iklim, ketinggian, dan kondisi tanah, bunga berwarna merah muda ini bisa mekar sempurna di Indonesia.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Kebun Raya Bogor

Di Jepang, masyarakat adat mengatur kegiatan Hanami saat bunga sakura mekar. Kegiatan ini berbentuk pertemuan atau piknik, biasanya disertai dengan makan dan minum. Sedangkan di Indonesia, Anda bisa menikmati mekarnya bunga sakura di KR Cibodas dengan berbagai aktivitas.

piknik

Bunga sakura di CibodasBunga sakura di Taman Sakura Cibodas mekar dua kali setahun – Foto: Google Maps/Ceu Ibel

Sebaik Hanami Di Jepang, pengunjung Kebun Raya Cibodas yang ingin menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran di Taman Sakura juga bisa piknik. Terdapat area berumput terbuka untuk piknik di sekitar bunga sakura.

Baca: Tiket Masuk MANDALAWANGI Cibodas dan Kegiatannya

Pengunjung bisa membawa makanan sendiri dan menikmatinya di bawah mekarnya bunga sakura, namun tetap menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Bunga ini mekar pada bulan Januari – Februari dan Agustus – September di Indonesia. Masa berbunga hanya empat hari dan musim gugur hanya berlangsung seminggu. Perhatikan waktu berbunga ya.

Bermain di air

Tanaman kersen di KR Cibodas tumbuh di sepanjang sungai-sungai kecil. Sungai yang airnya jernih ini juga dipenuhi dengan batu-batu besar yang tersebar disekitarnya sehingga membuat pemandangan Taman Sakura semakin indah dan menarik. Uniknya, air sungai yang berasal dari air terjun kecil ini mengalir melalui jalan raya yang menjadi jalur kendaraan. Jalan yang “dibanjiri” air disebut “jalur air”.

Pengunjung bisa bermain bebas di sungai atau di jalur air. Kegiatan ini populer di kalangan anak-anak. Jika ingin bermain air atau berfoto di jalur air, tetap harus berhati-hati agar tidak menghalangi kendaraan yang lewat. Sambil menikmati segarnya air yang mengalir, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang bermekaran di dahan pepohonan.

berburu foto dan Selfie

Koleksi bunga sakuraSakura hanya mekar selama empat hingga tujuh hari – Foto: Google Maps/ Aganto Seno

Bunga sakura merupakan bunga langka yang ada di Indonesia. Selain membutuhkan perawatan khusus, masa berbunga bunga ini juga relatif singkat, sekitar 4 hingga 7 hari. Hal ini juga tergantung cuaca karena jika hujan bunganya mudah rontok.

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara dan 9 Taman Bunga Keren

Oleh karena itu, momen mekarnya bunga sakura di Indonesia banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak pengunjung yang memanfaatkan momen ini untuk mengambil foto tertentu atau berburu Selfie dengan latar belakang bunga sakura yang sedang mekar. Pemandangan ini menambahkan sedikit “gaya Jepang” pada foto yang diambil.

Air Terjun Cibogo

Tak jauh dari lokasi Taman Sakura terdapat air terjun yang tingginya mencapai 8 meter. Air terjun bernama Curug Cibogo ini juga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Setelah pengunjung puas dengan pemandangan bunga sakura di taman rekreasi ini, pengunjung bisa meluangkan waktu untuk menuju air terjun ini. Meski tidak terlalu tinggi, namun airnya yang jernih dan segar membuat siapa pun yang bermain di sini betah.

Fasilitas Taman Sakura Cibodas

Kebun Raya Cibodas tempat Taman Sakura berada telah memiliki fasilitas parkir, pusat informasi, taman bermain anak, musala, kantin, dan toilet. Terdapat juga paviliun dan teater terbuka yang dapat digunakan oleh masyarakat. Pengunjung yang ingin bermalam juga bisa merasakan berkemah di lokasi perkemahan seluas 3 hektar di Kebun Raya Cibodas.

Lokasi Taman Sakura Cibodas

Taman Sakura terletak di Kebun Raya Cibodas, Cianjur. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon KR Cibodas di 0263-520448/511385 atau akun media sosial: KRCibodasLIPI (FB), krcibodas_lipi (Instagram), @KRCibodas (Twitter).

Jalur yang bisa dipilih wisatawan dari Jakarta adalah jalan raya Bogor – Puncak – Cianjur. Terdapat rambu-rambu jalan di perempatan Cimacan yang bisa Anda ikuti untuk menuju tempat ini. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum jalur Cipanas – Rarahan – Cibodas dari Persimpangan Cimacan atau Pasar Cipanas.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button